Mooryati Soedibyo (sumber gambar: Mustika Ratu)

Kisah Mooryati Soedibyo Mendirikan Mustika Ratu, Bermula dari Garasi ke Penjuru Negeri

24 April 2024   |   12:05 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bicara mengenai bisnis perawatan kecantikan dan kosmetik di Indonesia, tidak lengkap rasanya tanpa menyebutkan Mustika Ratu. Perusahaan kecantikan lokal yang didirikan oleh Dr. BRA Mooryati Soedibyo sejak 1975 ini telah menjelma menjadi salah satu penyedia produk dan perawatan kecantikan terbesar di Indonesia. 

Di tengah munculnya brand-brand kosmetik yang mulai menjamur, produk dari Mustika Ratu masih menjadi pilihan perempuan Indonesia dan terus konsisten menggunakan bahan dari kekayaan alam dalam negeri. Tak hanya sukses di negeri sendiri, Mustika Ratu juga telah diakui dan diterima di pasar ekspor, sekaligus membawa tren kosmetik halal ke berbagai penjuru dunia. 

Namun siapa sangka, di balik kesuksesannya tersebut, sang pendiri Mooryati Soedibyo memulai bisnis Mustika Ratu dari garasi rumahnya.yang diawali dengan dengan memproduksi jamu dan kosmetik dari bahan alami. 

Baca juga: Obituari Sang Empu Jamu Mooryati Soedibyo

Wanita kelahiran Solo, 5 Januari 1928 ini merintis Mustika Ratu dengan mengembangkan resep yang diwarisinya sebagai keturunan keluarga Keraton Jawa. Dia meyakini manfaat kekayaan alam dan budaya Indonesia akan sangat baik untuk perawatan tubuh dan kecantikan, sehingga Mustika Ratu pun menjadi pelopor sekaligus pelestari budaya perawatan kecantikan Indonesia.

Tepat pada 14 Maret 1978, PT Mustika Ratu mulai menjalankan bisnis secara komersial dan mendapatkan reputasi yang baik sebagai pengembang produk kecantikan dan jamu kesehatan tradisional. Produk yang dihasilkannya pun telah didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia mulai dari Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, dan Medan
.
Dalam perkembangannya, produk Mustika Ratu terus mendapatkan tempat di hati para wanita Indonesia. Permintaan konsumen pun terus meningkat sehingga pada 1980-an, perusahaan mulai mengembangkan bermacam jenis kosmetik tradisional. Pada 1981, perusahaan resmi membangun dan mengoperasikan pabrik kosmetik untuk memenuhi kebutuhan konsumen.  
 

Tekad Mooryati dalam mengembangkan bisnis kosmetiknya kian menguat. Dia memiliki visi untuk menjadikan Mustika Ratu sebagai perusahaan kosmetik dan jamu alami yang dikembangkan melalui teknologi tinggi dan terbaik, sehingga menghasilkan rangkaian produk modern yang bersumber dari kekayaan alam Indonesia.

Mustika Ratu terus menjelma menjadi perusahaan kosmetik ternama di Indonesia, hingga akhirnya pada 1995, perusahaan membuat penawaran publik dan merekam sahamnya di PT. Bursa Efek Jakarta sekaligus untuk memperkuat struktur kapitalisasi bisnis. Perusahaan tercatat dengan kode saham MRAT.

Perusahaan juga mulai menerapkan standar internasional ISO 9002 dalam sistem manajemen mutu dan ISO 14001 dalam sistem manajemen lingkungan sejak 1996. Mereka juga terus beradaptasi dengan perkembangan tren kosmetik dan kecantikan di Indonesia. 

Pada 2000, perseroan memperluas distribusi produk dan franchise spa hingga ke negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur. Mustika Ratu terus melebarkan pasar penjualan dengan merambah negara-negara seperti Kanada, Amerika Serikat, China, dan sebagainya. Hingga kini, produk Mustika Ratu telah diekspor ke lebih dari 40 negara di dunia.

Begitu pula dengan produk yang dihasilkan Mustika Ratu juga terus berkembang dengan berbagai brand baik consumer goods maupun wellness & spa yang dapat digunakan mulai dari balita, remaja, sampai dewasa baik dari kelas super hingga premium. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Film Horor Malam Pencabut Nyawa Tayang di Bioskop 22 Mei 2024

BERIKUTNYA

Obituari Sang Empu Jamu Mooryati Soedibyo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: