Ilustrasi sup sarang burung walet (Sumber gambar: Unsplash/ Nancy)

Aneka Sajian Spesial Berbahan Sarang Burung Walet untuk Imlek

30 January 2024   |   06:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kuliner khas Imlek ada banyak ragamnya. Bukan hanya kue keranjang saja, sarang burung walet juga menjadi salah satu sajian khas perayaan Imlek yang tak boleh dilewatkan. Kuliner unik ini tidak hanya dikenal karena kelezatannya, tetapi juga harganya yang tinggi.

Sarang burung walet termasuk ke dalam golongan makanan mewah. Selain karena bahannya yang susah didapat dan dijual dengan harga yang mahal, kudapan ini juga punya nutrisi dan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Resep Siu Mie atau Mi Panjang Umur, Hidangan Imlek dengan Filosofi Mendalam

Menurut informasi gizi pada laman Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram (g) sarang burung walet mengandung beberapa nilai gizi bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah kandungan energi yang mencapai 281 kalori (Kal), protein 37.5 g, lemak 0.3 g, karbohidrat 32.1 g, kalsium 485 miligram (mg), fosfor 18 mg, dan besi 3 mg.

Tak hanya itu, sarang burung walet juga menjadi salah satu kuliner yang mudah diolah ke dalam berbagai campuran makanan maupun minuman. Berikut adalah aneka sajian spesial berbahan sarang burung walet yang bisa dicoba di rumah. Yang pasti, cocok untuk perayaan Imlek 2024:


1. Sup Sarang Burung Walet

Sup sarang burung walet menjadi salah satu sajian khas Imlek yang tak boleh dilewatkan. Pada dasarnya, olahan kuliner ini tak jauh berbeda dari sup pada umumnya. Makanan berkuah ini terbuat dari kaldu ayam atau ikan yang dimasak dengan sarang burung walet yang telah direndam dan dicuci bersih.

Tak hanya identik dengan Imlek, sup sarang burung walet juga termasuk makanan yang tergolong mewah. Harganya jualnya pun tak main-main. Melansir Insider, harga semangkuk kuliner ini bisa menyentuh US$100 atau sekitar Rp1,4 juta.

Orang-orang China telah mengonsumsi sup sarang burung lebih dari 1.000 tahun. Sup ini diyakini berkhasiat untuk menjaga kesehatan hingga membantu anak memiliki pertumbuhan yang lebih baik.


2. Minuman Sarang Walet

Tidak hanya sebagai campuran sup, sarang burung walet juga bisa diolah jadi minuman. Cara pengolahannya cukup mudah, sarang burung walet hanya perlu direndam untuk membuang berbagai benda yang menempel di dalamnya.

Setelah bersih, taruhlah sarang burung walet di dalam botol atau tempat minum lain. Tuangkan air ke dalam wadah tersebut. Rendam selama beberapa saat dan minuman sarang burung walet pun siap dikonsumsi.


3. Puding Sarang Burung Walet

Sebagai variasi lain, sarang burung walet juga bisa diolah menjadi puding. Kudapan ini cocok untuk dijadikan hidangan penutup ketika keluarga sedang berkumpul saat perayaan Imlek nanti. Cara pembuatannya pun mudah.

Buatlah puding dengan bahan-bahan seperti biasa. Untuk rasa juga bisa disesaikan dengan selera. Namun, yang spesial dari puding ini adalah karena memiliki campuran sarang burung walet. Tekstur lembut dengan tambahan sarang burung walet adalah sajian yang nikmat. Puding ini bisa dinikmati dengan buah-buahan segar untuk menambah variasi.


4. Kue Sarang Burung Walet

Kue sarang burung walet juga bisa jadi opsi untuk dijadikan sajian lezat saat perayaan Imlek. Cara pembuatan kue ini sama seperti kudapan pada umumya, yakni dengan adonan tepung, telur, gula, mentega, baking powder, dan vanili.

Kue yang telah matang nantinya akan ditaburi toping yang terbuat dari sarang burung walet. Untuk membuatnya lebih menarik, kue ini juga bisa disajikan dengan selai blueberry, nanas, susu, dan sebagainya.


5. Teh Goji Berry Sarang Walet

Sarang burung walet juga bisa menjadi campuran untuk minuman teh goji. Cara pembuatannya mudah, pertama-tama sarang walet mesti dibersihkan, lalu direbus. Jika sarang burung walet sudah melunak, segera tambahkan biji buah goji berry.

Jika telah matang, segera angkat dan tuangkan ke dalam gelas. Untuk rasa yang lebih manis, Genhype bisa menambahkan gula secukupnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tren Kecantikan dari Haute Couture SS2024, Glazed Skin hingga Bowcore

BERIKUTNYA

BTOB Siap Rilis Lagu Baru & Buat Kegiatan Fans dalam Formasi Lengkap

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: