Pasar Takjil Benhil. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Eusebio Chrysnamurti)

4 Rekomendasi Pasar Ramadan yang Populer di Indonesia

15 March 2024   |   17:35 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Berpuasa di bulan Ramadan seringkali dihadapkan pada berbagai godaan makanan dan minuman yang menggiurkan. Kita semua pasti ingin memilih takjil yang sesuai untuk menghilangkan rasa haus dan lapar. Berbelanja takjil merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan untuk menyambut waktu berbuka puasa.

Di Indonesia, pasar takjil hadir setahun sekali sepanjang bulan Ramadan dan menjadi peluang bisnis bagi pedagang makanan ringan untuk menjajakan hidangan mereka. Dari berbagai lokasi populer, pasar takjil yang ramai biasanya dapat ditemui di sekitar perkantoran atau alun-alun kota.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Berburu Takjil di Jabodetabek yang Cocok Untuk Ngabuburit

Di sini pengunjung bisa datang dan memilih menu buka puasa sesuai selera. Mulai dari aneka gorengan, minuman segar, dan bahkan hidangan berat. Semua ini menciptakan sebuah atmosfer meriah, membuat para umat Islam dan masyarakat pada umumnya, jadi lebih semangat.

Selain berinteraksi dengan pengunjung lain, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan para pedagang dan pastinya selalu menemukan hal dan jajanan yang baru setiap kalinya, karena setiap tahun pasti juga ada tren makanan baru yang booming.

Tak hanya mendukung para pedagang UMKM lokal, dengan mengunjungi pasar dan mencari takjil di luar kita juga dapat ikut memeriahkan pelaksanaan puasa pada bulan Ramadan yang indah ini dengan mengeksplorasi rasa dan tempat yang baru.

Terdapat banyak pasar di Indonesia yang memiliki keunikannya sendiri, berikut adalah beberapa rekomendasi pasar Ramadan yang populer di Indonesia!


1. Pasar Benhil Jakarta

 

Pasar Takjil Benhil. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Eusebio Chrysnamurti)

Pasar Takjil Benhil. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Eusebio Chrysnamurti)

Berlokasi dekat pusat perkantoran Sudirman dan luas, daerah Bendungan Hilir (Benhil) ramai dikunjungi pengunjung yang mencari takjil.  Menu hidangan yang disediakan di daerah ini sangatlah beragam, mulai dari siomay, ikan bakar, es campur, hingga aneka gorengan. Jika Genhype ingin mencoba makanan khas Betawi, lokasi ini juga menyediakan makanan berat seperti soto betawi. 

Namun, perlu diperhatikan karena pasar ini berdekatan dengan area perkantoran, Genhype harus datang lebih cepat sekitar pukul 15:00 WIB. Karena jika lebih sore akan banyak kemacetan dan susah mencari lokasi parkir. Secara keseluruhan lokasi ini adalah andalan untuk para pekerja dan masyarakat di sekitar perkantoran Sudirman hingga Semanggi. Pusat dari pasar ini ada tepat di depan halaman kantor Polres Benhil, yang beralamat di Jl. Bendungan Hilir Gg. 3 No.5, Jakarta Pusat.

 

2. Pasar Kampung Ramadan Jogokariyan

 

Diramaikan 300 lapak UMKM, pasar Ramadan Kampung Jogokariyan dapat menjadi pilihan bagi Genhype di Yogyakarta yang sedang mencari menu buka puasa. Kampung Ramadan ini sudah dijalankan selama 20 tahun secara konsisten, berlokasi dekat Masjid Jogokariyan. Pasar Kampung Ramadan Jogokariyan beralamat di Jl. Masjid Jogokariyan, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta.
 

3. Pasar Sore Ramadan Kauman

 

Sama seperti Pasar Kampung Ramadan Jogokariyan, Pasar Sore Ramadan Kauman berlokasi di Yogyakarta. Di pasar ini kamu dapat memilih dari 50 stan makanan dan minuman, mulai dari takjil hingga makanan berat. Pasar ini cocok untuk semua kalangan, karena menawarkan jajanan jadul, serta jajanan kekinian semuanya lengkap. Pasar Sore Ramadan Kauman beralamat di Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Yogyakarta.

 

4. Bazar Ramadan Kawasan RRI Malang

Jika Genhype tinggal di daerah Malang dan ingin mencari takjil, bazaar ini dapat menjadi salah satu destinasi pilihan. Harga makanan dan minuman di bazaar ini cukup murah, mulai dari Rp8.000 - Rp20.000. Pilihan takjil d isini sangat unik, mulai dari hidangan khas Melayu seperti Sayap Madu seperti yang dipopulerkan serial kartun Upin Ipin, Tom Yum khas Thailand, dan Es Bandung yang viral. Tentunya Genhype dapat mencoba berbagai jenis makanan di bazaar ini.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Ada Program Hapus Tato Gratis di Jakarta, Cek Jadwal & Cara Daftarnya

BERIKUTNYA

Upaya Indonesia Heritage Agency Melakukan Reimajinasi & Transformasi Cagar Budaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: