Anant Ambani dan Radhika Merchant (Sumber Foto: Instagram/@abujanisandeepkhosla)

Rangkaian Acara Pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant Habiskan Biaya Rp9,7 Triliun

14 July 2024   |   15:52 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant menjadi sorotan warga dunia. Putra bungsu dari pebisnis sukses dan kaya di India, Mukesh Ambani, meminang putri pemilik perusahaan farmasi terkemuka di India. Mereka menggelar pesta pernikahan yang mewah dan megah, serta dihadiri sejumlah tokoh penting yang berpengaruh secara global.

Upacara pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant dilangsungkan di Jio World Center, Mumbai. Pesta pernikahan berlangsung selama tiga hari, yakni mulai 12 hingga 14 Juli 2024. Rangkaian acara menuju pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant sebetulnya telah berlangsung selama berbulan-bulan.

Keduanya menghelat acara pra-pernikahan selama tiga hari penuh dari 1 hingga 3 Maret 2024 di Jamnagar, Gujarat yang merupakan kampung halaman mereka. Acara tersebut diisi oleh hiburan menarik dan jamuan makanan yang lezat untuk para tamu. 

Baca juga: Profil Radhika Merchant Menantu Crazy Rich India Mukesh Ambani

Tamu undangan disuguhi pertunjukan musik dari dua maestro berbakat, Arijit Singh dan Ajay-Atul, serta pertunjukan sulap dari David Blaine. Tak ketinggalan penyanyi pop global, Rihanna turut diundang langsung oleh kedua mempelai untuk menyempurnakan momen bahagia mereka.

Di sejumlah komunitas online, beredar bocoran biaya yang digelontorkan oleh Anant Ambani untuk mengundang Rihanna, yakni mencapai Rp78,64 miliar.

Namun, di samping menggelar pesta mewah dan meriah, Anant dan Radhika juga melakukan aksi kemanusiaan dengan menyelenggarakan makan malam bagi 51.000 warga setempat di Gujarat.

Menariknya, pernikahan mereka digelar di pusat konservasi alam di Jamnagar milik Anant Ambani. Tamu undangan bisa melihat langsung proyek penyelamatan satwa langka hingga rehabilitasi hewan yang terancam punah di Jamnagar.

Acara pra pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant dihadiri oleh tamu undangan penting mencapai 1.200 orang. Mereka adalah tokoh-tokoh global seperti Mark Zuckerberg (CEO Meta), Bill Gates (pendiri Microsoft), Hillary Clinton (Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat), Sundar Pichai (CEO Google), Ivanka Trump (Putri mantan Presiden AS, Donald Trump), Bob Iger (Mantan CEO Disney), dan lainnya.

Selain menggelar pesta di Jamnagar, Gujarat, pasangan ini juga kembali menggelar pesta pelayaran Eropa, hingga upacara Mameru, haldi, dan mehendi, kemudian diakhiri di Cannes dengan konser yang menampilkan Katy Perry.

Puncak acara pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant, berlangsung pada 12 Juli 2024 ditandai dengan Shubh Vivah, yakni upacara pernikahan adat yang menandakan bersatunya Anant dan Radhika. Acara dilanjutkan dengan Shubh Aashirwad pada 13 Juli 2024, pasangan menerima berkah dari tamu-tamu terhormat. Selanjutnya ditutup dengan Mangal Utsav, sebuah resepsi akbar yang berlangsung pada 14 Juli 2024. 
 
 
Pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant juga dihadiri oleh sederet bintang ternama Hollywood dan tokoh dunia, seperti Justin Bieber, Rihanna, Katy Perry, Kim Kardashian dan Khloe Kardashian, Adele, Lana Del Rey, Drake, Mike Tyson, John Cena, serta David Beckham bersama istrinya Victoria Beckham.

Deretan bintang Bollywood juga datang. Mulai dari Shah Rukh Khan dan istrinya, Gauri Khan, Hrithik Roshan, Amitabh Bachchan, dan Aishwarya Rai, serta keluarga besarnya. Pasangan Nick Jonas dan Priyanka Chopra juga terlihat berpose di red carpet sebelum acara pernikahan.

Tak ketinggalan, sejumlah tokoh penting juga turut diundang. Beberapa di antaranya mantan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson dan Tony Blair, mantan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, serta mantan Perdana Menteri Kanada, Stephen Harper, HSBC Holdings plc Chairman Mark Tucker dan Samsung Electronics Co. Ltd. Chairman Jay Lee.

Kehadiran mereka makin memeriahkan acara pernikahan yang dihelat dengan megah dan mewah tersebut. Demi kenyamanan para tamu undangan, kabarnya pihak keluarga Ambani menyewa 3 jet pribadi Falcon 2000 dan 100 pesawat pribadi untuk mengantarkan 100 tamu undangan ke lokasi pernikahan. 

Secara keseluruhan, rangkaian acara pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant telah menelan biaya fantastis hingga triliunan rupiah. 

Dilansir dari The Guardian, rangkaian pesta pernikahan yang digelar selama berbulan-bulan itu diperkirakan menelan biaya US$600 juta atau setara Rp 9,7 triliun (kurs Rp16.115). Bagi banyak orang, jumlah itu sangat fantastis. Namun tidak demikian bagi Mukesh Ambani, yang diperkirakan hanya setara 0,5 persen dari total kekayaannya. 

Baca juga: 5 Pesta Pernikahan Termahal di Dunia, Terbaru Pasangan Anant Ambani & Radhika Merchant

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Fakta Film Kaka Boss, Dijadwalkan Tayang 29 Agustus 2024

BERIKUTNYA

Hypereport: Fakta-fakta Menarik tentang Jodoh & Pernikahan di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: