Salt Bread (Sumber foto: Pexels/Skyler Ewing)

Resep Salt Bread ala Korea yang Lagi Viral, Gurih dan Bikin Nagih

11 May 2024   |   09:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Tren kuliner terbaru dari Korea Selatan, yaitu salt bread atau roti garam, sedang menarik perhatian di Indonesia akhir-akhir ini. Setelah suksesnya cromboloni, kini giliran salt bread yang menjadi buah bibir di dunia per-rotian Tanah Air. Viralnya salt bread di Indonesia juga semakin diperkuat dengan popularitas Hallyu.

Kalau Genhype penggemar K-pop mungkin sering melihat di mana banyak idol K-pop tengah menikmati salt bread. Melihat hal tersebut, banyak toko roti di Indonesia pun mulai menjual salt bread ala Korea. Bagi Genhype yang ingin mencicipi salt bread, kalian tak perlu mengantri atau pergi jauh karena kalian bisa membuatnya sendiri di rumah.

Baca juga: Resep Egg Sando Kaya Protein Kreasi Olivia MasterChef Indonesia, Cocok untuk Sarapan

Berbekal resep dari Endeus.tv, kini siapa pun bisa mencoba membuat salt bread di rumah dengan mudah. Dengan bahan dan langkap pembuatan yang cukup sederhana, membuat salt bread sendiri bisa menjadi pilihan bagi kalian pecinta kuliner.

Selain menghemat waktu dan tenaga, membuat salt bread di rumah juga memberikan kepuasan tersendiri dan tentunya dapat disesuaikan dengan selera kalian masing-masing. Penasaran dengan resepnya? Simak artikel berikut.


Resep Salt Bread ala Korea

 
 

Bahan-bahan yang dibutuhkan 

1. Adonan roti

  • 400 gr tepung terigu protein tinggi
  • 100 gr tepung terigu protein rendah
  • 30 gr gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt ragi instan
  • 30 g susu skim bubuk
  • 330 ml air dingin
  • 30 gr mentega tawar 

2. Isi roti

  • 200 gr mentega tawar yang dipotong menjadi persegi panjang atau sesuai selera
  • Air 
  • Sea salt atau garam kasar
  • Mentega tawar cair


Cara membuat

  1. Pertama, masukkan semmua bahan adonan roti seperti tepung terigu, gula pasir, garam, ragi instan, dan susu skim bubuk sesuai takaran ke dalam mangkuk mixer. Aduk rata adonan tersebut menggunakan pengaduk tori hingga semua bahan adonan tercampur dengan rata. Selagi adonan sedang diaduk, tambahkan air dingin secara bertahap kemudian lanjut untuk mengaduk adonan. 
  2. Setelah itu, naikkan kecepatan mixer kemudian tambahkan mentega tawar dan aduk lagi hingga bahan menjadi kalis dan tidak lengket. 
  3. Jika semua bahan sudah tercampur rata dan membentuk sebuah adonan, bentuk adonan tersebut menjadi bulat lalu pindahkan ke dalam wadah lain kemudian tutup adonan yang ada di dalam wadah menggunakan plastic wrap lalu diamkan selama 60 menit hingga bentuk adonan menjadi mengembang bulat sempurna. 
  4. Jika sudah di diamnkan, kalian bisa kempiskan adonan dengan cara ditekan-tekan menggunakan kepalan tangan. Pastikan menekannya dengan halus agar adonan tidak hancur. Lalu bulatkan adonan dan timbang hingga berat adonan tersebut menjadi 70 gram. Jika kalian sudah membulatkan semua adonan, diamkan lagi adonan tersebut selama 60 menit hingga mengembang. 
  5. Ketika sudah di diamkan selama 60 menit, bentuk adonan menjadi kerucut lalu gilas dengan rolling pin kemudian taruh mentega tawar yang sudah dipotong menjadi bentuk persegi panjang di bagian adonan yang lebar. Gulung adonan tersebut sambil ditutup bagian pinggirnya hingga membentuk gulungan roti.
  6. Setalah itu, letakkan adonan ke dalam loyang datar anti lengket dan diberi jarak agar tidak saling menempel. Diamkan adonan selama 30 menit hingga mengembang 2 kali lipat.
  7. Semprotkan air di setiap permukaan adonan, lalu taburi dengan sea salt atau garam kasar.
  8. Panggang adonan tersebut ke dalam oven dengan suhu 200 derajat Celcius selama 10 menit. Jika sudah dipanggang, keluarkan adonan lalu oleskan dengan mentega leleh dan sajikan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Bridesmaid Artis sampai Mahar Emas Puluhan Gram

BERIKUTNYA

Microsoft Luncurkan Toko Gim Mobile Juli 2024, Siap Jadi Pesaing Apple & Google

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: