Panipuri. (Sumber foto: Pexels/ Shahbaz Ansari)

7 Rekomendasi Street Food Populer India yang Wajib Dicoba

11 May 2024   |   11:31 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

India memiliki kuliner yang kaya akan ragam bahan dan cita rasa. Kaya akan rempah serta bumbu bercita rasa otentik, penyajian beberapa makanan dari Negeri Taj Mahal ini juga terbilang menarik dan viral di media sosial dalam beberapa waktu terakhir. 

Jika kamu berkunjung ke India, kamu akan mudah menemukan street food atau jajanan yang dijajakan di pinggir jalan. Mayoritas memiliki cita rasa pedas dengan taburan garam masala, bubuk yang berasal dari racikan rempah. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Street Food di Jakarta, Pas untuk Menemani Akhir Pekan

Tidak sedikit pula jajanan manis seperti Ladoo atau segar seperti Kulfi yang bisa kamu temukan di sana. Nah, buat kamu yang berencana ke India, berikut rekomendasi street food yang wajib dicoba.  


1. Chaat

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ISHANT (@foodi_ish)


Jajanan populer yang selalu ada di setiap sudut India ini terbuat dari buncis dan kentang yang dibumbui rempah-rempah khas India, termasuk bawang merah mentah. Olahan ini diletakkan ke dalam wadah seperti roti goreng. Chaat memiliki rasa manis, asin, renyah, pedas, dan gurih.


2. Pani Puri

 

Dikenal sebagai salah satu jajanan khas India paling populer di internet, pani puri merupakan roti renyah sebesar bola pingpong yang digoreng, kemudian diisi dengan kacang-kacangan atau kentang tumbuk. Untuk memakannya kalian bisa mencelupkan roti ke campuran saus pedas dan asam. 


3. Jalebi 

 

Jalebi merupakan hidangan manis berbentuk spiral yang digoreng dalam minyak panas. Bentuknya mirip kerupuk mie di Indonesia. Pembuat jalebi biasanya membungkus adonan dengan kain dan melalui lubang kecil di kain itu, lalu memasukkannya ke dalam minyak mendidih, membuat desain melalui proses penuangan. Setelah digoreng, Jalebi direndam ke dalam sirup gula sampai mengkristal


4. Ladoo

 

Manisan India berbentuk bulat ini terbuat dari campuran susu, tepung, minyak, gula, kacang mete, dan mentega. Kemudian adonan ini dibentuk bulat lalu dipanggang.


5. Kulfi

Disebut es krim tradisional India, kulfi terbuat dari susu, kacang pistachio, saffron, dan bubuk almond. Es krim ini menjadi penyegar di tengah panasnya cuaca India. Tersedia juga dalam berbagai rasa mulai dari kunyit dan mangga hingga vanilla dan mawar.


6. Lassi

Bahan utama minuman tradisional asal India ini adalah yoghurt. Yoghurt diblender bersama dengan garam, air, merica, dan rempah-rempah lainnya. Biasanya minuman ini disajikan bersama dengan es. Selain rasa original, Lassi di India juga tersedia dalam berbagai rasa. Bisa dicampur dengan buah-buahan yang membuat rasanya lebih segar.


7. Chole Bhature

 

Jajanan kaki lima khas Punjabi ini juga dikenal sebagai chana bhatura, terdiri dari buncis dalam saus pedas yang disajikan dengan roti goreng kembung mirip dengan pani puri. Hidangan sederhana ini sering dinikmati untuk sarapan pagi, sebagai jajanan kaki lima, atau hidangan lengkap yang ditemani bawang bombay, acar sayuran, atau chutney.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Laptop Gaming Cocok Buat Multitasking, Bisa Apa Saja?

BERIKUTNYA

4 Vitamin & Mineral Yang Meningkatkan Trombosit Secara Alami

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: