Parfum Zimaya Sharaf Blend (Sumber: fragrantica.com/user/alibada)

4 Rekomendasi Parfum Pria dari Timur Tengah, Bisa Jadi Pilihan Anti Mainstream

29 May 2024   |   07:30 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Belakangan, para pencinta wewangian mulai melirik pada parfum-parfum dari para negara-negara timur tengah. Berkat kemampuan mereka untuk mereplikasi DNA parfum desainer dan niche dengan sangat akurat, serta menambahkan sentuhan mereka sendiri, produk dari wilayah itu kian digandrungi. 

Selain itu, kualitas cairan parfum dan minyak digunakan tetap premium, seperti oud (agarwood) yang memang banyak dikembangkan di sana. Tak ketinggalan, kemasan dan presentasi dari botol yang digunakan bahkan bisa menyaingi merek yang lebih mahal. 

Jika Genhype kebingungan mencari parfum pria yang anti-mainstream, berikut adalah 4 rekomendasi parfum pria dari Timur Tengah untuk semua keperluan. 

Baca juga: 4 Rekomendasi Parfum Lokal Untuk Musim Panas 2024
 

1. Rasasi Hawas For Him


Dirilis pada 2015, Rasasi Hawas telah menjadi parfum andalan para pencinta wewangian berkat kesederhanaan dan keserbagunaannya. Layaknya parfum fresh pada umumnya, top notes dari Hawas akan dibuka dengan kesegaran buah-buah citrus dan sedikit kayu manis.

Memasuki middle notes, aroma akan berubah menjadi lebih manis dengan memperkenalkan bunga plum dan orange blossoms. Namun, semua perubahan aroma akhirnya akan ditutup dengan perpaduan bau musk dan woody, khususnya dari Ambergris yang kompleks.

Berikut adalah daftar notes lengkap dari parfum Rasasi Hawas:
  • Top Notes: Apple, Bergamot, Lemon, Cinnamon. 
  • Middle Notes: Plum, Cardamom, Orange Blossom.
  • Base Notes: Ambergris, Musk, Driftwood, Patchouli.
Berkat popularitasnya di media sosial seperti TikTok, stok parfum ini habis dengan sangat cepat, sehingga para penjual biasanya menaikkan harga, karena mereka menganggapnya sebagai barang ‘gaib’ yang dicari-cari. Khususnya di Indonesia, harga Rasasi Hawas bisa berkisar antara Rp400.00 hingga Rp700.000 untuk botol berukuran 100ml. 
 

2. Al Haramain Amber Oud Gold Edition


Al Haramain terkenal sebagai merek Timur Tengah yang mengutamakan kualitas dari produk yang mereka buat. Hal ini tercermin dari perilisan Amber Oud Gold Edition, yang dipuji sebagai dupe terbaik dari parfum niche terkenal yakni Xerjoff Erba Pura.

Banyak pengguna TikTok yang mendeskripsikan aroma dari parfum ini layaknya "milkshake buah yang sangat creamy" setelah menciumnya. Bagaimana tidak, dari disemprot sampai kering, aroma manis, dan buah-buahan akan tetap melekat pada tubuh para pemakainya. 

Berikut adalah daftar notes lengkap dari parfum Al Haramain Amber Oud Gold Edition:
  • Top Note: Bergamot and Green Notes
  • Middle Note: Melon, Sweet Notes, Pineapple, Amber
  • Base Note: Vanilla, Musk, Woody Notes
Al Haramain Amber Oud Gold Edition dibanderol dengan harga sekitar Rp600.00 untuk ukuran 60 ml, atau Rp1,2 Juta untuk ukuran 120ml. Meski cukup mahal, parfum ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Genhype yang mencari produk unisex dengan aroma yang mass pleasing tapi berkarakter. 
 

3. Lattafa Asad


Pada 2021, Lattafa Asad ingin memperkenalkan sentuhan unik namun tetap memberikan kesan yang sama seperti parfum desainer Dior Sauvage Elixir. Berbeda dengan Dior Sauvage yang sudah sangat umum di Indonesia, edisi Elixir memiliki profil aroma yang jauh lebih maskulin. 

Khususnya dengan opening yang sangat pedas dari aroma lada dan tembakau, mungkin tampak tidak enak bagi sebagian orang. Untuk membuat parfum yang lebih mudah diterima, Lattafa Asad mengambil DNA dari parfum desainer tersebut, tapi menghaluskan rasa pedas dengan mencampurkan vanila dan notes lain ke dalam profil aromanya. 

Berikut adalah daftar notes lengkap dari parfum Lattafa Asad:
  • Top notes: Black Pepper, Tobacco, Pineapple
  • Middle notes: Patchouli, Coffee, Iris
  • Base notesVanilla, Amber, Dry Wood, Benzoin, Labdanum.
Satu-satunya notes signifikan yang tidak ada di parfum ini adalah licorice (akar manis) dan lavender, yang disubstitusi dengan aroma kopi. Namun, dengan harga Rp300.000 untuk botol 100ml, Lattafa Asad dapat menjadi parfum berkarakter amber yang terjangkau tapi tetap berkualitas.
 

4. Zimaya Sharaf Blend


Belakangan sudah ada banyak dupe yang ingin mereplikasi profil aroma dari parfum niche mewah Kilian Angel’s Share. Namun Zimaya Sharaf Blend mungkin yang paling akurat, dengan tetap mempertahankan perpaduan kualitas tinggi.

Bahkan presentasi dari parfum ini hampir persis dengan parfum niche tersebut, menggunakan kotak cangkang keras yang terbuka untuk memperlihatkan botol cantik di dalamnya. Cairannya pun memiliki warna yang sama.

Aromanya sendiri diperuntukan bagi penggunaan pada musim-musim yang lebih dingin atau acara indoor. Dengan notes serba manis seperti kurma, bunga safron, dan vanila. Kemudian diangkat oleh aroma woody dari agarwood, akigalawood dan benzoin.

Berikut adalah daftar notes lengkap dari parfum Zimaya Sharaf Blend:
  • Top notes: Cinnamon, Nutmeg, Bergamot
  • Middle notes: Dates, Praline, Tuberose, Mahonial
  • Base notes: Vanilla, Tonka Bean, Benzoin, Myrrh, Amberwood, Akigalawood.
Berkat kualitas yang ditawarkan, sama seperti Rasasi Hawas parfum ini dianggap sangat gaib untuk pasar Indonesia. Biasanya parfum ini dijual dengan harga Rp360.000 untuk botol 100ml. Namun, berkat hype yang dihasilkan kemungkinan harga ini akan terus meroket. 

Baca juga: 3 Produsen Parfum Niche Terunik di Dunia, Wangi Hewan sampai Kenangan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ketaksaan Makna & Interpretasi dalam Pameran The Poetic Effect di Nadi Gallery

BERIKUTNYA

Olahraga Diving Makin Populer di Tanah Air, Bagaimana Implementasinya di Lapangan?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: