Kereta Cepat rute Jakarta - Bandung (Sumber gambar: PT KCIC)

Begini Cara Mengubah Jadwal dan Membatalkan Tiket Kereta Cepat Whoosh

06 April 2024   |   15:57 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype yang hendak melakukan pembatalan tiket dan perubahan jadwal keberangkatan kereta cepat Whoosh tidak perlu khawatir lagi karena PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebagai operator telah meluncurkan layanan pembatalan tiket dan perubahan jadwal secara daring melalui aplikasi Whoosh dan website perusahaan.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan bahwa Layanan pembatalan tiket dan perubahan jadwal keberangkatan hanya dapat dilakukan oleh Genhype untuk tiket yang dibeli melalui aplikasi Whoosh dan website ticket.kcic.co.id. Kemudian, proses pembatalan dan perubahan jadwal daring ini dapat dilakukan selambatnya 2 jam sebelum jadwal keberangkatan melalui akun pemesan. 

Baca juga: 924 Perjalanan Kereta Api Disiapkan Untuk Libur Panjang Akhir Pekan Ini

Proses pembetulan atau perubahan jadwal melalui daring merupakan salah satu langkah untuk mempermudah layanan bagu penumpang. “Sesuai komitmen yang selalu kami pegang, pegembangan dan peningkatan pelayanan akan terus kami lakukan. Pembatalan dan perubahan jadwal online ini membuat penumpang bisa lebih fleksibel dan lebih mudah dalam melakukan perjalanan,” ujarnya.

Sebelumnya, Genhype hanya bisa melakukan pembatalan dan perubahan jadwal di loket stasiun. Dengan adanya opsi pembatalan dan perubahan jadwal secara daring, kalian dapat lebih fleksibel dalam menentukan pilihan perjalanan.

Untuk memanfaatkan layanan pembatalan dan perubahan jadwal, kalian harus memperbarui  aplikasi Whoosh. Kemudian kalian juga harus mendaftarkan nomor rekening yang akan menerima uang pembatalan di menu Akun.

Pada menu kotak masuk, tab Lunas, pilih tiket yang akan dibatalkan atau jadwalnya diubah. Lalu, kalian dapat mengeklik tombol Change untuk mengubah jadwal atau Cancel untuk membatalkan tiket.

Eva menuturkan bahwa uang pembatalan akan ditransfer paling lambat 15 hari sejak tanggal pengajuan sebesar 75 persen di luar bea pesan ke rekening yang didaftarkan.

Untuk perubahan jadwal, penumpang akan diarahkan untuk membeli tiket baru terlebih dahulu dan uang tiket atas perubahan jadwal akan  akan ditransfer paling cepat pada hari yang sama sebesar 75 persen di luar bea pesan ke rekening yang didaftarkan.

Genhype baru dapat melakukan pembatalan dan perubahan jadwal secara daring untuk tiket yang dibeli melalui saluran daring resmi dari KCIC. Sementara itu, penumpang yang membeli tiket dari saluran lain seperti loket, tiket vending machine, dan aplikasi penjualan tiket yang sudah bekerjasama dengan KCIC dapat melakukan pembatalan dan perubahan jadwal melalui loket stasiun.

“KCIC terus mendengarkan seluruh masukan penumpang guna menyempurnakan layanan Whoosh secara keseluruhan. Hadirnya alternatif pembatalan dan perubahan jadwal secara online ini akan semakin mempermudah penumpang untuk mengakses layanan Whoosh,” ujarnya. 

Untuk diketahui, KCIC selaku operator Whoosh melakukan penambahan jadwal perjalanan harian Whoosh lebih banyak 30 persen pada masa angkutan lebaran 2024, yakni dari 3 sampai 18 April 2024. 

Pada periode tersebut KCIC akan mengoperasikan sebanyak 40 perjalanan Whoosh reguler dan 12 perjalanan tambahan. Dengan begitu, total terdapat  52 perjalanan per hari mulai  5 April 2024.

Penambahan jadwal perjalanan itu membuat headway Whoosh pada jam sibuk mencapai hingga 25 menit. Moda transportasi berbasis rel ini beroperasi mulai dari 06.40 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Halim – Tegalluar dan pukul 05.50 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Tegalluar – Halim. 

“Hal ini membuat para penumpang bisa memiliki lebih banyak opsi untuk memilih jadwal perjalanan yang sesuai dengan kebutuhannya,” ujarnya.

Dia menambahkan, Peningkatan jumlah perjalanan ini merupakan antisipasi KCIC terhadap potensi lonjakan penumpang yang kerap terjadi seperti pada periode libur panjang sebelumnya. 

Baca juga: Jumlah Perjalanan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Ditambah Selama Libur Lebaran

Penambahan jadwal perjalanan Whoosh juga diimbangi dengan penambahan jadwal perjalanan Kereta Feeder oleh KAI menuju Bandung dan Cimahi. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Yuk Cek Lagi Jadwal Libur Nasional & Cuti Bersama Lebaran 2024

BERIKUTNYA

Lebaran di Jakarta? Beragam Acara di Ancol Dapat Menjadi Pilihan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: