Suasana di kawasan bundaran HI dengan latar belakang langit biru di Jakarta, Selasa (12/9/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Fanny)

Jadwal Car Free Day di Jakarta 10 Desember 2023

09 December 2023   |   14:02 WIB
Image
Chelsea Venda Reporter Hypeabis.id

Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jakarta kembali diadakan pada akhir pekan atau weekend ini. Kegiatan rutin yang dilakukan pada setiap hari Minggu ini digelar di beberapa titik di berbagai wilayah administrasi DKI Jakarta.

Sesuai dengan namanya, car free day adalah acara rutin yang diselenggarakan di sejumlah kota sebagai kampanye untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya diberlakukan pada akhir pekan di sejumlah ruas jalan tertentu yang rawan kepadatan, seperti jalan protokol.

Setiap Minggunya, ruas jalan yang diberlakukan CFD bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan dalam durasi yang telah ditentukan. Salah satu yang paling sering dilakukan ialah berolahraga. 

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Car Free Day di Sejumlah Wilayah Indonesia, Batam sampai Surabaya

Namun, pemanfaatannya sebenarnya jauh lebih luas. CFD juga bisa menjadi ajang untuk berkesenian atau sekadar rekreasi dan berkumpul bersama keluarga untuk menghirup udara segar. Namun, perlu diketahui bahwa CFD tidak boleh digunakan untuk kegiatan politik.

Diharapkan, kegiatan yang dilakukan seminggu sekali ini juga jadi kesempatan besar bagi setiap lapisan masyarakat untuk menyadari betapa besarnya dampak polusi terhadap kehidupan. Emisi kendaraan merupakan salah satu sumber utama polusi udara luar ruangan, khususnya di perkotaan.

Di Jakarta, CFD biasanya diberlakukan di beberapa tempat. Mengutip dari laman carfreedayindonesia.org, berikut adalah jadwal dan lokasi pelaksanaan car free day di Jakarta.


Bundaran HI

Salah satu lokasi favorit CFD warga DKI Jakarta adalah di area Bundaran Hotel Indonesia (HI). Lokasi CFD di daerah ini memang strategis berada di tengah kota sehingga aksesnya mudah. Terlebih, pemandangan gedung-gedung tinggi di salah satu ruas jalan utama di Jakarta ini menjadi nilai tambah tersendiri.

Car free day di daerah ini diberlakukan dari Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan M.H Thamrin. Area jangkauannya cukup luas, dari Bundaran HI sampai Bundaran Senayan. Masyarakat pun bisa berkegiatan di area ini dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB.


Jakarta Pusat

Jakarta memiliki beberapa lokasi CFD lain untuk tingkatan kota administrasi. Di Jakarta Pusat, kegiatan CFD biasanya dilakukan di Jalan Suryopranoto. Namun, umumnya pelaksanaan CFD hanya dilakukan pada Minggu ke-2 dan ke-3 setiap bulannya.

Sama seperti lokasi CFD lain, di area ini kegiatan juga dibatasi dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Masyarakat pun bisa dengan bebas berolahraga atau melakukan kegiatan rekreasi lain tanpa takut terganggu dengan polusi kendaraan bermotor.


Jakarta Selatan

Jakarta Selatan juga memiliki lokasi CFD sendiri. Laman Car Free Day Indonesia menyebut lokasi CFD di Jaksel biasanya digelar di Jalan Mampang sampai ke Pejaten. Umumnya, CFD di daerah ini digelar di Minggu ke-3.

Kegiatan CFD juga berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB. Selain itu, di Jalan Dr Saharjo dan Jalan Minangkabau Manggarai pada setiap minggu pertama.


Jakarta Barat

Warga Jakarta Barat yang ingin melakukan kegiatan CFD, tetapi tak ingin pergi jauh bisa melipir ke kawasan Kota Tua Taman Sari. Sebab, area ini setiap Minggu ke-2 diberlakukan CFD dengan durasi empat jam, dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Masyarakat pun bisa berolahraga sembari berekreasi di sekitar area Kota Tua yang penuh sejarah. Selain itu, di Kecamatan Tanjung Duren juga biasanya diadakan CFD, meski lokasi ini masih tentatif.


Jakarta Timur

Untuk Warga Jakarta Timur, lokasi CFD terdekat biasanya diadakan di Jalan Pemuda Rawamangun. Area CFD ini dibuka pada Minggu ke-2 dan ke-4. Dengan durasi empat jam, masyarakat pun bebas berolahraga dan berkegiatan lain di sepanjang jalan tersebut.

Selain di Jalan Pemuda, area di sekitar Jalan RA Fadillah Cijantung juga kerap diadakan CFD. Kegiatan ini dilakukan dari pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB.


Jakarta Utara

Sama seperti daerah lain, Jakarta Utara juga memiliki lokasi CFD. Umumnya, lokasi CFD dilakukan di kawasan Danau Sunter. Setiap Minggu ke-3, area ini dibuka untuk CFD dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Masyarakat bisa menikmati CFD dengan suasana berbeda. Sebab, terdapat danau yang cukup menarik di area ini. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Apakah Beauty Standard Berpengaruh terhadap Psikologis Perempuan?

BERIKUTNYA

Review Buku Pulang-Pergi: Yang Dibawa dan Ditinggalkan, Sebuah Upaya Menyusuri Masa Lalu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: