Game Assetto Corsa Competizione (Sumber: Assetto Corsa)

Rekomendasi Game Racing Simulator dengan Fitur Realistis

29 March 2024   |   17:30 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Esports merupakan salah satu industri yang paling menguntungkan, tidak hanya bagi pebisnis, tapi juga untuk pemain profesional. Menurut Fortune Business Insights, ukuran pasar esports global berkembarng tumbuh sebesar US$1,72 miliar pada 2023, dan diproyeksikan mencapai US$2,06 miliar pada 2024. 

Tentu dengan pasar sebesar ini, banyak perusahaan ingin mencoba peruntungan mereka. Salah satunya adalah tim dan agensi balap profesional, yang melihat esport racing atau sim racing, sebagai gebrakan besar berikutnya.

Untuk mencari bakat-bakat potensial, mereka membuat program seperti GT Academy, sebuah kompetisi virtual-to-reality internasional yang diselenggarakan oleh Nissan, PlayStation dan Polyphony Digital. Kompetisi ini menawarkan para pembalap esports terbaik di dunia untuk menjadi pengemudi mobil balap profesional di kehidupan nyata.

Namun untuk menjadi sim racer yang baik, para pemula harus mempelajari mekanisme dan kemampuan lain yang dimiliki pembalap proffesional serta berlatih dengan gigih. Untungnya game-game ini memiliki fitur seperti racing line, slipstreaming, konfigurasi rangka mobil, dan fitur lain yang dapat medukung adaptasi dari Sim Racing ke balap sesungguhnya terasa mulus.

Bagi Genhype yang tertarik untuk memulai karier sebagai sim racer, 3 rekomendasi game racing simulator dengan fitur realistis:


1. Gran Tourismo 7 (2022)


Dikenal sebagai salah satu serial game balap paling populer, Gran Tourismo 7 menawarkan berbagai fitur yang membuatnya cocok untuk para pemain yang baru ingin mempelajari dunia sim racing.

Pertama adalah beragam pilihan mobil dan trek, mulai dari jalan dan mobil biasa hingga trek dan mobil kelas balap profesional. Kemudian grafisnya yang menggunakan teknologi ray tracing, membuat mobil terlihat lebih memukau dan trek yang juga terlihat lebih realistis dan alami dari sebelumnya. Mendukung grafis 4K dan HDR yang sangat tajam, Gran Tourismo 7 adalah game sim racing dengan grafis yang gahar.

Pengaturan bantuan seperti garis mengemudi dan bantuan visual zona pengereman, adalah beberapa fitur penting yang dapat membantu pemula memahami keterampilan dasar yang diperlukan untuk sim racing. Dengan kesabaran dan latihan konsisten, Gran Turismo 7 dapat menawarkan pengalaman yang bermanfaat dan menarik bagi pemain yang ingin maju ke ajang balap profesional.

Salah satu sim racer terkenal adalah Jann Mardenborough, yang menjadi pemenang ketiga dan termuda di program GT Academy. Dari porgram ini, dia berhasil mendapatkan kontrak balap profesional dengan Nissan pada 2011. Bahkan kesuksesaanya sampai di adaptasikan dalam film biopik Gran Tourismo yang dibintangi Archie Madekwe sebagai sang pembalap muda.
 

2. Assetto Corsa Competizione (2018)



Berbeda dengan game versi reguler yang lebih fokus pada kustomisasi dan modding, Assetto Corsa Competizione fokus menghadirkan pengalaman balap GT berkualitas tinggi untuk para pemain. Blancpain GT dan 24h Endurance adalah beberapa ajang balapan paling intens di dunia, dan game ini berhasil secara realistis menangkap tekanan dari mengikuti peraturan dan regulasi ketat dari kedua seri balap tersebut.

Assetto Corsa Competizione juga memiliki beberapa fitur mengesankan lainnya, model foto-realistis, kondisi trek dinamis, dan mode permainan Career & Championship. Namun, game ini terkenal dengan dukungan periferalnya, memungkinkan pengaturan seperti triple screens dan teknologi virtual reality di berbagai perangkat, yang memungkinkan pemain untuk meningkatkan pengalaman balapan mereka ke tahapan berikutnya.
 

3. iRacing (2008)


iRacing adalah game racing simulator  berlangganan yang sudah dipercaya oleh ajang beberapa ajang balap. Pengembang game ini berkolaborasi dengan ajang balap profesional NASCAR, menciptkan eNASCAR Coca-Cola iRacing Series.  Seri balap INDYCAR turut mempercayai game ini dengan perjanjian lisensi multi-tahun, yang mencakup hak atas INDYCAR SERIES dan Indianapolis 500.

Tentu game ini dipercaya karena sistem mengemudinya yang sangat realistis, dengan sistem cuaca  dinamis yang berefek ke kondisi mobil dan trek dan menciptakan tantangan tersendiri. Selain fitur-fitur tersebut, game ini memungkinkan pemain untuk berkompetisi dalam seri dan kejuaraan resmi, serta membuat ajang balap mereka sendiri. 

Sebelum mulai balapan, terdapat  banyak pengaturan yang dapat dikostumisasi oleh pemain untuk menyesuaikan gaya balap serta strategi  yang unik untuk masing-masing individu. iRacing juga menawarkan langganan yang berisi beragam fitur dan konten, dan game ini dapat diakses tanpa memerlukan hardware dengan spek dewa.

Tentu dengan semua kelebihanya, iRacing telah menciptakan komunitas yang terus berkembang dengan lebih dari 250.000 sim racer dari seluruh dunia.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

6 Game Siap Rilis April 2024, Dead Island sampai Sand Land

BERIKUTNYA

Menengok Koleksi Busana Karya Desainer Malaysia dan Thailand di Panggung IFW 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: