San Marino (Sumber foto: Instagram/visitsanmarino)

5 Fakta Menarik San Marino, Negara Terkecil yang Kini Jadi Situs Warisan UNESCO

05 April 2024   |   06:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

San Marino merupakan permata unik di antara negara-negara yang ada di dunia. Berada di tengah-tengah keindahan alam Italia, negara ini dipenuhi dengan warisan sejarah yang kaya dan telah bertahan selama berabad-abad. Sebagai negara berdaulat dan republik konstitusional tertua di dunia, San Marino masih eksis hingga kini.

Meskipun ukurannya kecil, San Marino menawarkan keindahan yang dimilikinya. Dari pemandangan indah di puncak gunung hingga jalan-jalan bersejarah, setiap sudut negara yang luar biasa ini menyimpan cerita tentang keberanian dan pesonanya di dunia internasional.

Baca juga: 4 Pegunungan Berwarna Paling Cantik di Dunia, Salah Satunya Punya 14 Rona

San Marino memiliki berbagai cerita menarik di setiap sudutnya. Penasaran apa saja? Simak artikel berikut ini. 

 
 

1. Negara terkecil

Dilansir melalui culture trip, secara geografisnya San Marino memiliki luas 23,6 mil persegi atau 61 kilometer persegi sehingga menjadikan negara tersebut menjadi negara terkecil kelima di dunia, setelah negara kepulauan Tuvalu, Nauru, Monako, Vatikan. Selain itu, populasi penduduk di San Marino juga diperkirakan hanya 33.559 jiwa. 
 

2. Republik tertua

Dilansir melalui QuestionPro, San Marino merupakan salah satu republik terkecil dan tertua di dunia yang terletak di puncak Pegunungan Apennine di Italia bagian tengah. Sejarah San Marino bermula pada abad ke-4 Masehi, ketika seorang tukang batu mendirikan republik ini karena terinspirasi dari Santo Marinus.

Negara ini merupakan salah satu negara tertua di dunia dan hingga saat ini tetap menjadi negara yang independen dan berdaulat. Hingga kini, Republik San Marino masih kental akan sejarah dan warisan dengan menara dan benteng kuno, serta bendera yang berwarna-warni.
 

3. Situs Warisan Dunia UNESCO

 

Dilansir melalui San Marino Aircraft Registry, pada 7 Juli 2008, pusat-pusat sejarah San Marino dan Borgo Maggiore serta Gunung Titano masuk dalam daftar warisan dunia oleh UNESCO. San Marino adalah negara kecil yang dikelilingi oleh Italia bagian tengah utara dan memiliki banyak gunung-gunung. Sebagai salah satu republik tertua di dunia, negara ini masih mempertahankan banyak arsitektur bersejarahnya. 
 

4. Lebih banyak kendaraan daripada manusia

Fakta menarik lainnya tentang San Marino adalah bahwa negara ini memiliki lebih banyak mobil daripada jumlah penduduknya. Rata-rata terdapat 1,6 mobil untuk setiap orang (tidak termasuk anak-anak). Untuk perbandingan, Amerika Serikat memiliki 0,87 kendaraan per orang.
 

5. Tidak ada bandara komersial

Dilansir melalui Explorial, San Marino tidak memiliki bandara komersial sendiri sehingga negara ini bergantung pada bandara-bandara yang tersebar di Italia untuk melakukan perjalanan udara. Salah satunya yang terdekat adalah Rimini Fellini Airport yang berjarak 16,8 kilometer, atau Florence Airport yang berjarak 101 kilometer.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

6 Kiat Memperbaiki Pola Tidur Setelah Bulan Puasa

BERIKUTNYA

Profil Jairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Disebut Bakal Dinaturalisasi Timnas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: