Sate Lilit. (Sumber foto: Wikimedia Commons)

Ada Ayam Betutu Hingga Es Daluman, Cek 5 Kuliner Khas Bali yang Tidak Boleh Dilewatkan

19 May 2024   |   10:51 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain keindahan alam dan budayanya, Bali yang kerap menjadi destinasi wisatawan dari dalam dan luar negeri juga terkenal dengan kulinernya. Berbagai macam makanan khas dari daerah yang kerap disebut Pulau Dewata itu menjadi daya tarik tersendiri.

Saat berwisata ke Bali menikmati berbagai macam pemandangan alam yang mempesona dan budayanya yang begitu kaya, Genhype harus menikmati berbagai jenis makanan khas Bali. Selain memiliki rasa yang nikmat, kuliner dari tempat ini juga mempunyai rasa yang sulit ditemukan di daerah lainnya.

Baca juga: Rekomendasi 4 Hotel Unik di Bali yang Menyatu dengan Alam

Di Pulau Dewata, para peracik makanan mengolah bahan makanan dengan begitu telaten, menggunakan berbagai rempah, dan beragam cara – seperti dibakar, dipanggang, dan sebagainya. Tidak hanya itu, mereka juga kerap menggunakan resep turun-temurun yang telah terbukti memiliki rasa nikmat sejak lama.

Makanan dari Bali itu juga dibuat dengan sepenuh hati lantaran memiliki berbagai filosofi di balik penyajiannya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut makanan khas Pulau Dewata yang wajib kalian nikmati:


1. Ayam Betutu

Ayam Betutu merupakan salah satu kuliner khas Bali yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan dari dalam dan luar negeri. Olahan ayam ini selalu menjadi incaran bagi siapa saja yang datang ke Pulau Dewata.

Cara pembuatan ayam betutu menjadikannya memiliki rasa yang khas dan nikmat. Sebelum diolah, para pembuat kuliner ini memberikan rempah-rempah dan bumbu khas bali. Setelah itu, mereka membungkusnya dengan daun pisang dan daun kelapa kering.

Ayam yang sudah terbungkus dipanggang atau diresbus dalam waktu tertentu. Proses pengolahan ini membuat rasa dan wangi rempah-rempah meresap ke dalam daging selain membuatnya lebih empuk. Tidak hanya itu, wangi dari daun pisang dan daun kelapa juga memberikan sensasi sendiri.


2. Sate Lilit

Makanan khas dari Bali lainnya yang tidak boleh dilewatkan oleh Genhype adalah Sate Lilit. Berbeda dengan banyak sate di Indonesia, sate lilit merupakan daging cincang yang telah dicampur dengan berbagai bumbu rempah.

Setelah itu, daging dikepal di batang serai. Lalu, para pembuatnya membakar atau memanggangnya di atas bara api seperti memasak sate pada umumnya. Serai yang menjadi batangnya dan berbagai bumbu rempah yang bercampur dalam daging cincang memberikannya rasa yang unik dan nikmati untuk disantap.


3. Serombotan

Genhype pencinta sayur-sayuran dapat menikmati hidangan khas Bali yang bernama Serombotan. Kuliner khas daerah Klungkung ini terdiri dari sayur-sayuran seperti kangkung, kacang panjang, tauge, terung dan kelapa parut panggang yang disiram dengan bumbu kacang khas dari Bali. Rasa bumbu kacang yang segar dengan sedikit sentuhan kencur dan terasi itu sangat serasi dengan sayuran segar.


4. Tum Ayam

Makanan kuliner lainnya dengan bahan baku ayam yang tidak boleh dilewatkan adalah Tum Ayam. Kekhasan dari Tum Ayam adalah daging ayam yang menjadi bahan utama dicincang. Setelah itu, daging dicampur dengan berbagai rempah. Kemudian, para pembuatnya membungkus bahan tersebut dengan daun pisang dan mengukusnya hingga matang.


5. Es Daluman

Selesai bersantap dengan berbagai makanan yang nikmat, kalian bisa menutup jelajah kuliner di Bali denganes daluman. Seperti minuman berbahan cincau pada umumnya, es daluman disajikan dengan santan segar, gula merah, sirup dan serutan es. Tak hanya menyegarkan, es daluman dapat mengatasi panas dalam dan melancarkan pencernaan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Resident Playbook, Spin-off Hospital Playlist Batal Tayang Tahun Ini

BERIKUTNYA

Menghidupkan Pariwisata Indonesia Melalui International Dance Competition Line Dance

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: