Ilustrasi bermain mobile game. (Sumber foto: Pexels/Tima Miroshnichenko)

PPSSPP Kini Hadir di App Store, Cek Perangkat Apple yang Kompatibel

17 May 2024   |   20:40 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi pengguna iOS. Apple baru saja menghadirkan PPSSPP, emulator gim PlayStation Portable yang bisa kamu unduh di App Store. Adapun aplikasi ini telah dikembangkan selama hampir 12 tahun dan sebelumnya telah tersedia di Android, Windows, hingga Linux.

Diketahui Apple pada April lalu mengubah pedomannya untuk mengizinkan banyak aplikasi di App Store pasca Komisi Eropa melayangkan denda sebesar US$2 miliar karena tindakan anti-persaingan terhadap layanan streaming musik. Selain memperbarui aturan streaming musiknya, Apple juga menambahkan film dari aplikasi emulator gim.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Toko Gim Mobile Juli 2024, Siap Jadi Pesaing Apple & Google

Henrik Rydgard, pengembang PPSSPP pun mengumumkan aplikasinya kini hadir di App Store. “Setelah hampir 12 tahun, PPSSPP akhirnya disetujui untuk iOS App Store! Terima kasih kepada Apple karena telah melonggarkan kebijakan mereka, mengizinkan emulator konsol game retro di store,” ujarnya dalam postingan blog, dikutip Hypeabis.id dari End Gadget. 

Kendati demikian, meskipun Apple kini mengizinkan emulator gim di App Store, iOS masih memiliki beberapa batasan teknis untuk jenis aplikasi ini. Misalnya, aplikasi pihak ketiga tidak memiliki dukungan untuk kompilasi JIT (Just-In-Time), yang menerjemahkan kode ulang untuk OS, sehingga memengaruhi kinerja emulasi untuk beberapa gim. 

Untungnya, perangkat iOS menurut Rygard secara umum cukup cepat untuk memainkan hampir semua gim PSP. Selain itu, Rydgard mengatakan dukungan iPad Magic Keyboard APII harus dihapus karena metode lama menggunakan antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang tidak berdokumen, tetapi fitur tersebut akan kembali. 

Fitur Retro Achievements pada emulator juga dinonaktifkan. Rydgard tidak menjelaskan alasannya tetapi mengatakan itu akan kembali lagi nanti dengan login UI yang lebih baik. Hal yang sama berlaku untuk dukungan API grafis Vulkan, yang menurutnya juga akan hadir kembali mungkin dengan backend Metal asli.

Adapun PPSSPP berfungsi di perangkat Apple berbasis iOS 12 dan lebih baru, iPadOS 12 dan lebih baru, dan juga dapat dimainkan di Vision Pro. Meskipun aplikasinya gratis, ada pula versi berbayar seharga US$4,99.

Dengan mengunduh aplikasi yang dikembangkan Rydgard ini, kamu bisa memainkan Valkyria Chronicles II, Patapon, Final Fantasy Tactics: The War of the Lions, Crisis Core: Final Fantasy VII, hingga Lumines. Tentu saja, sebagian besar game tersebut dirilis di konsol lain.

Selain PPSSPP, emulator gim lain yang hadir di iOS yakni RetroArch dan Gamma. Adapun Gamma merupakan emulator untuk gim PlayStation 1 sementara RetroArch hadir pula di konsol Nintendo, termasuk N64, SNES, Game Boy, dan Nintendo DS.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Trailer Perdana It Ends with Us Dirilis, Momen Comeback Blake Lively

BERIKUTNYA

Waralaba Film Horor Insidious Bakal Kedatangan Judul Baru, Dijadwalkan Tayang 2025

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: