Ilustrasi lembar jawaban. (Sumber foto: Unsplash/Nguyen Dang Hoang Nhu)

Jadwal Pengumuman & Cara Unduh Sertifikat UTBK-SNBT 2024

24 May 2024   |   10:06 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer gelombang 2 telah usai pada 20 Mei 2024. Dengan begitu, kegiatan tersebut telah selesai secara keseluruhan. Kini peserta bisa sedikit bernapas lega sambil menunggu hasil tes masuk perguruan tiinggi nasional di dalam negeri pilihan mereka.

Genhype yang telah mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) gelombang 1 dan 2 perlu bersiap-siap. Berdasarkan laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi (Kemendibudristek), penyelenggara akan mengumumkan hasil ujian pada 13 Juni 2024.

Hasil pengumuman dapat diakses mulai pukul 15.00 WIB melalui laman Kemendikbudristek. Setelah itu, kalian dapat mengunduh sertifikat UTBK dari 17 Juni sampai 31 Juli 2024. Jadwal pengunduhannya akan dimulai pada pukul 15.00 WIB.

Untuk mendapatkan sertifikat UTBK, Genhype dapat mengakses laman yang sama dengan pengumuman. Setelah itu, kalian dapat mengakses link setiap perguruan tinggi negeri yang tertera dalamnya.

Setelah diklik, kalian akan diarahkan ke laman lain. Kalian perlu memasukkan nomor pendaftaran, yakni berupa nomor registrasi yang berada dalam kartu SNBT. Setelah itu, kalian juga harus memasukkan tanggal lahir, lalu klik hasil seleksi.

Untuk diketahui, pada saat ini, ada beberapa jalur penerimaan di perguruan tinggi negeri. Pertama adalah jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP). Kedua, seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT). Terakhir adalah jalur mandiri yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi negeri.

Sementara itu, ruang lingkup penerimaan mahasiswa jalur SNBP dan SNBT terdiri dari 3 program, yaitu diploma 2, diploma 4 atau sarjana terapan, dan sarjana. Kemudian, peserta SNBT hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali. Hasilnya hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024.

Sementara itu, SNBT 2024 dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan khusus yang ditetapkan oleh PTN yang dituju.

Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mengikuti UTBK-SNBT 2024.

Adapun, siswa yang lulus seleksi Jalur SNBP 2024 juga tidak dapat mengikuti seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun. Selain itu, peserta yang lulus melalui Jalur SNBT 2024 dan telah melakukan daftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju juga tidak dapat diterima terhadap seleksi jalur mandiri di PTN manapun.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Siap Diluncurkan, Ini Spesifikasi Hyundai All New Kona Electric

BERIKUTNYA

Merebak di Singapura, Cek Gejala Varian Covid-19 KP.1 & KP.2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: