Jajanan khas Korea. (Sumber foto: Pexels/Pincalo)

Rekomendasi 7 Street Food Musim Dingin Khas Korea ala Kimbab Family

28 January 2024   |   18:25 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype yang sering main media sosial tentu tak asing dengan Kimbab Family. Keluarga multikultural Korea Selatan-Indonesia itu dikenal sebagai kreator ternama. Mereka kerap berbagi konten-konten mengenai keseruan menjalani kegiatan sehari-hari dengan latar belakang kebudayaan dua negara. 

Kimbab Family terdiri dari Gina Selviana yang berasal dari Bandung, serta suaminya yang berdarah Korea bernama Jay Yoen. Mereka dikaruniai tiga orang anak yakni Suji, Yunji, dan Jio. Tak sedikit warganet yang mengikuti konten-konten Kimbab Family.

Baca juga: Resep Bibimbap, Makanan Korea Paling Populer versi Google Trends 2023

Di akun YouTube, kanal keluarga itu diikuti oleh lebih dari 2,4 juta subscribers. Sementara di Instagram, Kimbab Family memiliki lebih dari 814.000 followers. 

Banyak kegiatan Kimbab Family yang dijadikan konten-konten seru mulai dari masak-masak, bermain, hingga berlibur. Diketahui, mereka kini tengah berlibur di kampung halaman Appa Jay Yoen tak lain yakni Korea Selatan. Negeri Gingseng pun kini sedang memasuki musim dingin alias bersalju. 

Jalan-jalan baik di dalam maupun luar negeri tentunya tak afdol jika tak mencicipi kuliner di daerah setempat. Saat ke kota Seoul, Kimbab Family memanfaatkan momen indah dengan berjalan-jalan sambil mencari kehangatan di tengah dinginnya udara Korea dengan menikmati street food atau jajanan kali lima khas musim dingin.

Lantas, kuliner apa saja yang menjadi pilihan bagi keluarga tersebut? Berikut adalah 7 rekomendasi street food khas musim dingin di Korea Selatan pilihan Kimbab Family.


1. Dalgona

 

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Dalgona adalah permen gula tradisional khas Korea, yang terbuat dari campuran gula pasir dan baking powder atau soda kue yang dipanaskan sampai meleleh hingga menjadi karamel. Biasanya dalgona akan dicetak dengan berbagai pola menarik, seperti persegi, segitiga, dan pola payung.

Permen satu ini sangat populer pada tahun 2021 lantaran muncul dalam serial Squid Game. Penjualan dalgona di Korea Selatan dikabarkan meningkat dan muncul tren di media sosial dimana orang-orang mengunggah percobaan mereka membuat dalgona serta memisahkan bentuk cetakannya di tengah permen.


2. Hotteok

 

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Hotteok adalah panekuk berbentuk bulat dan tebal dengan isian pasta kacang manis. Tidak seperti panekuk China yang umumnya diisi daging, hotteok diisi kacang manis untuk menyesuaikan dengan selera orang Korea. 

Adonan hotteok dibuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras ketan yang diecerkan dengan air, ditambah gula, susu, dan ragi. Sementara untuk isiannya terbuat dari campuran gula cokelat, madu, gilingan kacang tanah, dan aroma kayu manis. Terkadang, disertakan juga bubuk wijen pada isiannya.


3. Gyeran Ppang

 

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Gyeran Ppang adalah roti empuk berbentuk lonjong dengan cita rasa manis dan gurih. Pada bagian tengahnya, adonan roti diberi isian telur mata sapi utuh. Jajanan ini berbentuk lonjong dan berongga, rasanya manis, gurih, dan terdapat telur utuh di dalamnya.

Adonan roti Gyeran Ppang umumnya terbuat dari campuran tepung terigu, baking powder, susu, telur, mentega, gula pasir, garam dan ekstrak vanila. Nantinya, setiap adonan roti akan diberi satu butir telur utuh sebagai isian utama. Roti telur dimasak hingga berwarna cokelat keemasan. Selain telur, biasanya ditambahkan pula isian seperti peterseli cincang, keju, dan ham yang dipotong dadu.


4. Bungeoppang

 

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Roti berbentuk ikan ini cocok dinikmati sebagai kudapan saat musim gugur dan dingin. Terdapat banyak varian isi dari bungeoppang seperti kacang merah, coklat, ubi manis, keju, dan krim. Bungeoppang adalah kue serupa wafel dengan bentuk ikan mas yang populer di Korea. Makanan satu ini terasa manis legit karena umumnya diisi pasta kacang merah.

Nama Bungeoppang sendiri berasal dari kata 'bungeo' yang berarti ikan mas dan 'ppang' yang berarti roti dalam bahasa Korea Selatan. Meski nama dan bentuknya seperti ikan, camilan satu ini sama sekali tidak mengandung ikan. Sangking populernya, bungeoppang dijual di sejumlah negara tak terkecuali di Indonesia.


5. 10 Won Ppang

Sib-won-ppang adalah roti berbentuk uang koin 10 Won Korea. Roti ini umumnya terbuat dari adonan tepung dan perisa vanilla, diisi dengan keju mozarella lumer yang dapat ditarik panjang saat menikmatinya. Sekilas, bentuk 10 Won Ppang hampir mirip dengan pancake serta teksturnya mirip dengan waffle.

Lantaran dibuat dengan adonan tepung terigu yang dicampur dengan mentega dan perisa vanilla, 10 Won Ppang bercita rasa manis dan gurih serta harum. Keju mozarella yang berada di dalam adonan kudapan satu ini akan mengimbangi rasa manis pada adonan dalam setiap gigitannya.


6. Dakkochi

 

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Kalau Indonesia punya sate ayam, maka Korea punya Dakkochi. Makanan satu ini terdiri dari potongan daging ayam berukuran kecil yang dipanggang menggunakan tusuk sate dengan irisan daun bawang berukuran lumayan besar. Nama Dakkochi sendiri terdiri dari kata 'dak' yang berarti ayam dan 'kkochi' yang berarti makanan yang ditusuk, atau tusuk sate.

Daging ayam untuk dakkochi biasanya akan dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu gochujang sebelum dipanggang. Racikan bumbu ini yang menghadirkan sensasi campuran rasa manis, pedas, dan asin saat menyantap setusuk dakkochi. Di Korea, biasanya akan disediakan juga tambahan bubuk cabai untuk menambah tingkat kepedasan sesuai selera.


7. Eomuk

 

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Eomuk adalah olahan makanan laut yang terbuat dari daging ikan giling. Oleh karena itu, eomuk juga dikenal dengan sebutan fish cake atau kue ikan. Eomuk biasanya berbentuk persegi panjang tipis, dan paling sering disajikan dengan diiris kecil atau ditusuk seperti sate.
 
Ada berbagai macam masakan yang bisa dibuat dengan eomuk, seperti sup eomuk atau ditumis menggunakan bumbu pedas manis. Eomuk adalah salah satu hidangan yang mudah dan cepat untuk diolah. Rasanya yang gurih membuat hidangan ini cocok disajikan dengan nasi sebagai lauk. Saat musim dingin, eomuk enak dinikmati dengan kuah sup kaldu dengan rempah khas Korea untuk menghangatkan tubuh.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hypereport: Menengok Upaya Restorasi Aset Seni Nasional

BERIKUTNYA

Hypereport: Jalan Panjang Pengarsipan Musik Digital dan Restorasi Rilisan Analog

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: