'Itu Aku' menjadi lagu kolaborasi pertama sepanjang karier The Adams. (Sumber foto: Dominion Records)

Basboi Berkolaborasi Dengan The Adams Dalam Lagu Itu Aku

14 September 2024   |   16:00 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Setelah sukses berkolaborasi dengan penyanyi pop Andien dalam lagu Pesona yang dirilis pada Mei lalu, kini, Basboi rapper muda berusia 27 tahun itu mengajak grup rock legendaris, The Adams, untuk ikut serta dalam single teranyarnya bertajuk Itu Aku.  

Lagu ini dirilis oleh Dominion Records akan segera terbit di platform musik digital pada Oktober mendatang. Sedangkan video musik Itu Aku yang disutradarai oleh Reinhart Giovanni sudah bisa Genhype tonton di media sosial Youtube sejak Jumat, (13/9/24). 

Baca juga: Gaet Andien, Basboi Rilis Single Pesona dengan Sentuhan Musik Urban Era 2000-an

Diproduseri oleh Ario Hendarwan dari The Adams dan Panji Wisnu, Itu Aku menjadi single keempat dari album kedua Basboi yang dijadwalkan rilis pada Oktober mendatang. Lagu ini juga menandai kolaborasi pertama dalam sejarah karier The Adams, sekaligus karya pertama mereka sejak merilis album Agterplaas pada 2019. 

Sekilas, lirik Itu Aku terdengar seperti lagu hip-hop pada umumnya yang membanggakan pencapaian diri. Dengan kalimat seperti "Muka siapa yang di papan iklan sepanjang jembatan? Itu aku," lagu ini terkesan memamerkan kesuksesan.

Namun, jika didengar lebih dalam, lirik seperti "Siapa yang tinggalkan tersayang demi kesempatan? Itu aku" mengungkap sisi yang lebih emosional, menggambarkan perjuangan Basboi yang merantau dari Medan ke Jakarta demi mengejar mimpinya.

"Lagu ini merekam berbagai rasa, mulai dari kebanggaan dan kegembiraan, hingga kesedihan, rasa bersalah, takut, dan penyesalan," kata Basboi, yang memiliki nama asli Baskara Rizqullah, dalam siaran pers yang diterima oleh Hypeabis.id. 

Lebih lanjut Basboi mengatakan bahwa lagu Itu Aku tercipta dari rasa penuh emosi dengan harapan bisa menjadi sebuah pengalaman yang mendalam.

"Momen-momen penuh emosi inilah yang menjadi dasar terciptanya lagu ini, dengan harapan bisa mengabadikan pengalaman menjadi sebuah monumen." Lanjutnya.

Mengenai proses awal penciptaan lagu Itu Aku dimulai dari demo yang digarap oleh Basboi bersama Panji Wisnu, yang juga memproduseri karya-karya Basboi sebelumnya. Awalnya, musik dalam lagu ini lebih berfokus pada gitar, terinspirasi dari album CTV3: Cool Tape Vol. 3 milik Jaden. Namun, setelah beberapa kali didengarkan ulang, Basboi merasa lagu ini lebih mirip dengan gaya musik The Adams, yang akhirnya memicu ide untuk berkolaborasi.

Lantaran Basboi merasa lagu Itu Aku mirip dengan gaya musik The Adams, Basboi mencoba untuk mendatangi markas The Adams, dengan membawa draf lagu Itu Aku, Basboi menyerahkan gaya musik aransemen kepada Ario.

Setelah mendapatkan kebebasan penuh dari Basboi untuk mengaransir ulang lagu Itu Aku The Adams setuju untuk terlibat dalam proyek tersebut.

"Saya pertama kali mendengar lirik 'Itu Aku' dan langsung terbayang suasana ketika mengemudi di Jalan Sudirman pada tahun 2000-an, malam hari dengan lampu-lampu kota yang temaram pukul 2 pagi. Suasana inilah yang saya coba angkat," jelas Ario sang vokal dan gitar dari The Adams.

"Saat mendengar liriknya, yang terbayang di kepala saya adalah suasana naik mobil di Jalan Sudirman di malam hari dengan lampu-lampu kota yang temaram," lanjut Ario.

Basboi berharap pendengar bisa merasakan perjalanan emosi yang ditawarkan lagu ini, mulai dari kebingungan hingga perasaan introspeksi. "Harapannya, ketika lagu ini berakhir, pendengar akan merasa perlu menata hidup, lalu ingin mendengarkan lagi," kata Basboi. Lagu ini menjadi pembuka dari album kedua Basboi yang penuh kejutan, khas dirinya.

Baca juga: Rayakan HARMANAS Ke-6, CEO Kopi Kenangan & Basboi Seduh 600 Kopi Kenangan Mantan

 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mobil Listrik Tumbuh Pesat, Huawei Siap Bangun Fasilitas Pengisian Daya

BERIKUTNYA

Panduan Transportasi Menuju Jakarta International Stadium untuk Konser Bruno Mars 14 September 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: