Telur Merah (Sumber Foto: Freepik)

Resep Telur Merah, Sajian Unik untuk Merayakan Tahun Baru Imlek

09 February 2024   |   08:24 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Telur merah merupakan salah satu sajian unik saat perayaan Imlek. Hidangan ini menggunakan telur ayam yang direbus lalu diberi pewarna merah pada cangkangnya, sementara bagian dalamnya tetap putih bersih. Telur merah memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Tiongkok.

Selain perayaan tahun baru, telur merah biasanya disajikan dalam perayaan bernama pesta telur merah dan jahe untuk memperingati 100 hari kelahiran bayi atau ulang tahun pertama bayi. Telur merah didampingi oleh acar jahe yang baik untuk ibu yang sedang dalam masa pemulihan setelah melahirkan.

Baca juga: Resep Jiaozi, Pangsit China yang Punya Makna Khusus saat Perayaan Imlek

Acara tersebut biasanya dihelat di ruang perjamuan, semangkuk telur merah akan disuguhkan untuk para tamu yang datang melihat bayi. Bisa juga dibagikan sebagai souvenir untuk keluarga besar, sahabat dan kerabat dekat. Telur dengan jumlah genap untuk anak laki-laki dan jumlah ganjil untuk anak perempuan.

Mengutip dari Made With Lau, telur merah dimaknai sebagai kesuburan, kelahiran, atau awal yang baru. Adapun warna merah sendiri melambangkan kebahagiaan, keberuntungan, kemakmuran, dan nasib baik bagi masyarakat Tionghoa. Sementara jahe dipercaya dapat menyeimbangkan energi dan qi sang ibu.

Jahe juga terdengar seperti kata syun dalam bahasa Kanton yang artinya cucu, ini merupakan bentuk pengharapan untuk mendapatkan banyak cucu di masa depan. Nah Genhype, menjelang perayaan Imlek 2024, yuk simak cara membuat telur merah untuk disajikan pada keluarga di rumah.
 

Bahan-bahan

  • 36 telur (berapapun jumlah yang diinginkan)
  • 3 sdm cuka
  • 3 sdt garam
  • 3 cangkir air
  • 6 sdt pewarna makanan merah
 

Cara Membuat

  1. Siapkan air dingin untuk merebus telur, tambahkan garam dan cuka. Garam dapat meminimalisir retakan yang mungkin terbentuk saat direbus, sementara cuka akan membuat telur lebih mudah dikupas. 
  2. Sambil menunggu telurnya matang masukkan air dan pewarna makanan merah dalam wadah besar
  3. Setelah lima menit direbus dengan api besar, angkat telur lalu tiriskan selama dan rendam air dingin
  4. Seka kulit telur dengan tisu dapur sampai benar-benar kering, apabila permukaannya lembap maka pewarnaannya tidak akan merata
  5. Celupkan telur dalam larutan pewarna, masukkan satu persatu supaya hasilnya warna merahnya merata, diamkan selama 30 detik
  6. Telur merah siap disajikan, santap dengan acar jahe supaya lebih nikmat

Merah pada telur dihasilkan dari zat pewarna makanan, namun kita juga bisa membuatnya dari bahan alami seperti daun teh hitam, kulit bawang merah, dan air kayu secang. Ketiga bahan tersebut juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Setelah telur direbus dan ditiriskan, bungkus dengan daun teh hitam dan kulit bawang merah menggunakan kain atau kasa, lalu ikat dengan benang atau karet gelang. Rebus kembali telur selama sekitar 20-30 menit dengan api kecil sampai telur mendapatkan warna merah yang diinginkan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Konser Super Junior-L.S.S di Jakarta Resmi Dibatalkan, Simak Cara Refund Tiketnya

BERIKUTNYA

20 Ucapan Terbaik untuk Merayakan Imlek 2024 di Tahun Naga Kayu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: