Ilustrasi Lapisan Iceberg (sumber: unsplash.com/@simonppt)

Mengenal Daftar Iceberg dan 3 Rekomendasi Video Iceberg Menarik

07 March 2024   |   19:43 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Internet telah menjadi lahan subur bagi kreativitas dan keberagaman media. Mulai dari konten yang menghibur seperti memes, hingga konten informatif seperti video essay dan infografis, internet menyediakan platform untuk berbagai ekspresi. Salah satu bentuk media yang menarik perhatian adalah daftar-daftar, seperti fenomena daftar iceberg.

Melansir dari salah satu pengguna di Urban Dictionary, Daftar iceberg adalah sebuah genre gambar dengan format daftar yang mengukur keahlian dan pengetahunan seseorang pada suatu topik yang diwakili oleh metafora sebuah gunung es dan laut dibawahnya.

Pengetahuan dasar akan direpresentasikan sebagai puncak gunung es atau lapisan pertama. Semakin dalam lapisanya, berarti semakin dalam juga pengetahuan dan informasi yang ada terkait sebuah topik.

Daftar ini tidak hanya menyampaikan informasi secara terstruktur, tetapi juga seringkali mengundang rasa penasaran bagi para pembacanya dengan menyelipkan elemen-elemen yang semakin dalam pada sebuah topik. Daftar-daftar iceberg sendiri dapat dilihat dengan melalui search engine biasa seperti Google, namun jika dapat mengakses forum Reddit, subreddit r/IcebergCharts akan menawarkan daftar yang lebih lengkap. 

Baca juga:  4 Misteri Internet Yang Belum Terpecahkan

Jika Genhype penasaran dengan daftar-daftar icebeg namun ingin dilengkapi dengan penjelasan, beberapa kanal YouTube menawarkan hal tersebut. Berikut adalah 3 rekomendasi video Iceberg yang akan meningkatkan pengetahuan dalam berbagai topik!
 

1. Archeology Iceberg - TREY the Explainer



Ilmu arkeologi adalah sebuah ilmu yang sangat menarik, memperlihatkan sekilas bagimana kehidupan  berjalan pada masa lalu, khususnya masa lalu yang tidak tertulis. Selain menarik ilmu ini mendukung preservasi dari berbagai relik dan barang prasejarah. Sebagai tambahan, mempelajari arkeologi adalah salah satu bidang studi yang penting.

Menurut Boston University College of Arts & Sciences, ilmu arkeologi menawarkan serangkaian keterampilan yang dapat diterapkan di hampir seluruh penjuru dunia dan di semua sektor pekerjaan. Daftar Iceberg ini dapat mendukung minat publik terhadap arkeologi, khususnya anak muda. 

Video ini akan membahas  artefak terkenal seperti kumpulan naskah kuno Yahudi yang ditemukan di laut mati, hingga artefak aneh seperti Neolithic Gummy Bears, jimat beruang yang diyakini berasal dari zaman Neolitikum yang berpenampilan mirip permen Gummy Bear.  Daftar iceberg ini tecipta untuk meningkatkan minat publik terhadap arkeologi, khususnya anak muda. 

2. Lost Films Iceberg - blameitongeorge



Dengan banyaknya film yang dirilis, beberapa film mungkin terlupakan dan bahkan hilang. Film hilang dapat dikategorikan sebagai lost media, alias media yang sudah susah diakses, hilang sebagaian, atau benar-benar sudah tiada. Video ini akan membahaas daftar iceberg untuk film hilang dari berbagai genre, mulai dari film horror dari tahun 1910-an, hingga film Spiderman yang gagal tayang. 

Hal utama yang membuat film yang telah menghilang menarik adalah alasa kenapa mereka dianggap hilang. Terkadang ini terjadi karena alasan sederhana seperti kerusakaan pada arsip, atau pilihan produser untuk menghancurkanya.

Namun ada faktor-faktor lain yang membuat film hilang sangat misterius, seperti mengandung konten sadis dan mengerikan membuat para penggemar film penasaran terhadap isinya. Pada daftar iceberg ini, beberapa film berhasil ditemukan secara utuh, ditemukan sebagian, dan ada yang benar-benar hilang.
 

3. Google Street View Iceberg - sourcebrew


Fitur street view disediakan oleh Google agar para pengguna Google Maps dan Earth mendapatkan bayangantampilan lokasi yang ingin mereka kunjungi. Namun beberapa orang menggunakan fitur ini untuk menjelajahi dunia tanpa harus menginjak tanah. Tren ini menciptakan sebuah komunitas di beberapa forum Reddit, yang bertujuan untuk menemukan hal-hal jangal yang ada di Google Street View. 

Dengan sekian banyaknya penemuan aneh, terciptalah sebuah daftar iceberg agar lebih terstruktur. Di video ini, penonton akan melihat beberapa fenomena aneh dan teori yang dapat menjelaskan kejadian-kejadian tersebut. Penonton akan melihat lokasi menarik yang terkenal seperti Pripyat, kota radioaktif dimana insiden ledakan nuklir terbesar di dunia terjadi.

Semakin dalam menyelam ke dasar daftar ini, penonton akan menemukan hal-hal menyeramkan seperti penampakan hantu gadis cilik di pemakaman Martha Chapel, hingga sekumpulan boneka Jigsaw di kota Saint Petersburg. Secara keseluruhan daftar iceberg ini adalah kompilasi dari para pengguna internet berjiwa petualang dan penasaran. 

Baca juga: Fakta Menarik Starlink, Layanan Internet Milik Elon Musk yang Akan Hadir di Indonesia

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Intip Bocoran Tampilan iPhone SE 4, Bakal Dirilis Tahun 2025?

BERIKUTNYA

Ini Dia Rekomendasi Restauran Buka Puasa Bersama Sesuai Selera yang Diinginkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: