Kendaraan melintasi dekorasi liong atau naga raksasa di Bundaran HI, Jakarta, Kamis (8/2/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Rekomendasi City Tour Jakarta dari Kota Tua Sampai Blok M

23 June 2024   |   14:07 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

City tour adalah kegiatan wisata yang melibatkan perjalanan singkat dengan mengunjungi satu kawasan tertentu. Tujuan city tour adalah untuk mengenal dan mengeksplorasi keindahan budaya, sejarah, dan atraksi wisata yang dimiliki suatu kota.

Belakangan ini wisata yang menawarkan konsep demikian cukup dilirik banyak orang. Sebab, cukup dengan melakukan perjalanan singkat saja, seseorang sudah dapat menikmati berbagai pengalaman liburan yang berbeda.

Baca juga: Daftar Destinasi Wisata di Jakarta yang Bisa Dijangkau Dengan Transportasi Umum Rp1

Namun, sebelum melakukan city tour, ada baiknya wisatawan untuk memilih rute yang akan dipilihnya terlebih dahulu. Sebab, meski wisata ini umumnya berada dalam satu kawasan, terkadang lokasinya juga bisa berjauhan.

Berikut adalah rekomendasi rute city tour di Jakarta:


1. Rute Kota Tua

 

Kota Tua Jakarta berada di wilayah Taman Sari, Jakarta Barat. Untuk menuju ke sini, Genhype bisa menggunakan beberapa transportasi umum, seperti bus Transjakarta, KRL, hingga MRT. Setelah itu, Genhype bisa mulai menjelajah dengan berjalan kaki.

Kota tua adalah distrik bersejarah tempat bangunan kolonial Belanda. Menjelajahi Kota Tua tentu akan jadi pengalaman menarik untuk melihat keindahan dan kemegahan bangunan-bangunan tua yang dibangun pada masa penjajahan dengan nilai sejarah tinggi.

Tak jauh dari kawasan ini, kalian juga bisa menjelajahi Stasiun Kereta Api Jakarta Kota yang dibangun 1879, Pelabuhan Sunda Kelapa, Menara Syahbandar, Jembatan Kota Intan, hingga museum dan tempat makan klasik.


2. Rute Pecinan

Pecinan di Jakarta Barat juga bisa jadi salah satu lokasi city tour yang asyik. Di kawasan ini, Genhype bisa mempelajari berbagai peninggalan dan budaya China-Indonesia yang khas.

Kalian juga bisa menemukan banyak tempat ikonik, dari Pasar Petak Sembilan, wihara Dharma Bakti, Gereja berornamen China di Santa Marina de Fatima, hingga kulineran di Gang Gloria. Lalu, yang tak boleh ketinggalan ialah mencoba menikmati beragam teh di kedai klasik dengan pemandangan bangunan rumah tua bersejarah.


3. Rute Sudirman

Warga berfoto saat malam pergantian tahun di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (1/1/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani )

Warga berfoto saat malam pergantian tahun di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (1/1/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani )


Rute Sudirman bisa menjadi opsi kalau kalian ingin berjalan-jalan dengan sensasi melihat gedung-gedung pencakar langit Jakarta. Dengan jalan pedestrian yang lebar dan nyaman, berjalan di sepanjang Jalan Sudirman akan terasa seru sambil menikmati suasana di kawasan jantung kota.

Di kawasan ini, kalian juga dapat mengunjungi beberapa Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) viral yang menjadi spot favorit warga Jakarta berburu selfie, melihat Bundaran HI, hingga naik ke halte bus berbentuk mirip kapal pesial dengan pemandangan yang indah. Kalau ingin berbelanja, di sepanjang jalan ini juga berjejer mal-mal besar di Indonesia.


4. Rute Pasar Baru

Mengunjungi Pasar Baru adalah menyinggahi sejarah. Di tempat ini, Genhype dapat menemukan bangunan-bangunan lama, pasar hingga tempat ibadah bersejarah. Rute berkeliling di kawasan ini hanya sekitar 3 kilometer saja, tetapi pengalaman yang akan didapat sungguh luar biasa.

Genhype dapat terlebih dahulu mengunjungi Masjid Istiqlal, lalu Katedral Jakarta, kemudian mengarah ke Gedung Filateli Jakarta. Setelahnya, menuju ke Pasar Baru dan mencoba banyak kuliner legendaris di dalamnya.


5. Rute Blok M

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by M Bloc Space (@mblocspace)


Rute city tour yang tak kalah asyik adalah Blok M. Kawasan gaul Jakarta ini punya sederet tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Mulailah berjalan dari Museum Polri, lalu ke Galeri Museum Peruri, hingga ke daerah M Bloc Space.

M Bloc Space adalah ruang terbuka kreatif yang menyenangkan untuk dikunjungi siapapun. Kawasan ini menyediakan beragam tempat kuliner, kafe untuk nongkrong, tempat untuk event, toko untuk belanja, hingga museum.


6. Rute Jalan Sabang

Setelah puas berkeliling Jakarta, kalian bisa menyambangi Jalan Sabang di Jakarta Pusat. Kawasan ini terkenal sebagai area kuliner yang menyuguhkan banyak hidangan lezat dan menggugah selera.

Baca juga: Pilihan Destinasi Wisata di Jabodetabek yang Menarik Dieksplorasi Selama Libur Sekolah

Tak hanya restoran, kawasan Sabang juga setiap malam hari selalu jadi street food. Ada banyak warung kaki lima yang menjajakan berbagai masakan enak. Lokasinya yang strategis juga membuat Sabang bisa jadi opsi city tour, terutama pada malam hari.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

7 Film Indonesia Tayang Juli 2024 di Bioskop, Didominasi Horor

BERIKUTNYA

6 Jadwal Konser & Fan Meeting K-Pop Juli 2024, Ada DO EXO dan Kim Seon-ho

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: