Ilustrasi mie yamin. (Sumber gambar : Freepik)

Resep Mi Yamin ala Korea Pakai Bahan Seadanya

25 April 2024   |   08:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bandung memiliki ragam kuliner yang menggugah selera. Salah satunya mi yamin yang memliki tampilan hampir serupa dengan mi ayam. Warna cokelat pekat karena penggunaan campuran kecap manis saat meracik bumbunya, membuat tampilannya menjadi lebih menarik dbandingkan mi ayam.

Cocok bagi mereka yang tidak suka pedas, mi yamin memang memiliki rasa yang manis dan gurih. Mi yang memiliki tekstur tidak terlalu kenyal ini biasanya disajikan dengan potongan ayam yang dimasak dengan bumbu semur, sawi hijau rebus, irisan daun bawang, dan kerupuk pangsit. 

Buat kamu yang tidak suka mi menjadi lebar karena berkuah, tenang saja, karena mi yamin disajikan dengan kuah terpisah. Mi yamin Bandung bisa dikatakan sebagai kuliner yang selalu dirindukan Gina Selvina, pemilik channel YouTube Kimbab Family yang tinggal di Korea Selatan. 

Untuk mengatasi kerinduan akan kuliner ini, Gina pun membuat sendiri mi yamin Bandung. Tertarik mencoba? Ikuti resepnye berikut ini yuk. 


1. Minyak Ayam

Untuk membuat minyak ayam yang gurih, Gina menggunakan kulit ayam sebagai bahan utama. Kulit ayam yang dipotong kecil-kecil, ditumis bersama bawang merah yang sudah digeprek, dan bawang putih halus. 
Setelah semua bahan-bahan dimasak, saring minyak yang dihasilkan dan tempatkan ke wadah. Minyak yang dihasilkan ini akan dijadikan bumbu utama mi yamin.


2. Kuah Kaldu

Untuk membuat kuah kaldu, rebus 2 buah tulang paha ayam, bawang putih halus, dan jahe halus. Kuah ini nantinya akan ditambahkan bakso dan sawi hijau. Setelah bakso sudah cukup matang, masukkan sawi hijau.


3. Topping Ayam Kecap

Cincang kasar (chop) daging paha ayam dan tumis dengan bawang putih halus, saus tiram, kecap asin, bumbu penyedap, merica bubuk, dan kecap manis. Topping ayam kecap ini akan menjadi pelengkap yang lezat di atas mi yamin. “Karena bahan yang tersedia hanya paha ayam, jadinya topping-nya banyak kulit seperti mi ayam. Kalau pake dada akan lebih mirip yamin Bandung,” ungkap Gina.


4. Pangsit Goreng

Untuk isian pangsit, Mama Gina menggunakan daging ayam giling. Cara membuatnya, giling daging sampai teksturnya “puree” agar daging yang dihasilkan halus. Setelah itu campur dengan bumbu-bumbu lainnya, seperti bawang putih, jahe halus, minyak wijen, saos tiram, dan garam. 

Setelah isiannya jadi, masukkan ke kulit yang sudah disiapkan. Oleh karena di Korea tidak ada kulit pangsit seperti di Indonesia, Gina menggunakan kulit mandu khas Korea. Setelah semua bahan dimasukkan, lipat pangsit sesuai selera, lalu goreng hingga matang.


5. Sambal

Tidak lengkap rasanya makan mi yamin tanpa sambal. Gina lantas membuat sambal menggunakan cabai merah, bawang putih halus, garam, dan sedikit air. Rasa pedas akan membuat perpaduan rasa mi yang gurih menjadi lebih nikmat.


6. Mi

Oleh karena di Korea tidak tersedia bahan mi yang persis seperti di Indonesia, Gina memilih dua jenis mi sebagai pembanding. Pertama, ada mi ramyun basah khas Korea dan kedua adalah mi Thailand. Menurut Gina tekstur mi ramyun Korea agak kering, daripada mi basah telor buatan Indonesia. Untuk mi Thailand teksturnya agak mirip namun lebih tipis. Gina memutuskan untuk memakai mi Thailand karena teksturnya dinilai lebih mirip dengan mi yang ada di Indonesia.


7. Jus jeruk

Sebagai minuman pelengkap, Gina memilih untuk membuat es jeruk ala Korea. Jeruk yang digunakan adalah jeruk yang berasal dari pulau Jeju. Pembuatan menu ini cukup simpel, jeruk yang sudah disiapkan langsung diperas dan didinginkan di kulkas. 


Penyajian

Pertama, tuang minyak ayam yang sudah dibuat, tambahkan kecap asin, dan bumbu penyedap ke dalam mangkuk. Rebus mi selama beberapa menit kemudian tiriskan. Tambahkan topping ayam, bawang goreng, daun bawang, serta pangsit goreng yang sudah matang. Jangan lupa siapkan mangkuk kecil untuk kuah kaldu, bakso, dan sawi.

Baca juga: Resep Mie Gacoan Carbonara yang Viral di TikTok, Lezatnya Mi Pedas dengan Saus Creamy

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jadwal Pertandingan Indonesia vs Korea Selatan U-23, Pertaruhan Menuju Olimpiade Paris

BERIKUTNYA

Begini Loh Rasanya Menjajal OSIM uDream Pro, Kursi Pijat Para Sultan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: