Menu Ayam McD Opor Sambal Terasi (sumber : McD)

McDonald's Hadirkan Ayam Rasa Opor Sambal Terasi, Ini Keistimewaannya

15 August 2024   |   08:46 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Kekayaan kuliner Indonesia yang kaya akan cita rasa dan tradisi telah menginspirasi banyak inovasi dalam dunia makanan, termasuk di industri makanan cepat saji. Salah satu hidangan yang mencerminkan kekayaan tersebut adalah opor ayam.

Terinspirasi oleh popularitas dan kelezatan opor ayam, McDonald's Indonesia meluncurkan menu baru, yaitu Ayam McD Opor Sambal Terasi, sebagai bagian dari upaya mereka untuk menghadirkan cita rasa Nusantara yang autentik ke meja konsumen di seluruh Indonesia.

Menu ini dirancang khusus untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus menyatukan semangat kebangsaan dan kenikmatan kuliner dalam satu hidangan. Lantas apa saja keistimewaan dari menu tersebut sehingga layak dicoba:

 

1. Inspirasi dari Momen Spesial

Opor ayam adalah hidangan yang tak asing bagi masyarakat Indonesia, terutama saat merayakan momen-momen penting seperti Lebaran atau di hari kemerdekaan. Melihat pentingnya opor dalam tradisi kuliner Indonesia, McDonald's memutuskan untuk menghadirkan menu ini sebagai bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan.

Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia mengatakan, opor ayam kerap disantap pada saat momen-momen khusus, dan kemerdekaan adalah momen yang tepat untuk menyajikannya. "Ini adalah cara kami merayakan kebersamaan dan semangat kemerdekaan dengan rasa yang sudah dikenal dan dicintai oleh banyak orang," ujarnya.

 

2. Paduan Sambal Terasi yang Autentik

Sambal terasi merupakan pelengkap yang tak terpisahkan dari banyak hidangan Indonesia, dan McDonald's memasukkan elemen ini ke dalam menu Ayam McD Opor. Sambal terasi yang digunakan dibuat dengan bahan-bahan segar, termasuk cabai dan terasi berkualitas, yang diracik dengan resep khusus. Sambal ini memberikan sentuhan pedas dan gurih yang memperkaya rasa ayam opor, menjadikannya lebih nikmat dan menggugah selera.

Caroline menjelaskan sambal terasi ini memang dibuat untuk melengkapi ayam opor, sehingga menciptakan perpaduan rasa yang otentik dan pas di lidah masyarakat Indonesia.

 

3. Dikembangkan oleh Tim Ahli

Menu Ayam McD Opor Sambal Terasi diklaim dibuat oleh tim ahli yang terdiri dari para ahli kuliner, termasuk chef profesional, yang bekerja sama untuk menciptakan resep yang autentik dan sesuai dengan selera lokal.

Caroline mengeklaim bahwa menu ini, mulai dari bumbu opor hingga tekstur ayam goreng, sudah diperhatikan dengan cermat untuk memastikan kualitas dan rasanya. “Kami memiliki tim yang berdedikasi untuk terus menghadirkan inovasi kuliner, dan menu ayam opor ini adalah hasil dari kerja keras tim kami dalam memahami dan mengakomodasi selera masyarakat Indonesia,” ujar Caroline.

 

4. Menggunakan Bahan Baku Lokal

McD Indonesia sendiri menyatakan menggunakan bahan-bahan yang sepenuhnya berasal dari mitra lokal. Ayam yang digunakan berasal dari peternakan di Parung dan Sidoarjo. Tepungnya juga diproduksi di Indonesia.

Adapun untuk kuah opor, McDonald's Indonesia menggunakan krim santan, minyak, bawang merah, bawang putih, dan krimer non-susu yang dipadukan dengan rempah-rempah khas Indonesia. Sambal terasi dibuat dari cabai segar, bawang, dan terasi. Sebagai pelengkap, nasi menggunakan beras dari petani lokal di Indramayu dan Surakarta, sedangkan telur
berasal dari mitra di Cianjur dan Blitar, yang merupakan mitra terbesar McDonald's Indonesia.

"Ini adalah salah satu cara kami untuk berkontribusi lebih pada masyarakat Indonesia," kata Imam Gazali, Quality Assurance Manager McDonald’s Indonesia.

 

5.  Tersedia dalam Waktu Terbatas

Menu Ayam McD Opor Sambal Terasi diluncurkan khusus untuk merayakan Hari Kemerdekaan, dan hanya akan tersedia dari 1 Agustus hingga 11 September 2024. Periode terbatas ini menambah eksklusivitas dan membuatnya semakin dinanti oleh para pelanggan.

Menu Ayam McD Opor Sambal Terasi dapat dinikmati dalam berbagai paket, termasuk PaNas 1, PaNas 2, Paket Ayam McD Opor Spesial (PaNas Spesial), PaMer 5 & 7, baik dalam varian krispy, spicy, mau pun mix khusus PaMer. Tersedia juga pilihan A La Carte untuk 1 potong dan 2 potong Ayam McD Opor Sambal Terasi, dan konsumen dapat mengganti nasi biasa dengan Nasi Uduk.  Harga A La Carte mulai dari Rp26.818 (sebelum pajak) dan PaNas mulai dari Rp38.636 (sebelum pajak).

Baca Juga: Daftar Promo Makanan dan Minuman Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Eksplorasi Wastra pada Busana Modest di MUFFEST+, KaLLoLo sampai Rumah Songket Adis

BERIKUTNYA

Indonesia Rawan Bencana, Ini Daftar Barang Esensial yang Wajib Ada di dalam Tas Siaga Bencana

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: