Ilustrasi biji kopi. (Sumber foto: Pexels/lyncoln Miller)

5 Variasi Biji Kopi dengan Harga Fantastis di Dunia

10 July 2024   |   14:42 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Kopi menjadi salah satu minuman yang paling digemari oleh masyarakat di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan menjamurnya kedai kopi di kota-kota besar di Indonesia. Banyaknya penggemar minuman berkafein ini juga membuat banyak varian kopi yang diperjual belikan.

Harganya yang relatif terjangkau juga membuatnya memiliki target pasar yang luas. Namun, pernahkah Genhype mencoba kopi termahal di dunia? Menariknya, diantara deretan kopi mahal ini ternyata salah satu kopi khas Indonesia termasuk ke dalam daftar ini, lho!

Apa saja kopi-kopi tersebut? Simak di bawah ini.

Baca juga: Penikmat Kopi Wajib Tahu, Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta


1. Kopi Luwak

Kopi dari Indonesia ini dinobatkan sebagai kopi termahal di dunia. Dilansir dari berbagai sumber, harga kopi ini bisa mencapai US$35 hingga US$600 per pon atau setara Rp9 juta. Artinya kopi ini dihargai US$1.300 per kilogramnya atau Rp21 juta. Meskipun memiliki harga yang mahal, proses pembuatan kopi ini cukup menggelikan di mana buah kopi akan dimakan dan dicerna oleh luwak Asia. 

Dilansir dari CEO Magazine, kopi ini sebagian besar diproduksi di pulau Jawa, Bali, dan Sumatra. Meskipun Indonesia adalah penghasil Kopi Luwak terbanyak, namun terdapat dua negara yang mampu menghasilkan kopi yang sama, yaitu Filipina dan Timor Timur.


2. Black Ivory Coffee

Kopi langka dari Thailand ini dibandrol dengan harga US$500 per pon atau Rp8 juta. Menurut CEO Magazine, harga kopi ini per kilogramnya adalah US$2.500 atau sekitar Rp40 juta.  Faktor yang membuat harga kopi ini melejit adalah proses pembuatannya dimana biji kopi Arabika Thailand harus dimakan oleh gajah. Kemudian, biji kopi Black Ivory ini akan didapat dari kotoran gajah tersebut.

Cita rasa kopi ini juga ditentukan oleh enzim dan selera makan gajah. Umumnya, kopi ini hanya dijual ini hotel bintang lima dan restoran Michelin. 


3. Hacienda La Esmeralda

Kopi yang berasal dari Panama ini dibandrol dengan harga $350 per pon atau sekitar Rp5 juta. Namun, CEO Magazine mengatakan bahwa pada 2021 kopi ini dilelang dengan harga $440 per kilogram atau Rp7 juta. Rumah produksi kopi ini memang terkenal akan produk-produk kopinya yang mahal. Keluarga Peterson, pencipta Hacienda La Esmeralda sudah memproduksi kopinya sejak 2007. 


4. Saint Helena

Dikutip dari India Today, Saint Helena adalah pulau terpencil yang terletak di Samudra Atlantik Selatan. Kopi ini diharga sekitar US$80 per pon atau Rp1 juta. Pada 2016, Starbucks menjual kopi ini secara eksklusif dengan perhitungan US$80 per 250 gram. Kopi ini terkenal akan aroma ceri hitam dan coklatnya yang semerbak.


5. Finca El Injerto Coffee 

Kopi dari Guatemala ini memiliki harga yang cukup fantastis tergantung varietasnya. Pada salah pelelangannya, kopi ini terjual dengan harga US$500 per pon atau sekitar Rp8 juta. Harga per kilogram kopi ini dapat mencapai US$1.100 atau Rp17 juta. Kopi ini ditanam di dataran tinggi dengan tanah non-vulkanik yang kaya akan mineral dan ditanam sendiri oleh keluarga Aguirre. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Serba-serbi GIIAS 2024: Cara Beli Tiket hingga Test Drive Mobil Baru

BERIKUTNYA

Simak Sinopsis Agatha All Along, Marvel Ungkap Nasib Scarlet Witch

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: