Aktris Christine Hakim. (Sumber gambar: The Publicist)

Aktris Senior Christine Hakim Raih Lifetime Achievement Award di Malaysia International Film Festival 2024

01 August 2024   |   08:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kiprah Christine Hakim di dunia seni peran kembali diakui di kancah internasional. Aktris senior itu mendapatkan penghargaan seumur hidup di Malaysia International Film Festival (MIFFest) 2024. Penghargaan itu diraihnya berkat kontribusinya di industri perfilman dan lanskap budaya. 

Penghargaan itu diberikan kepada Christine Hakim pada malam anugerah MIFFest edisi ketujuh yang diselenggarakan pada 27 Juli 2024 malam waktu setempat di Auditorium Seri Angkasa, Kota Media, Angkasapuri, Kuala Lumpur. Selain itu, penghargaan yang sama juga diberikan kepada sutradara film Monster, Hirokazu Kore-eda dari Jepang.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang BET Awards 2024, Usher Raih Lifetime Achievement

Presiden MIFFest Joanne Goh menyampaikan penghargaan ini diberikan kepada Christine Hakim atas dedikasinya di dunia perfilman selama 50 tahun alias setengah abad. Usaha Christine Hakim yang selalu totalitas pada profesinya hingga berpartisipasi pada perubahan sosial dinilai telah mengharumkan nama Indonesia sekaligus menjadi kebanggaan dunia perfilman. 
 
Dia juga sempat menyinggung latar belakang Christine Hakim yang gagal untuk menjadi psikolog dan arsitek, tetapi sukses di dunia seni peran hingga dianggap sebagai salah satu aktris terhebat masa kini. 
 
"Dari satu film ke film lainnya, setelah lebih dari setengah abad, Ibu Christine telah membintangi lebih dari 36 film dan dirayakan secara internasional sebagai salah satu aktris terhebat masa kini. Sebuah kebanggaan bisa memberikan penghargaan Lifetime Achievement kepada Ibu Christine," katanya dalam keterangan pers yang Hypeabis.id terima.
 

Hadir menerima penghargaan tersebut, Christine Hakim mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada penyelenggara MIFFest dan selurus sineas yang terlibat di ajang tersebut. Ini menjadi penghargaan seumur hidup kesepuluh yang telah diterimanya.
 
“Sebuah kehormatan bagi Ibu menerima penghargaan MIFFest. Ini adalah kesepuluh kalinya Ibu menerima Lifetime Achievement Award," kata aktris kelahiran Kuala Tungkal, Jambi itu.
 
Sebelumnya, Christine Hakim juga telah menerima penghargaan serupa di berbagai ajang perfilman, diantaranya di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2016 dan Indonesian Movie Actor Awards 2017. 
 

Aktris Christine Hakim terima penghargaan seumur hidup di MIFFest 2024. (Sumber gambar: The Publicist)

Aktris Christine Hakim terima penghargaan seumur hidup di MIFFest 2024. (Sumber gambar: The Publicist)

Meski telah beberapa kali meraih penghargaan ini, Lifetime Achievement Award dari MIFFest 2024 terasa berbeda bagi Christine Hakim lantaran bertepatan dengan perayaan 50 tahun The Journey of Christine Hakim, yakni perayaan perjalanan kariernya sebagai seniman selama lima dekade.
 
"Ada rasa haru yang amat sangat dalam mengingat momen terberat selama 50 tahun di dunia film dan juga dukungan dari orang-orang yang amat sangat berarti karena mereka sekarang sudah tidak bisa Ibu peluk lagi. Namun, semangat, energi, serta dorongan dan dukungan mereka masih Ibu rasakan," katanya.
 
"Dengan kuasa dan izin Tuhan, dari dulu sampai sekarang, mereka selalu ada di masa-masa Ibu membutuhkan kekuatan ekstra sehingga Ibu bisa melewati 50 tahun. Semoga Tuhan akan selalu memberi kesehatan, kekuatan, bimbingan, tuntunan, dan perlindungan, serta selalu mendapat ridho Tuhan di setiap langkah Ibu menjalankan amanat-Nya," imbuhnya.
 
Selain memberikan penghargaan, MIFFest 2024 juga memutar dua film yang diproduseri oleh Christine Hakim, yaitu Daun di Atas Bantal (1998) dan Serambi (2006), di GSC LaLaPort Bukit Bintang City Center, Kuala Lumpur.
 
Di tempat yang sama, Christine Hakim juga berbagi pengalaman perjalanan keriernya di Christine Hakim’s Master Class: The Drive of the Journey. Kelas yang dipandu oleh Bront Palarae tersebut disambut antusias oleh para peserta yang memenuhi Hall 5 GSC LaLaPort BBCC.
 
Sebelumnya, Christine Hakim juga masuk 50 Over 50 Asia 2024, yakni daftar 50 perempuan Asia berprestasi berusia di atas 50 tahun yang baru saja dirilis oleh Forbes. Aktor senior itu masuk ke dalam daftar tersebut saat berusia 67 tahun. Apresiasi tersebut diperoleh Christine berkat kontribusi dan dedikasinya dalam bidang perfilman selama lima dekade
 
Christine Hakim dianggap sebagai grand dame sinema Indonesia. Grand dame sendiri merupakan julukan untuk seorang wanita lanjut usia yang memiliki prestise atau kemampuan tinggi. Sepanjang kariernya, aktris yang baru saja merayakan kiprahnya selama 5 dekade di dunia film itu telah berhasil mengantongi 9 Piala Citra, termasuk Lifetime Award di ajang Festival Film Indonesia (FFI).

Baca juga: Profil H. M. Soleh Ruslani & Raam Punjabi yang Raih Lifetime Achievement di FFI 2023

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Oppo Reno 12 Series Bawa Ragam Fitur AI, Cek Spesifikasi Lengkap & Harganya

BERIKUTNYA

Hasil Tim Indonesia di Bulu Tangkis Olimpiade Paris 2024, Hanya Sisakan 2 Wakil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: