(Unsplash/Samantha Gades)

Ingin Hidup Minimalis? Ini Loh 5 Manfaat Decluttering, Mau Coba?

14 May 2021   |   20:05 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ide untuk menjalani hidup sederhana atau yang populer dengan sebutan minimalis, terdengar sangat menarik bukan GenHype? Kalian udah coba? Salah satu bagian dari gaya hidup minimalis yang sangat berkaitan erat adalah decluttering.

Decluttering merupakan kegiatan membereskan rumah dengan mengurangi barang yang tidak diperlukan. Hasilnya, rumah akan memiliki sedikit barang yang benar-benar dibutuhkan.

Di satu sisi ini terlihat buruk dengan gagasan hanya ada sejumlah barang di rumah, misalnya di kamar tidur dan ruangan lainnya. Akan tetapi di sisi lain, ternyata ada banyak manfaat melakukan decluttering.
 

Desain rumah minimalis/minimalis.com

Desain rumah minimalis/minimalis.com


Joshua Becker, pengelola situs Becoming Minimalist, mencatat beberapa manfaat decluttering itu, yakni:


1. Lebih mudah mencari barang

Dengan decluttering, menememukan barang menjadi lebih mudah dan tidak ada lagi barang yang 'menghilang' di tengah tumpukan barang lain. Tentunya harus tetap memilah barang-barang yang harus dibuang, jangan sampai kamu harus membeli ulang barang yang masih dibutuhkan.


2. Lebih sedikit stres

Melihat sekeliling rumah yang berantakan seringkali membuat kita menjadi stres dan bad mood. Sebaliknya, rumah yang lebih rapi dan tertata akan membuat kita merasa senang.


3. Lebih sedikit hutang

Dengan meminimalkan barang dan menahan keinginan berbelanja, karena akan membuat rumah kembali berantakan sama dengan mengurangi pengeluaran dan beban kartu kredit.


4. Lebih banyak kebebasan finansial

Banyak dari kita yang saat ini hidup dari gaji ke gaji dan tak sedikit harus bergantung pada hutang. Decluttering akan membantu kita mengumpulkan tabungan dengan mengurangi konsumsi barang.


5. Lebih banyak energi untuk passion

Dengan lebih sedikit hutang, lebih besarnya kebebasan finansial, serta keadaan rumah yang rapi dan bersih, kita jadi bisa memfokuskan diri pada apa yang disukai aka menjalani passion


Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

Keren dan Elegan, Sony Rilis 2 Controler PS5 Warna Baru

BERIKUTNYA

9 Tip Praktis Untuk Melakukan Decluttering

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: