Ilustrasi tiramisu matcha (Sumber foto: Wikimedia Commons)

Resep Viral Tiramisu Matcha Ala Kafe

31 May 2024   |   21:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Dessert memang menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang. Sesuai dengan namanya, dessert disajikan setelah hidangan utama sebagai penutup yang manis. Ada banyak dessert yang bisa dicoba, seperti kue, es krim, puding, dan masih banyak lagi dengan variasi rasa yang beragam. 

Bagi banyak orang, tiramisu adalah salah satu hidangan manis yang sangat populer. Tiramisu yang terdiri dari lapisan-lapisan krim mascarpone yang dibalut dengan biscuit savoiadi atau ladyfinger. Tak sampai situ saja, kenikmatan dari tiramisu juga ditambah dengan siraman kopi espresso dan bubuk kakao di atasnya. 

Baca juga: 4 Dessert Viral 2024 di Jakarta yang Bisa Genhype Coba, Cold Milk Bun sampai Paris Sorbet

Semakin berkembangnya dunia perkulineran, tiramisu juga mengalami evolusi. Sekarang ini, banyak kafe-kafe yang meluncurkan hidangan tiramisu dengan perpaduan rasa yang unik, contohnya matcha. Belakangan ini tiramisu matcha sedang santer di jajaran dessert terkenal. 

Penggabungan cita rasa klasik dari tiramisu dengan sentuhan unik bubuk matcha membuat hidangan ini tak hanya menawarkan rasa enak, tapi juga memiliki rasa yang mendalam. Paduan creamy dan lembut dari keju mascarpone yang dipadukan dengan aroma kuat matcha memberikan pengalaman yang unik bagi makanan manis. Tak hanya itu, warna hijau lembut yang dihasilkan oleh bubuk matcha juga memberikan sentuhan visual yang menarik dan memikat. 

Bagi Genhype yang penasaran dengan rasa tiramisu matcha, sekarang kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana dengan cara membuatnya? Simak artikel berikut. 


Resep Tiramisu Matcha

 
@wellalee_ #BakingIsengIseng ? original sound - Wella Lee - wellalee_
 

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan cream matcha
  • 150 gr air hangat
  • 20 gr gula
  • 5 gr bubuk matcha

Bahan tiramisu
  • Ladyfinger 
  • 150 gr keju mascarpone 
  • 25 gr gula
  • 2 gr bubuk matcha 
  • 70 gr whipped cream
  • 1 sdt ekstrak vanila


Cara membuat

  1. Campurkan whipped cream, gula pasir, dan bubuk matcha sesuai takaran. Pastikan kalian mengayak bubuk matcha menggunakan saringan agar tidak ada bubuk yang menggumpal nantinya. Kemudian aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata menggunakan mixer
  2. Jika semua bahan telah tercampur rata, tuang keju mascarpone dan ekstrak vanila ke dalam krim lalu aduk semuanya dengan spatula hingga tercampur rata. 
  3. Pada wadah lain, campurkan air hangat, gula pasir, dan bubuk matcha yang sudah diayak. Pastikan gula pasirnya sudah larut maksimal. Kemudian aduk semua bahan hingga tercampur rata. 
  4. Pindahkan kuah matcha tersebut ke dalam wadah beralas datar yang cukup besar agar kue ladyfinger bisa diletakkan rata.
  5. Siapkan wadah makanan lalu celupkan ladyfinger ke dalam kuah matcha hingga basah, tapi jangan dibuat terlalu lembek. Gunakan penjepit untuk membalik dan merendam sisi kue ladyfinger yang lainnya. Lalu susun kue ladyfinger yang sudah dicelupkan matcha ke dalam wadah. 
  6. Kemudian oleskan krim matcha yang sudah dibuat di awal menggunakan spatula ke atas ladyfinger secara merata lalu tutup kembali menggunakan ladyfinger. Ulangi lapisan ladyfinger dan krim matcha tersebut sampai wadah terisi penuh. 
  7. Agar tampilan terlihat menarik, tambahkan bubuk matcha yang sudah diayak di atas tiramisu. 
  8. Jika sudah, diamkan tiramisu matcha di dalam kulkas selama empat jam. Lalu nikmati. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Genhype, Ini Alasan Varises Lebih Rentan Mendera Wanita Dibanding Pria

BERIKUTNYA

Dorong Kesehatan Preventif, Ini Aspek Kesehatan yang Perlu Dicek Secara Berkala

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: