Sheikha Mahra binti Mohammed bin Rashid Al Maktoum. (Sumber gambar: Sheikha Mahra/Instagram)

Profil Sheikha Mahra: Putri Dubai yang Aktif Dalam Gerakan Filantropi

21 July 2024   |   09:05 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Putri penguasa Dubai, Sheikha Mahra binti Mohammed bin Rashid Al Maktoum, menyita perhatian warganet setelah mengumumkan perceraiannya melalui akun Instagram pribadinya. Dalam unggahannya, Sheikha Mahra dengan lugas menyampaikan soal perceraiannya, serta alasannya menalak suaminya, Sheikh Mana bin Mohammed bin Rashid bin Mana Al Maktoum.

Lewat unggahan di akun Instagram @hhshmahra, Sheikha Mahra menuliskan alasannya menceraikan suaminya lantaran Sheikh Mana disebut sibuk degan teman-temannya. "Suamiku tersayang, karena kamu sibuk dengan teman-teman lainnya, dengan ini aku nyatakan perceraian kita," tulisnya.

Baca juga: Mengintip Pesona Busana Royal Wedding Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah

Sheikha Mahra juga menuliskan talak kepada suaminya sebanyak tiga kali. Dalam Islam, hal ini masuk dalam kategori talak bain kubra, talak yang tidak memungkinkan suami rujuk kepada mantan istrinya. Mengutip dari situs Pengadilan Agama Cilegon, salah satu jenis talak bain kubra ialah, istri yang telah ditalak tiga kali atau talak tiga. 

"Aku menceraikanmu, aku menceraikanmu, dan aku menceraikanmu. Jaga dirimu. Mantan istrimu," tulis Sheikha Mahra.
 


Selain menuliskan pernyataan talak, diketahui baik Sheikha Mahra maupun Sheikh mana tidak saling mengikuti satu sama lain di Instagram, serta menghapus semua foto satu sama lain dari profil mereka masing-masing. 

Sheikh Mahra menikah dengan Sheikh Mana bin Mohammed bin Rashid bin Mana Al Maktoum pada Mei 2023, dan dikaruniai seorang putri setahun kemudian. Namun, pada awal Juni, Sheikha Mahra tampak mengunggah foto dirinya menggendong bayinya dengan keterangan, "hanya kami berdua".
 


Profil Sheikha Mahra

Lahir pada 26 Februari 1994, Sheikha Mahra yang bernama lengkap Mahra binti Mohammed bin Rashid Al Maktoum, tumbuh dalam salah satu keluarga paling berpengaruh di Timur Tengah. Sang ayah, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, adalah wakil presiden dan perdana menteri Uni Emirat Arab. Sementara itu, sang ibu bernama Zoe Grigorakos yang berasal dari Yunani.

Mahra lahir dan besar di Dubai. Dia juga menghabiskan masa-masa sekolah awalnya di sana, sebelum akhirnya melanjutkan kuliah di London, Inggris. Pada Februari 2023 lalu, Mahra mengumumkan lulus dari jurusan Hubungan Internasional, salah satu universitas bergengsi di Inggris yang tidak disebutkan namanya.

Mengutip dari Hello Arabia, Sheikha Mahra dikenal luas atas dedikasinya terhadap kegiatan kemanusiaan, dan terlibat aktif dalam berbagai inisiatif amal, dengan fokus pada bidang-bidang seperti pendidikan, perawatan kesehatan, dan pemberdayaan perempuan.

Kegiatannya itu sering dibagikannya di akun media sosial sebagai platform untuk meningkatkan kesadaran dan memobilisasi dukungan untuk berbagai kegiatan.
 


Selain kegiatan filantropisnya, Sheikha Mahra juga dikenal karena partisipasinya dalam berbagai acara budaya dan sosial di Uni Emirat Arab (UEA). Dia mendukung berbagai inisiatif yang mempromosikan warisan dan nilai-nilai UEA, serta menumbuhkan rasa bangga dan persatuan nasional di kalangan generasi muda.

Selera busana dan keanggunan Sheikha Mahra telah menjadikannya sebagai salah satu ikon gaya di UEA dan sekitarnya. Dia sering terlihat menghadiri acara-acara penting di bidang fesyen dan bisnis, mengenakan perpaduan busana tradisional Emirat dan mode kontemporer.

Akun Instagramnya yang memiliki sebanyak 800.000 lebih pengikut, memberikan gambaran sekilas tentang kehidupannya, memamerkan pilihan busananya, kegiatan amal, dan momen-momen pribadinya.
 


Kehadirannya di media sosial tidak hanya tentang kemewahan, tetapi juga berfungsi sebagai platform untuk terhubung dengan publik dan menyoroti isu-isu sosial yang penting. Kemampuan Sheikha Mahra untuk menyeimbangkan tugas kerajaannya dengan kepekaan modern telah membuatnya menjadi sosok yang dikagumi di kalangan warga Emirat dan pengagumnya di seluruh dunia. 

Baca juga: Memorabilia Gaun & Topi Putri Diana Kembali Dilelang Julien's Auction

Sheikha Mahra menikah dengan Sheikh Mana bin Mohammed bin Rashid bin Mana Al Maktoum pada Mei 2023 lalu dalam sebuah upacara yang mewah. Resepsi pernikahan pasangan tersebut mengusung perpaduan antara tradisi dan kemewahan, yang mencerminkan status kerajaan mereka. Setelah setahun menikah, pasangan tersebut dikaruniai seorang putri pada 9 Mei 2024. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Jadwal Konser & Line Up We The Fest 2024 Hari Ketiga, Ada Joji & Omar Apollo

BERIKUTNYA

Dampak Microsoft Down Akibat CrowdStrike Bikin 8,5 juta Perangkat Jadi Layar Biru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: