Cuplikan serial Tukar Tambah Nasib. (Sumber gambar: Prime Video)

4 Alasan Serial Tukar Tambah Nasib Seru untuk Ditonton

13 December 2023   |   22:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Prime Video kembali merilis serial original lokal terbaru berjudul Tukar Tambah Nasib. Disutradarai Herwin Novianto, Tukar Tambah Nasib adalah serial komedi-fantasi hasil adaptasi novel karya Lia Seplia berjudul sama. Seperti judulnya, drama besutan rumah produksi Falcon Pictures itu bercerita tentang seseorang yang berusaha untuk menukar nasibnya.

Kisahnya mengikuti tokoh Naya (diperankan oleh Aghniny Haque), seorang kasir minimarket yang menghadapi serangkaian kejadian malang dalam hidupnya, mulai dari menjadi generasi sandwich hingga terlilit utang. Di tengah hidup yang payah, Naya ingin menukar takdirnya dengan orang lain.

Baca juga: Rekomendasi 6 Film Natal 2023 yang Cocok Ditonton Bareng Keluarga

Suatu hari, dia menerima tawaran menarik dari sebuah toko misterius untuk menukar takdirnya dengan takdir orang lain. Namun, ada syaratnya, setiap pertukaran takdir membutuhkan pengorbanan dari apa yang paling berharga dalam hidupnya. 
 

Dalam trailer yang diunggah oleh Prime Video, Naya dikisahkan akhirnya menukar nasibnya dengan kehidupan beberapa orang sekaligus, mulai dari pengusaha, politikus sekaligus influencer, hingga chef kenamaan. Namun, semua kemilau kemewahan itu ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi Naya.

Dengan menukar nasibnya dan masuk ke dalam kehidupan orang-orang itu, Naya justru menemukan arti kehidupan sesungguhnya. Pergolakan batin yang dialami Naya menjadi premis yang menarik untuk diikuti jalinan ceritanya. Berikut adalah 4 alasan kenapa serial Tukar Tambah Nasib menarik untuk masuk ke dalam daftar tontonan.


1. Angkat tema mendalam

Selain dikemas dalam unsur drama, komedi, dan fantasi, serial Tukar Tambah Nasib juga menyimpan tema yang mendalam. Seiring kisahnya mengikuti Naya, seorang perempuan muda yang memutuskan untuk bertukar nasib dengan orang lain karena lelah dengan kesulitan hidupnya, penonton akan dapat melihat hasrat manusia, pengorbanan, dan arti sesungguhnya dari sebuah kebahagiaan.

“Pada intinya, serial ini bercerita tentang kehidupan. Manusia tidak bisa hidup sempurna, tapi mereka ingin ke arah sana, dan itulah yang digambarkan dari sosok Naya," kata sutradara Herwin Novianto.


2. Hadirkan berbagai karakter unik

Keputusan Naya untuk memperbaiki nasib mengantarkannya ke kehidupan empat orang lain yang lebih sukses darinya, yakni seorang pengusaha muda bernama Sato (Dion Wiyoko), seorang politikus dan influencer bernama Meri (Prisia Nasution), seorang koki bernama Riko (Darius Sinathrya), dan seorang balerina bernama Lala (Maisha Kanna).

Penonton pun akan dibuat penasaran dengan kisah apa yang menanti ketika Naya bertukar nasib dengan mereka. Titien Wattimena selaku penulis naskah mengatakan cara Naya melihat keempat karakter ini menggambarkan hal-hal apa yang hanya penonton bisa lihat dari permukaan. Padahal, katanya, setiap orang memiliki permasalahan dan sisi gelapnya sendiri.

"Di balik kesempurnaan yang terlihat, bagaimana kehidupan asli mereka? Apakah Naya memang bisa menemukan kebahagiaan sebagai orang lain?," kata Titien.
 


3. Aghniny Haque perankan lima karakter

Salah satu hal yang membuat serial ini menarik adalah empat karakter utamanya akan diperankan oleh dua orang sekaligus. Hal ini pun tentunya membuat aktris Aghniny Haque yang berperan sebagai Naya harus bertransformasi menjadi lima karakter yang berbeda.

Aghniny mengatakan meskipun melelahkan, dia sangat menikmati proses syuting serial tersebut. Sang aktris mengaku dalam satu hari, dia bisa berganti tiga sampai empat karakter. Menariknya, meski penampilan luarnya mengalami perubahan menjadi karakter-karakter tersebut, Aghniny tetap pada karakter Naya yang ada di tubuh orang lain.

"Saya juga kasih applause kepada Kak Dion, Kak Darius, Kak Prisia, dan Meisya karena mereka yang sebenarnya harus beradaptasi dengan ekspresi dan emosi Naya. Semuanya merupakan proses yang menyenangkan,” kata aktris yang juga membintangi film Mencuri Raden Saleh itu. 

Sementara itu, Herwin selaku sutradara mengatakan pihaknya menggunakan metronom untuk memastikan sinkronisasi antara dua karakter, mulai dari gerakan kepala hingga gaya bicara. Metronom adalah sebuah alat yang dapat mengeluarkan suara dengan interval yang stabil. Alat ini biasanya digunakan oleh pemusik agar tempo musiknya stabil. "Semuanya harus pas. Ini pertama kalinya buat saya, dan saya sangat excited," ucapnya.


4. Siratkan pesan kehidupan

Memerankan Naya, Aghniny melihat Tukar Tambah Nasib sebagai serial yang menyimpan banyak pelajaran kehidupan yang bisa diambil oleh penonton. Menurutnya, ada banyak pengalaman hidup yang bisa relatable dengan penonton. "Serial ini memperlihatkan bagaimana caranya menghadapi fase-fase hidup dan segala permasalahannya," katanya.

Hal itu juga disetujui oleh sang penulis naskah. Titien mengatakan kisah yang disajikan di Tukar Tambah Nasib memperlihatkan betapa pentingnya untuk bisa menjadi diri sendiri dan bahagia dengan diri sendiri. "Belajar mensyukuri apa yang kita punya," kata penulis asal Makassar itu.

Adapun, sederet aktor dan aktris kenamaan yang juga membintangi Tukar Tambah Nasib yakni Indro Warkop, Sarah Sechan, Mathias Muchus, Indra Jegel, Rispo, Alexandra Vallerie, Ferry Salim, Shareefa Daanish, Khiva Iskak, Lulu Tobing, Nadine Alexandra, Baby Jovanca, Angie Ang, Nungki Kusumastuti, Yusuf Ozkan, Rezca Syam, dan Nizar Umar Akbar. 

Baca juga: Serial Populer The Boys Kembali dengan Season 4, Rencana Tayang 2024


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Pemain dan Sinopsis Film Siksa Neraka yang Rilis 14 Desember 2023

BERIKUTNYA

Review Film The Animal Kingdom, Kisah Misteri saat Manusia Bertransformasi Jadi Mutan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: