Kopi Cold Brew (Sumber Foto: Freepik)

Cara Membuat Kopi Cold Brew Tanpa Alat, Hanya Pakai Toples Kaca dan Saringan

16 August 2024   |   10:59 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, kopi ternyata tak hanya nikmat diseduh panas, namun sedap pula saat disajikan dingin. Cold brew coffee adalah kopi yang diseduh menggunakan air dingin atau suhu ruang. Minuman segar ini cocok disajikan saat cuaca panas sebagai pelepas dahaga.

Teknik penyeduhan dingin ini akan menghasilkan konsentrat kopi yang pekat. Genhype bisa meminumnya langsung sebagai kopi hitam atau ditambah susu, krimer, gula, dan pemanis lainnya untuk meracik kopi yang lebih bercita rasa, seperti cappuccino.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Cold Brew Coffee yang Perlu Kamu Tahu

Beda dengan kopi biasa yang diseduh air panas, cold brew memiliki rasa yang lebih halus dan tidak terlalu asam. Rasanya lebih manis secara alami dan memiliki sedikit rasa pahit dibandingkan kopi yang diseduh dengan air panas karena proses perendaman yang lama.

Cara membuatnya juga mudah, bubuk kopi diseduh air dingin kemudian direndam di gelas dalam jangka waktu lama, biasanya sekitar 6 hingga 12 jam, kemudian disaring. Untuk membuat kopi cold brew, ada beberapa alat yang bisa digunakan, seperti french press atau cold brew maker.

Cara menggunakan french press, yakni kopi bubuk dan air dingin dicampur lalu didiamkan selama 12-24 jam sebelum disaring menggunakan plunger. Ada juga cold brew maker khusus yang dirancang dengan wadah besar dan filter halus untuk memudahkan penyaringan. 

Ada juga cold brew dripper. Alat ini berfungsi dengan metode drip (tetes), di mana air perlahan-lahan menetes melalui kopi bubuk dalam jangka waktu yang lama. Cold brew dripper biasanya lebih mahal dan digunakan oleh pecinta kopi yang ingin mendapatkan hasil maksimal.

Setiap alat memiliki kelebihan tersendiri, namun yang terpenting adalah memastikan kopi terendam sepenuhnya dalam air dingin untuk mendapatkan ekstraksi yang sempurna. Genhype juga bisa membuat kopi cold brew tanpa alat khusus dengan memanfaatkan peralatan dapur yang sederhana. Yuk, simak langkah membuat kopi cold brew tanpa alat khusus.


Bahan-bahan

  • 50 gram atau 4 sdm kopi bubuk kasar 
  • 500 ml air dingin atau suhu ruangan
  • Kain saringan yang bersih
  • Wadah kaca atau toples yang bisa ditutup 


Cara Membuat

  1. Masukkan kopi bubuk kasar ke dalam wadah
  2. Tuangkan air dingin atau suhu ruangan ke dalam wadah tersebut
  3. Aduk hingga semua bubuk kopi terendam air
  4. Tutup wadah dan biarkan campuran kopi dan air tersebut terendam selama 6-12 jam di suhu ruangan atau di dalam kulkas. Semakin lama proses ini, semakin kuat rasa kopinya
  5. Setelah proses ekstraksi selesai, saring kopi menggunakan kain saringan yang bersih. Pastikan tidak ada ampas kopi yang lolos ke dalam kopi hasil saringan.
  6. Cold brew kopi sudah siap disajikan
  7. Tambahkan es batu atau susu sesuai selera. Apabila terlalu pekat, bisa ditambahkan air
  8. Cold brew yang sudah disaring bisa disimpan di kulkas dan dapat bertahan hingga satu minggu. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Piringan Hitam, Kembalikan Rilisan Fisik Musik hingga Kesejahteraan Musisi

BERIKUTNYA

IIMS 2025 Digelar 13-23 Februari, Gabungkan Aspek Hiburan & Otomotif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: