Natasha Rizky. (Sumber gambar: Natasha Rizky/Instagram)

Isi Puisi Ruang Hijau Karangan Natasha Rizky yang Dibacakan Desta

09 April 2024   |   16:21 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Nama artis Natasha Rizky dan Deddy Mahendra Desta mendadak viral di jagat maya. Mereka menjadi perbincangan publik di media sosial setelah keduanya bertemu di acara siniar (podcast) di kanal YouTube Vindes yang tayang pada Senin 8 April 2024.

Acara itu menjadi momentum keduanya tampil bersama ke publik untuk pertama kali sejak memutuskan untuk bercerai pada Juni 2023 lalu. Dalam acara podcast hampir satu jam itu, baik Natasha Rizky maupun Desta, saling menceritakan kondisi kehidupan mereka setelah bercerai atau yang dikenal dengan istilah life after breakup.

Selain itu, Aca, begitu sapaan akrab Natasha Rizky, juga mempromosikan buku ketiganya berjudul Kamu Tidak Istimewa dalam acara yang dipandu oleh Vincent Rompies dan Desta itu. Tak ayal, jika pertemuan mereka dalam acara yang sama itu menuai perhatian publik dan menjadi perbincangan di media sosial.

Baca juga: Hampir 30 Tahun Bersahabat, Intip 5 Momen Kompak Vincent dan Desta

Bahkan, dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, tayangan podcast tersebut telah ditonton hampir 3 juta penonton hingga menjadi trending nomor 1 di YouTube. Sementara di media sosial, nama Natasha Rizky dan Desta masih menjadi trending topic di X (dulu Twitter) sampai saat ini.

Di platform X, banyak warganet yang mengaku ikut terharu dan terbawa perasaan alias baper menyimak kisah percintaan antara Aca dan Desta. Tak sedikit dari mereka juga yang mendoakan agar keduanya bisa bersatu kembali menjadi keluarga yang utuh.
 


Sepanjang tayangan podcast tersebut, ada satu momen yang menjadi sorotan warganet, yakni ketika Desta membacakan salah satu puisi dari buku Kamu Tidak Istimewa karangan Aca. Puisi tersebut berjudul Ruang Hijau. Banyak yang menduga bahwa puisi tersebut ditulis Aca merujuk pada pengalamannya ketika menghadiri sidang perceraiannya bersama Desta.

Frasa "Ruang Hijau" yang ditulis sebagai judul puisi tersebut diduga mengacu pada istilah meja hijau alias pengadilan agama. Seperti diketahui, pengadilan agama adalah lembaga yang memberikan layanan hukum untuk menyelesaikan sejumlah perkara, salah satunya perceraian.

Namun, puisi tersebut sebenarnya memiliki pemaknaan yang lebih luas. Sebagai penulis, Aca mengatakan poin utama puisi Ruang Hijau adalah semacam refleksi bahwa terkadang manusia terlalu berharap dengan orang yang mereka cintai, sampai akhirnya kecewa dengan orang tersebut. "Tapi itu maksudnya general ya," katanya dikutip dari tayangan podcast Vindes.

Berikut adalah isi puisi Ruang Hijau.

Ruang Hijau
Aku masih ingat betul
Pukul 10.00 pagi memasuki ruang hijau
Menduduki kursi yang membuat kedinginan
Di depannya ada meja kecil untuk bertumpu
Beban-beban yang sebenarnya angkat tangan

Jari-jariku melipat-lipat dan menekan-nekan
Keringat halus berjatuhan
tetapi seperti enggan untuk tampil
Malu karena tak ingin terlihat hancur

Lalu di hadapannya, ada beberapa sosok analisis
Entah itu kontradiksi, tetapi hatiku hendak berangkat
Belum lagi air mata meringis kecil kesakitan
Disangka kering, ternyata tidak kokoh bendungannya

Aku melihat ke arahnya dengan pelipis mataku
Ampun, ini di dalamnya berdarah-darah
Hampir mati
Dia terlihat biasa saja, ringan
Tubuhku gontai terambau cedera yang jelas

Tadinya aku masih berharap
Dia yang akan membangun narasi perjuangan
Namun, kenyataannya...
Aku hanya memanjangkan angan-angan.


Kamu Tidak Istimewa adalah buku ketiga yang ditulis oleh Natasha Rizky, setelah Catatan Kronik (2022) dan Katanya Nikah Mudah (2018). Natasha Rizky Pradita atau yang karib disapa Aca adalah aktris sekaligus model kelahiran 23 November 1993. Dia memulai kariernya di bidang model dengan meraih juara kedua pada pemilihan Gadis Sampul 2008.
 



Perempuan kelahiran Padang ini debut sebagai aktris dengan membintangi sinetron Cinta Cenat Cenut yang tayang di Trans TV tahun 2011. Sejak saat itu, dia pun mulai mengembangkan kariernya dengan mengikuti beberapa casting, dan telah membintangi sejumlah film layar lebar, film televisi, sinetron, bintang iklan dan model video klip.

Beberapa film yang pernah dibintangi Aca diantaranya Layla Majnun (2021), Pretty Boys (2019), Assalamualaikum Calon Imam (2018), Jomblo: Sebuah Komedi Cinta (2017), Hijab (2015), dan Radio Galau FM (2012).

Namun, sejak menikah, Aca lebih fokus untuk menjadi ibu dan menggeluti dunia bisnis. Selain itu, dia juga lebih memilih aktif menjadi penulis. Menukil dari situs Gramedia, Aca menuliskan bahwa kecintaanya pada dunia menulis dimulai sejak duduk di bangku SMP. Dia gemar mengeksplorasi diksi-diksi untuk dituangkan ke dalam tulisan.

Baginya, menulis adalah sebuah kejujuran batin yang tak tertahankan. Kecintaannya terhadap dunia tulis-menulis pun mendorongnya membuat sebuah media dan wadah literasi di media sosial yang diberi nama @DiksiAca. Kurang lebih 3 tahun sejak 2019, @diksiAca terus berkembang untuk menjadi wadah bagi #TemanDiksiAca yang ingin mementaskan karya-karyanya. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Dibawa Laksamana Cheng Ho, Simak Asal Usul Bedug yang Dipakai Saat Takbiran

BERIKUTNYA

Cek Destinasi Muslim Friendly di Korea Selatan, Itaewon sampai Gangnam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: