Hasil seleksi UTBK SNBT akan diumumkan 13 Juni 2024. (Sumber gambar: Ed Us/Unsplash)

4 Hal yang Perlu Disiapkan Jelang Pengumuman UTBK SNBT 2024

12 June 2024   |   15:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hasil seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) akan diumumkan besok, Kamis (13/6/2024). Ribuan siswa di seluruh Indonesia tentunya berharap cemas dengan hasilnya, dan menanti kabar baik akan menemui mereka.

Agar proses selanjutnya lancar, jelang pengumuman itu ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan oleh para peserta UTBK SNBT 2024. Adapun pengumuman hasil UTBK SNBT 2024 dapat diakses secara online melalui link resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (SNPMB BPPP) pada Kamis, 13 Juni 2024 mulai pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Link & Cara Cek Pengumuman Hasil UTBK SNBT 2024

Selain itu, peserta juga bisa mengaksesnya lewat sejumlah link mirror, yang merupakan laman resmi perguruan tinggi negeri (PTN) yang dimodifikasi untuk memuat pengumuman UTBK SNBT 2024.

Hasil UTBK SNBT 2024 nantinya akan menentukan apakah peserta diterima atau tidak di PTN tujuannya. Selain itu, nilai yang diperoleh dari UTBK SNBT juga bisa digunakan oleh peserta untuk mendaftar seleksi mandiri baik di PTN, pergurun tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN), maupun sekolah kedinasan.
 


SNBT merupakan seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan perguruan tinggi negeri (PTN) Akademik, PTN Vokasi, atau Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN ) yang bersangkutan. 

Dalam seleksi ini, peserta menjalani tes yang berfokus pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah, sehingga bukan berupa tes mata pelajaran. Materi tes UTBK SNBT 2024 meliputi tes potensi skolastik (TPS), literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan penalaran matematika. 

Data SNPMB BPPP per 9 April 2024 mencatat telah ada 785.058 peserta yang telah mendaftar UTBK SNBT 2024. Sementara itu, daya tampung UTBK SNBT 2024 secara nasional terdiri dari 201.277 untuk Sarjana, 24.793 (Terapan) dan 20.937 (Diploma Tiga).

Para peserta pun telah mengikuti UTBK yang dilaksanakan sebanyak dua gelombang, yakni 30 April, 2 Mei, dan 7 Mei 2024 pada gelombang 1 dan 14-20 Mei 2024 untuk gelombang 2. Sebanyak 155 soal yang terbagi dalam Tes Potensi Skolastik, Tes Literasi, dan Penalaran Matematika harus ditaklukkan untuk lolos ke kampus negeri impian.

Jelang pengumuman hasil UTBK SNBT 2024, ada sejumlah hal yang perlu dipersiapkan oleh peserta. Apa sajakah itu? Berikut adalah informasi lengkapnya.


1. Siapkan nomor dan kartu peserta

Hal utama yang perlu dipersiapkan peserta jelang pengumuman hasil UTBK SNBT 2024 adalah nomor dan kartu peserta ujian. Dua hal itu dibutuhkan untuk mengakses hasil UTBK SNBT 2024, baik melalui laman resmi SNPMB BPPP maupun link mirror di sejumlah PTN.

Nomor peserta merupakan 12 digit angka yang tercantum di bagian atas kartu peserta. Kartu peserta sendiri sebelumnya sudah diterima seluruh peserta UTBK SNBT 2024 saat pendaftaran dan pembayaran ujian. Tanpa nomor peserta, peserta UTBK SNBT 2024 tidak bisa mengakses status kelulusannya. Oleh karena itu, pastikan nomor peserta dan kartu peserta sudah siap jelang pengumuman.


2. Cek jadwal daftar ulang PTN tujuan

Selain menyiapkan nomor dan kartu peserta ujian, penting juga untuk mengetahui informasi jadwal daftar ulang PTN tujuan, terutama bagi peserta yang nantinya dinyatakan lulus seleksi. Daftar ulang adalah tahapan awal yang perlu dilakukan peserta setelah dinyatakan lulus UTBK SNBT 2024.

Jadwal daftar ulang di setiap PTN pun berbeda-beda tergantung kebijakan kampus. Jadwal daftar ulang biasanya diumumkan di kanal informasi resmi penerimaan mahasiswa baru (PMB) masing-masing perguruan tinggi. Pastikan kalian melakukan daftar ulang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Jika tidak, maka status kelulusan kalian dapat digugurkan.


3. Siapkan dokumen syarat pendaftaran PTN

Tak hanya mengecek jadwal, peserta juga bisa mulai mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat daftar ulang di PTN. Dokumen syarat daftar ulang di PTN biasanya terbilang banyak, sehingga perlu waktu untuk mempersiapkannya.

Oleh karena itu, jelang pengumuman UTBK SNBT 2024, peserta bisa memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut. Jenis dokumen syarat daftar ulang di PTN biasanya berbeda-beda pada setiap kampus, namun yang paling umum meliputi:
  • Ijazah SMA/SMK dan sederajat;
  • Surat keterangan lulus (SKL);
  • Sertifikat UTBK SNBT;
  • Kartu keluarga (KK);
  • Akta kelahiran;
  • Slip gaji orang tua atau surat keterangan penghasilan orang tua/wali yang ditandatangani pejabat setingkat RT/RW;
  • dokumen lain yang disyaratkan PTN.


4. Persiapkan diri untuk ikut seleksi jalur lain

Peserta UTBK SNBT 2024 juga bisa mempersiapkan diri ikut seleksi jalur lain jelang pengumuman. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika tidak diterima di PTN tujuan lewat UTBK SNBT 2024.

Ada beberapa jalur lain yang bisa diikuti peserta, mulai dari seleksi mandiri PTN, seleksi masuk perguruan tinggi swasta (PTS), atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Adapun, persiapan yang dapat dilakukan bisa dengan mencari tahu periode pendaftaran jalur seleksi tersebut hingga berlatih soal-soal.


Cara Cek Pengumuman UTBK SNBT 2024

Untuk mengecek hasil UTBK SNBT 2024, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka laman https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/;
  2. Klik bagian menu bertanda tiga garis;
  3. Pilih "SNBT", lalu klik "Pengumuman SNBT";
  4. Buka situs https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau salah satu dari 40 link mirror yang tersedia;
  5. Isi nomor pendaftaran SNBP dan tanggal lahir masing-masing;
  6. Klik "Lihat Hasil Seleksi";
  7. Selanjutnya, akan tampil status kelulusan. Peserta yang lulus ditandai dengan header biru, sedangkan peserta yang tidak lulus ditandai dengan header merah.


Link Pengumuman UTBK SNBT 2024

Berikut adalah 40 link mirror yang bisa digunakan untuk mengakses pengumuman hasil UTBK SNBT 2024.
  1. https://snbt.ipb.ac.id
  2. https://snbt.isbi.ac.id
  3. https://snbt.itb.ac.id
  4. https://snbt.itk.ac.id
  5. https://snbt.its.ac.id
  6. https://snbt.ugm.ac.id
  7. https://snbt.uho.ac.id
  8. https://snbt.ui.ac.id
  9. https://snbt.unimal.ac.id
  10. https://snbt.unsri.ac.id
  11. https://snbt.ulm.ac.id
  12. https://snbt.unimed.ac.id
  13. https://snbt.untan.ac.id
  14. https://snbt.unair.ac.id
  15. https://snbt.unja.ac.id
  16. https://snbt.untirta.ac.id
  17. https://snbt.unand.ac.id
  18. https://snbt.unm.ac.id
  19. https://snbt.unud.ac.id
  20. https://snbt.undiksha.ac.id
  21. https://snbt.unnes.ac.id
  22. https://snbt.uny.ac.id
  23. https://snbt.undip.ac.id
  24. https://snbt.unej.ac.id
  25. https://snbt.unp.ac.id
  26. https://snbt.unpad.ac.id
  27. https://snbt.upnjatim.ac.id
  28. https://snbt.upnvj.ac.id
  29. https://snbt.unesa.ac.id
  30. https://snbt.unram.ac.id
  31. https://snbt.usk.ac.id
  32. https://snbt.ung.ac.id
  33. https://snbt.uns.ac.id
  34. https://snbt.usu.ac.id
  35. https://snbt.unhas.ac.id
  36. https://snbt.unsika.ac.id
  37. https://snbt.ut.ac.id
  38. https://snbt.unib.ac.id
  39. https://snbt.unsrat.ac.id
  40. https://snbt.utu.ac.id 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Teaser Arcane Season 2 Meluncur, Mulai Tayang November 2024

BERIKUTNYA

Perhatikan Cara Daftar & Aktivasi Akun PPDB 2024 Agar Lolos Seleksi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: