Menu Masakan di Restoran Bopet Uda (Sumber Foto: Hypeabis.id/Abrurrachman)

Menu Khas Minangkabau di Restoran Bopet Uda: Gulai Tunjang hingga Dendeng Lambok

31 August 2024   |   19:51 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Restoran Bopet Uda resmi dibuka sejak Sabtu (31/8/2024), berlokasi di jalan Aditiawarman I No.6, Melawai, Jakarta Selatan. Mengusung tema Masakan Amak Den, yang berarti masakan ibu, restoran ini hadir untuk menjembatani kerinduan para penikmat masakan Padang dan Minang akan hidangan rumahan buatan sang ibunda.

Setiap masakan yang disajikan memiliki cita rasa autentik Minangkabau yang harum dan kaya rempah. Berbagai menu yang disajikan semuanya dari Minangkabau, mulai dari Bukittinggi, Kabupaten Agam, Payakumbuh, Batusangkar, Padang Panjang, Pariaman. Penyajiannya ala Kapau, yakni disusun secara bertingkat seperti anak tangga. 

Baca juga: Restoran Bopet Uda Sajikan Masakan Minang Rumahan yang Autentik
 
Genhype yang ingin bersantap di Bopet Uda, bisa memasuki bagian dalam restoran tempat disajikannya lauk pauk yang disusun bertingkat. Nantinya, kita akan diambilkan sepiring nasi, lalu bebas memilih lauk pauk yang tersedia. Kalau selama ini kita hanya mengenal rendang dan gulai ayam, sekarang waktunya mencicipi hidangan khas Minang lainnya yang tersedia di Bopet Uda. 
 

Menu Makanan Restoran Bopet Uda (Sumber Foto: Hypeabis.id/Abdurrachman)

Menu Makanan Restoran Bopet Uda (Sumber Foto: Hypeabis.id/Abdurrachman)


Restoran ini menyajikan gulai cincang Padang yang gurih dan sedikit pedas. Biasanya masakan ini menggunakan daging cincang sapi atau kambing sebagai bahan utamanya. Kuahnya lebih kental dan bumbu-bumbunya meresap dengan sempurna ke dalam daging, sehingga menghasilkan rasa yang kaya rasa.

Ada juga gulai tunjang yang terbuat dari tunjang, dalam bahasa Minangkabau tunjang adalah kikil atau bagian kaki sapi yang terdiri dari kulit, tulang rawan, dan otot. Kikil yang kenyal disiram dengan kuah kuning kental yang gurih, sedikit pedas, dan beraroma harum.

Menu lainnya yang tersedia ada gajeboh yang juga dikenal sebagai sandung lamur. Gajeboh merujuk pada bagian daging sapi yang memiliki lapisan lemak tebal, biasanya brisket atau bagian dada bawah. Gajeboh dimasak dengan kuah gulai, teksturnya empuk dan sedikit kenyal dengan perpaduan rasa gurih dan pedas dari bumbunya.

Selain gajeboh ada gulai kapau yang lezat dan kaya rempah. Gulai kapau dibuat menggunakan bahan-bahan seperti daging sapi, ayam, atau jeroan, serta sayuran seperti nangka muda. Sepiring nasi hangat dan lauk pauk lainnya akan terasa lebih nikmat saat disiram gulai kapau.
 

Menu

Menu


Di samping hidangan berkuah, ada juga palai bada yakni makanan sejenis pepes ikan yang dibungkus daun pisang dan dipanggang. Biasanya palai bada dibuat dari ikan teri atau ikan bada yang dicampur parutan kelapa, rempah-rempah, dan daun-daun aromatik supaya rasanya makin khas dan aromanya harum

Bagi Genhype yang sedang mengurangi konsumsi daging, alternatif lainnya ada Ayam Patah Lado. Hidangan ini memiliki cita rasa lezat, gurih, dan sedikit pedas dari bumbu cabai hijau. Ayam Patah Lado sendiri dalam bahasa Minangkabau mengacu pada kata patah, yakni rempah-rempah yang ditumbuk kasar, dan lado yang artinya cabai.

Tak ketinggalan ada Gulai Kapalo Kakap, yakni gulai yang dibuat menggunakan kepala ikan kakap sebagai bahan utamanya. Kepala ikan kakapnya sangat gurih dan lembut, sementara kuah gulainya kental dan kaya rempah-rempah yang harum. 

Baca juga: Cara Membuat Sop Konro Khas Makassar yang Empuk & Lezat

Terakhir ada Dendeng Lambok yang terbuat dari daging sapi dipotong tipis, kemudian dikeringkan atau diasinkan sebelum dimasak dengan bumbu cabai. Rasanya gurih dan sedikit pedas dengan sentuhan manis, serta teksturnya renyah. Cocok disantap bersama nasi hangat dan hidangan lainnya.
 

SEBELUMNYA

Restoran Bopet Uda Sajikan Masakan Minang Rumahan yang Autentik

BERIKUTNYA

Profil Saptoyogo Purnomo, Peraih Medali Pertama Indonesia di Paralimpiade 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: