Cek tata cara daftar dan tanggal penyelenggaraan Microsoft Excel World Championship Indonesia. (Sumbet foto: Instagram/@fmwcindonesia)

Kejuaraan Microsoft Excel Pertama di Indonesia Bakal Digelar, Simak Tata Cara Pendaftarannya

17 September 2024   |   17:05 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Indonesia akan segera menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya dalam ajang Microsoft Excel World Championship. Turnamen bergengsi ini dijadwalkan berlangsung pada 13 Oktober 2024 di Point Arena Jakarta. Kabar ini telah dikonfirmasi melalui akun Instagram resmi @fmwcindonesia.

"Microsoft Excel World Championship Indonesia hadir dengan kejutan baru! Tanggal penyelenggaraan akan sedikit berbeda, tapi semangat berkompetisi tetap sama. Siap mengasah skill Excel dan meraih gelar juara dunia? Daftarkan dirimu sekarang juga!” demikian bunyi pengumuman yang dikutip Hypeabis.id pada Selasa, (17/9/24).

Mengutip laman Indian Express, Microsoft Excel World Championship telah lama diikuti oleh berbagai profesional seperti analis, profesor, dan konsultan. Mereka menggunakan Microsoft Excel untuk kebutuhan pekerjaan setiap harinya, salah satu pemenang dalam ajang tersebut, Andrew Ngai, telah berkecimpung di industri asuransi selama 14 tahun. Sementara itu salah satu finalis, Diarmuid Early, seorang matematikawan, adalah seorang konsultan data dengan pengalaman 15 tahun.

Baca juga: Mengintip Keunikan Microsoft Excel World Championship 2023, Turnamen Esports Berbasis Rumus Excel yang Mendadak Viral

Turnamen ini merupakan bagian dari babak kualifikasi menuju kompetisi global Microsoft Excel World Championship yang akan diselenggarakan oleh Financial Modeling World Cup (FMWC) di Las Vegas, Amerika Serikat. Kejuaraan di Indonesia akan dikelola oleh PT Pos Properti Indonesia yang bekerja sama dengan FMWC, menjadikan ajang ini sebagai salah satu acara penting dalam kalender kompetisi profesional di bidang keahlian pengolahan data.

Mengutip laman The Guardian, Microsoft Excel secara resmi menjadi cabang esports sejak 2018, dalam setiap babak kompetisi, delapan peserta diberi sejumlah besar data serta instruksi yang harus diikuti. Para kontestan dituntut untuk membuat rumus dan subset guna memproses data tersebut, dengan waktu yang sangat terbatas untuk menyelesaikan kasus dan meraih poin bonus.

Setiap tujuh setengah menit, peserta dengan skor terendah akan dieliminasi dari turnamen. "Kami harus memilih apakah akan menjawab pertanyaan bonus terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke pertanyaan lainnya, atau menyelesaikan level terlebih dahulu untuk maju lebih jauh," ungkap Andrew.

Adapun, bagi Genhype yang tertarik mengikuti ajang ini dapat memilih dari beberapa kategori yang disediakan, di antaranya kategori Rookie yang ditujukan bagi mahasiswa, kategori Professional untuk peserta umum, serta kategori khusus bagi perusahaan BUMN yang berpartisipasi. 

berikut adalah panduan pendaftaran untuk kompetisi ini:
  • Akses situs resmi FMWC atau klik di sini.
  • Pilih kategori peserta sesuai dengan keinginan dan kualifikasi.
  • Isi formulir pendaftaran yang disediakan.
  • Konfirmasi pendaftaran setelah mengisi formulir secara lengkap.
Pendaftaran untuk Microsoft Excel World Championship Indonesia 2024 akan dibuka hingga 4 Oktober 2024. 


Jadwal Lengkap Microsoft Excel World Championship Indonesia 2024.

Berikut adalah jadwal lengkap pelaksanaan turnamen Microsoft Excel World Championship Indonesia yang akan berlangsung di Jakarta:
  • Batas Pendaftaran 4 Oktober 2024 
  • Babak Kualifikasi: 5 Oktober 2024 
  • Babak Semi Final: 13 Oktober 2024 
  • Babak Final: 13 Oktober 2024

Baca juga: 5 Kompetisi Esport Terunik, Excel Hingga Bersepeda Virtual

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Revitalisasi Hampir Usai, Museum Nasional Indonesia Siap Kembali Dibuka untuk Publik

BERIKUTNYA

Kreatif Meramu Cuan Bisnis Aksesori, Omzet Tembus Miliaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: