Ilustrasi chipset. (Sumber gambar : Freepik)

Samsung S25 Diduga Bakal Pakai Chipset MediaTek, Ini Alasannya

27 June 2024   |   08:09 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Spesifikasi Samsung Galaxy S25 perlahan mulai terungkap ke publik. Diprediksi meluncur pada awal 2025, seri ponsel kelas flagship ini digadang-gadang bakal menggunakan chipset terbaru dari Snapdragon, buatan internal mereka, dan MediaTek.

Ya, Samsung kemungkinan akan mengadopsi tiga chip untuk seri Galaxy S25. Mengutip The Financial News, Samsung tidak hanya mempertimbangkan Snapdragon 8 Gen 4 dan Exynos 2500, tetapi juga chip MediaTek Dimensity untuk Galaxy S25.  

Baca juga: Bocoran Gawai & Wearable Samsung Terbaru yang Bakal Meluncur di Galaxy Unpacked

Pada seri Galaxy S24, Samsung membenamkan Snapdragon 8 Gen 3 untuk model Plus dan Ultra. Sementara model standar menggunaan prosesor exynos 2400. Tentu untuk chipset seri terbaru, harganya diprediksi lebih mahal dan dikhawatirkan mempengaruhi harga ponsel tersebut.

Pakar industri yakin bahwa harga Snapdragon 8 Gen 4 bisa 25-30 persen lebih mahal daripada chip Snapdragon 8 Gen 3 saat ini. Oleh karena itu, menyertakan MediaTek pada Galaxy S25 dinilai dapat membantu Samsung menyeimbangkan kekuatan dan mencegah kenaikan harga ponsel pintarnya.

Sejauh ini belum diketahui lebih rinci mengenai wilayah mana yang akan mendapatkan chip Snapdragon, Exynos, maupun MediaTek Dimensity. Namun banyak pakar yang memprediksi jika benar Galaxy S25 ditenagai MediaTek, mungkin terbatas pada beberapa wilayah tertentu, seperti China, sementara negara-negara lain akan tetap menggunakan strategi dua chip yakni Exynos dan Qualcomm.

Sementara itu, mengutip Android Authority, desain seri Galaxy S hampir tidak berubah dalam beberapa generasi terakhir. Kendati demikian, Tech Reviewer Leaker Revegnus meyakini akan ada sedikit perbedaan pada generasi S25. Dia mengatakan bahwa Ilhwan Lee, mantan desainer Mercedes-Benz, ditugaskan untuk membuat merek Galaxy terasa segar.

Belum diketahui apakah S25 akan menggunakan jenis titanium yang sama dengan S24. Namun, tech reviewer PandaFlash tidak yakin S25 akan menggunakan titanium kelas tinggi seperti yang dipakai iPhone 15 Pro series. 

Adapun ponsel buatan Apple itu menggunakan titanium grade 5 yang memadukan titanium, alumunium, dan vanadium. S24 diketahui menggunakan titanium grade 2 yang lebih lembut dan lebih murah.

Selain itu, perubahan kemungkinan akan terjadi pada bingkai dan bezel yang membuat ponsel flagship Samsung ini lebih tipis dan ramping. Samsung Galaxy S25 akan menggunakan layar OLED berukuran hampir 6,9 inci. 

Dari sisi kamera, S25 katanya akan menggunakan pengaturan tiga lensa. Untuk model Ultra akan tetap menggunakan kamera utama 200MP dan zoom telefoto periskop 50MP 3x, dan lensa ultrawide 50MP. Kamera 50MP 3x akan menjadi peningkatan besar dibandingkan lensa 10MP 3x saat ini, yang telah digunakan sejak S21 Ultra.

Bicara tanggal perilisan, jika melihat kebiasaan Samsung, Galaxy S25 bisa saja dirilis awal 2025. Antara Januari atau Februari 2025.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M15 5G

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Viral Banget! Ini 3 Resep Cracking Drink yang Wajib Genhype Coba

BERIKUTNYA

Selain Dilarang Ambil Gambar & Video Dengan Gawai, Ini Larangan Lainnya Saat Fan Meeting Byeon Woo Seok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: