Pegunungan Appalachian (Sumber foto: Appalachian Trail Conservancy)

3 Makhluk Legenda Supranatural dari Pegunungan Appalachian

14 June 2024   |   11:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Membentang dari provinsi Newfoundland dan Labrador di Kanada, hingga Alabama bagian tengah di Amerika Serikat, pegunungan Appalachian adalah rumah bagi banyak kisah supranatural. Ini merupakan paduan kultur masyarakat Cherokee, Afrika, dan Eropa yang berbagi cerita secara turun temurun. 

Lantaran wilayah ini sangat terisolasi dan memiliki medan yang sulit, tidak banyak pemukiman yang eksis. Kebanyakan orang di sana yang berprofesi sebagai penambang, penebang kayu, dan pekerja lainnya melaporkan beberapa penampakan gaib dengan deskripsi yang konsisten selama bertahun-tahun. Cerita-cerita ini kembali dipopulerkan di TikTok, dengan tagar #hauntedappalachia. 

Pegunungan ini diestimasikan sudah terbentuk sejak 480 juta tahun yang lalu dan terus berkembang seiring terbentuknya superkontinen Pangea. Hal ini berarti ekosistemnya sangat terjaga dan masih banyak bagian-bagiannya yang belum dijelajahi oleh manusia. 

Baca juga: 5 Fakta Machu Picchu, Sisa Peradaban Suku Inca yang Menakjubkan di Pegunungan Andes

Meski demikian, ada banyak fenomena atau penampakan gaib yang terjadi kepada orang-orang yang tinggal disana. Siulan, teriakan, dan tangisan yang menggema di seluruh hutan jadi kejadian sehari-hari bagi masyarakat setempat. Bahkan terkadang ada suara-suara yang memanggil nama mereka oleh sesuatu di luar rumah pada malam hari.

Untuk mengetahui apa saja yang mengintai di kegelapan pegunungan Appalachian, simak penjelasan dari 3 makhluk supranatural pegunungan Appalachia yang mitosnya masih berkembang hingga kini. 
 

1. Mothman

Buku The Mothman Prophecies (Sumber foto: John A. Keel)

Buku The Mothman Prophecies (Sumber foto: John A. Keel)

Mothman adalah makhluk legendaris yang konon berbentuk humanoid, memiliki sayap yang besar, berwarna abu-abu, dan mata merah menyala. Entitas ini sering menampakkan dirinya di Point Pleasant, Virginia Barat, antara 1966-1967, dan dipercaya sebagai pertanda bencana. 

Mengapa demikian? Pada 15 Desember 1967, jembatan Silver Bridge di kota tersebut mendadak runtuh, dan menewaskan 46 orang. Meski investigasi resmi mengindikasi bahwa jembatan itu runtuh karena sebuah retak pada suspensinya, banyak masyarakat yang melaporkan bahwa Mothman menampakan dirinya persis sebelum insiden tersebut. 

Salah satunya adalah John Keel, yang melakukan investigasi pribadi dan dituangkan ke dalam buku bertajuk The Mothman Prophecies pada 1975. Menurutnya, ada makhluk “ultraterrestrial” yang diklaim menggunakan suatu kekuatan psikis untuk menciptakan halusinasi seperti Mothman, UFO, dan fenomena supranatural lainnya. 
  
Meski menakutkan, ada beberapa warga Virginia Barat yang menganggap Mothman sebagai ikon budaya, dengan festival tahunan dan museum yang didedikasikan untuk makhluk tersebut.
 

2. Flatwoods Monster

Ilustrasi Flatwoods Monster (Sumber foto: West Virginia Public Broadcasting)

Ilustrasi Flatwoods Monster (Sumber foto: West Virginia Public Broadcasting)

Masih dari negara bagian Virginia Barat, Flatwoods monster adalah makhluk supranatural yang dilaporkan terlihat di daerah Braxton County pada September 1952. Kala itu, sebuah keluarga dan anjing mereka melihat cahaya terang di langit, yang tiba-tiba menabrak lereng bukit. 

Penasaran akan hal tersebut, mereka bergegas pergi ke lokasi kecelakaannya. Tiba-tiba tampak sebuah bola merah bercahaya dan makhluk setinggi 3 meter dengan kepala berbentuk sekop, pakaian logam berwarna gelap, mata oranye yang bersinar dan bisa melayang. 

Selain penampilannya yang mencekam, makhluk itu juga mengeluarkan bau yang sangat tajam. Tanpa banyak berpikir, keluarga tersebut melarikan diri dengan ketakutan. Adapun, setelah insiden tersebut beberapa warga sekitar juga melaporkan penampakan makhluk tersebut. . 

Insiden ini menarik perhatian seluruh masyarakat Amerika Serikat, dan sejak saat itu Flatwoods monster menjadi salah satu cerita mistis paling populer dari Virginia Barat. 
 

3. Kucing Wampus

Kucing Wumpus (Sumber foto: It's a Southern Thing)

Kucing Wampus digambarkan sebagai makhluk mirip kucing besar dengan penampilan yang bervariasi, mulai dari yang menakutkan hingga yang biasa saja, tergantung pada daerahnya.

Menurut penulis cerita rakyat Vance Randolph, makhluk ini dideskripsikan sebagai sejenis macan kumbang amfibi yang melompat ke dalam air dan berenang seperti cerpelai raksasa, dalam bukunya yang bertajuk We always lie to stranger.

Mahluk ini sering dikaitkan dengan cerita rakyat Cherokee dan memiliki kemampuan untuk berubah bentuk. Akan tetapi sebagian besar cerita-cerita tersebut menjelaskan kucing Wampus sebagai iblis dengan kemampuan regenerasi, yang takut pada air suci dan lonceng gereja. 

Dalam beberapa deskripsi artistik seperti patung, kucing ini sering kali digambarkan memiliki 6 kaki, dan sering memangsa hewan liar, ternak, dan bahkan manusia. 

Baca juga: 4 Pegunungan Berwarna Paling Cantik di Dunia, Salah Satunya Punya 14 Rona

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bawa Vespa, Vokalis Lany Ditabrak Mobil Hingga Tak Sadarkan Diri

BERIKUTNYA

Perbedaan Quick Commerce dan E-commerce, Mana Paling Efektif?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: