Suasana warung Sego Sambel Mak Yeye. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

4 Rekomendasi Kuliner Legendaris yang Wajib Dicicipi di Surabaya

28 August 2024   |   20:07 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Selain dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya juga menyimpan ragam destinasi wisata kuliner yang menggugah selera. Ada banyak kuliner lezat yang menarik untuk Genhype cicipi, mulai dari hidangan legendaris hingga makanan kaki lima yang terkenal karena kenikmatannya.
 
Hypeabis.id berkesempatan untuk mencicipi beberapa kuliner legendaris dan terkenal di Surabaya. Selain rasanya yang lezat, beberapa destinasi kuliner ini juga hadir di lokasi strategis dan saling berdekatan sehingga mudah dijangkau oleh pelancong.

Baca juga: 5 Kuliner Khas Lombok yang Selalu Jadi Buruan Wisatawan
 
Berikut adalah 4 kuliner legendaris dan terkenal di Surabaya yang menarik untuk Genhype coba.
 

1. Rawon Setan Embong Malang

 

Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Rawon adalah sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Di Surabaya, ada banyak tempat makan yang menyajikan rawon lezat, salah satunya Rawon Setan yang berlokasi di Jalan Embong Malang No 78/I.
 
Rawon di kedai tersebut terkenal dengan potongan dagingnya yang tebal dan empuk. Karena namanya sudah terkenal, rawon setan kerap menjadi jujukan wisatawan di Kota Pahlawan. Banyak artis hingga pejabat yang juga penasaran untuk mencicipi rawon yang telah dijual sejak 1952.
 
Dalam semangkuk rawon, akan Genhype jumpai seporsi potongan daging sapi berukuran cukup besar dengan kuah kluwek yang gurih. Selain rawon, dihidangkan juga beberapa lauk pendamping seperti empal goreng, lidah sapi goreng, sate usus, dan perkedel. Adapun, harga makanan di tempat ini berkisar mulai dari Rp5.000 hingga Rp45.000.
 

2. Sate Klopo Ondomohen

 

Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Satu hidangan yang juga diburu pelancong di Surabaya ialah sate klopo. Seperti namanya, sate klopo ialah sate daging sapi dan lemak yang dibungkus dengan bumbu yang dicampur dengan parutan kelapa lalu dibakar hingga keluar aroma smoky. Bumbu bakar inilah yang membuat sate klopo berbeda dengan lainnya.
 
Ada banyak penjual sate klopo di Surabaya, salah satu yang terkenal ialah Sate Klopo Ondomohen yang berlokasi di Jalan Walikota Mustajab No 36. Bahkan, saat Hypeabis.id mengunjungi tempat makan satu ini, tampak sejumlah pengunjung yang rela antre untuk mencicipi kelezatan makanan satu ini. Adapun, harga menu makanan di sini berkisar Rp5.000 hingga Rp40.000.
 

3. Zangrandi Ice Cream

 

Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Zangrandi adalah kedai es krim yang menjadi salah satu ikon kuliner legendaris Surabaya. Kedai es krim ini berdiri sejak 1930-an dan beralamat di pusat Kota Surabaya tepatnya di Jalan Yos Sudarso Nomor 15. Uniknya, bangunan kedai satu ini masih mempertahankan desain arsitektur lawas yang mengajak nostalgia.
 
Tak hanya dari bangunannya, cita rasa autentik es krim khas Italia juga masih dipertahankan oleh kedai yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda ini. Berbagai menu es krim dengan ragam rasa dan topping siap memanjakan lidah dan memuaskan dahaga. Adapun, harga menu di kedai ini dibanderol seharga mulai dari Rp35.000 hingga Rp85.000.
 

4. Sego Sambel Mak Yeye

 

Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Meski menawarkan menu hidangan sederhana, Sego Sambel Mak Yeye menjadi salah satu destinasi kuliner yang selalu diserbu pelancong. Warung yang telah berdiri sejak 1982 ini berlokasi di Jalan Jagir Wonokromo Wetan No 10.
 
Seperti namanya, Sego Sambel Mak Yeye hanya menawarkan menu nasi putih yang dipadukan dengan berbagai menu lauk sederhana seperti telor dadar, tempe goreng, dan ikan pe atau ikan pari yang dipadukan dengan sambal rawit tomat. Meski simpel, semua menunya enak, gurih, sekaligus pedas. 
 
Kendati terbuat dari cabai rawit dan tomat yang banyak, sambal yang disajikan tetap pedas. Namun, tak usah khawatir, jika Genhype tidak terlalu suka pedas, bisa memilih sambal yang tidak begitu pedas. Sepiring kenikmatan sego sambel bisa dicicipi hanya dengan harga sekitar Rp25.000 per porsinya.
 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Korea Grand Music Awards ke-1 Umumkan Line Up Penampil, Ada NewJeans!

BERIKUTNYA

Game Suikoden I & II HD Remaster Gate Rune and Dunan Unification Wars Rilis Maret 2025

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: