IQOO Z9 akan rilis pada Maret 2024 (Sumber gambar: IQOO.com)

Bocoran Spesifikasi IQOO Z9 yang Rilis 12 Maret 2024, Pakai MediaTek Dimensity 7200

04 March 2024   |   19:43 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Awal 2024 menjadi momen bagi banyak produsen gawai pintar untuk meluncurkan produk anyarnya. Salah satunya adalah IQOO yang akan meluncurkan Z9 pada 12 Maret 2024. Perusahaan telah membocorkan sejumlah spesifikasi, di antaranya adalah prosesor MediaTek Dimensity 7200. 

Kabar penggunaan prosesor itu disampaikan oleh perusahaan dalam laman IQOO. Perusahaan menunjukkan bahwa MediaTek Dimensity 7200 tercatat lebih unggul jika dibandingkan dengan prosesor lainnya berdasarkan pengujian dengan AnTuTu.

Dalam pengujian itu, MediaTek Dimensity 7200 dibandingkan dengan Snapdragon 7S Gen 2, Snapdragon 6 Gen 1, dan Dimensity 6080. MediaTek Dimensity 7200 tercatat memiliki skor 734.000.

Adapun, Snapdragon 7S Gen 2 mencapai 605.000. Sementara itu, Snapdragon 6 Gen 1 dan Dimensity 6080 masing-masing memiliki nilai pengujian 590K dan 423K dalam pengujian yang dilakukan. 

Baca juga: Dibanderol Rp10,9 Juta, Cek Spesifikasi Lengkap iQOO 12 yang Diklaim Monster

Kemudian, gawai pintar itu juga akan menggunakan kamera Sony IMX882 dengan Optical Image Stabilization (OIS), sensor untuk para pengguna ketika hendak mengambil gambar foto atau video. Pencinta gawai pintar dapat memiliki IQOO Z9 dalam dua pilihan warna, yakni Brushed Green dan Graphene Blue.

Dikutip dari laman GSMArena, IQOO Z9 bakal memiliki kamera dengan ukuran 50 megapiksel (MP). Gawai pintar itu juga akan menggunakan layar AMOLED dengan refresh rate 120 Hz dan sampling rate 300 Hz serta tingkat kecerahan maksimal di angka 1.800 nits. 

Smartphone anyar ini juga akan menggunakan porta USB type-C dengan dua speaker stereo. Namun, ponsel pintar itu tidak memiliki lubang headphone 3,5 mm. IQOO Z9 juga disebut memiliki ketebalan mencapai 7,83 mm. 
 

MediaTek Dimensity 7200

Sementara itu, dikutip dari laman MediaTek, MediaTek Dimensity 7200 adalah prosesor pertama dari seri 7000 baru untuk smartphone 5G. Prosesor ini memperkenalkan CPU inti besar Armv9 generasi ke-2 terbaru, ditambah kemampuan gaming dan kamera, yang semuanya dikemas ke dalam cip 4nm.

Prosesor ini juga diklaim memiliki sejumlah keunggulan. Salah satu di antaranya adalah bermain permainan lebih lama lantaran terdapat dua CPU Arm Cortex-A715 dengan kecepatan hingga 2.8GHz di CPU octa-core. Keberadaan CPU Ini memberikan kinerja yang sangat baik untuk game, aplikasi, dan aktivitas sehari-hari.

“MediaTek terus mendorong batas-batas kinerja smartphone dengan membawa arsitektur CPU Armv9 generasi ke-2 ke lebih banyak segmen smartphone,” demikian pernyataan tertulis perusahaan di laman resminya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by iQOO India (@iqooind)


Tidak hanya itu, prosesor ini juga menggabungkan MediaTek HyperEngine 5.0, yang mengoptimalkan seluruh smartphone, dengan mesin grafis Arm Mali-G610 MC4. Dengan begitu, para pemain gim menikmati FPS yang diklaim cepat dan mulus.

Gambar dan video yang dihasilkan dengan keberadaan prosesor ini juga disebut lebih jelas lantaran terdapat video HDR 4K, ISP HDR 14-bit dengan dukungan sensor 200 megapiksel terbaru. Tidak hanya itu, dalam MediaTek Dimensity 7200 juga tersemat Motion Compensated Noise Reduction.

Dimensity 7200 juga mendukung pengambilan video ganda secara simultan, memberi pengguna kemampuan untuk menangkap kamera depan, dan belakang secara bersamaan atau standar dan lebar secara bersamaan.

“Ini berarti vlog dapat merekam acara langsung dan reaksi pribadi, atau dua pandangan berbeda saat itu terjadi. Chip ini juga mendukung perekaman video HDR 4K, memberikan kesempatan kepada pembuat film untuk menangkap kualitas dan detail sinematik dalam momen sehari-hari,” demikian tertulis.

Baca juga: Harga & Spesifikasi Realme 12 Pro+ 5G, Resmi Rilis di Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Game Call of Duty: Warzone Mobile Rilis Akhir Maret 2024, Cek Persyaratan Sistemnya

BERIKUTNYA

Waspada! Robot Mainan Pintar Jadi Media Hacker Serang Anak-anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: