Ilustrasi menu eomuk tumis. (Sumber gambar: Korean Bapsang)

4 Menu Korea Rumahan yang Lezat ala Kimbab Family, Cocok Buat Ide Bekal

06 December 2023   |   20:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype yang sering main media sosial tentu tak asing dengan Kimbab Family. Keluarga multikultural Korea Selatan-Indonesia itu dikenal sebagai kreator ternama. Mereka kerap berbagi konten-konten mengenai keseruan menjalani kegiatan sehari-hari dengan latar belakang kebudayaan dua negara. 

Kimbab Family terdiri dari Gina Selviana yang berasal dari Bandung, serta suaminya yang berdarah Korea bernama Jay Yoen. Mereka dikaruniai tiga orang anak yakni Suji, Yunji, dan Jio. Tak sedikit warganet yang mengikuti konten-konten Kimbab Family.

Di akun YouTube, kanal keluarga itu diikuti oleh lebih dari 2,4 juta subscribers. Sementara di Instagram, Kimbab Family memiliki lebih dari 790.000 followers

Baca juga: 7 Tip Ciptakan Dapur Estetik ala Kimbab Family

Salah satu konten Kimbab Family yang menarik untuk diikuti ialah kegiatan memasak yang dilakukan oleh Mama Gina dan anak-anaknya. Dia kerap membuat masakan khas Korea Sealatan yang resepnya didapatkan langsung dari sang mertua yang juga tinggal di Negeri Ginseng. 

Buat Genhype yang sedang mencari ide memasak makanan Korea, berikut adalah 4 rekomendasi menu yang bisa dicoba dari Kimbab Family. 
 

1. Bassak Bulgogi (Bulgogi Kering)

Bulgogi menjadi salah satu makanan Korea yang paling populer. Bulgogi terdiri dari olahan daging sapi yang dimasak menggunakan campuran kecap asin dan gula, serta beberapa rempah lain bergantung pada resep dan daerah di Korea. Biasanya, bulgogi dinikmati menggunakan daun selada plus kimchi, bawang putih, dan bumbu penyedap lain.
 

Sumber gambar: Korean Bapsang

Bassak Bulgogi (Sumber gambar: Korean Bapsang)

Di daerah Eonyang, dikenal satu masakan yakni bassak bulgogi yang berarti daging panggang garing atau kering. Berbeda dengan bulgogi pada umumnya yang masih memiliki sedikit kuah, bassak bulgogi disajikan dalam keadaan kering dan tidak memiliki kuah.

Makanan berbahan utama irisan tipis daging sapi yang diasinkan, ditumbuk, dibuat menjadi gumpalan, dan ditekan mirip dengan hamburger. Adapun, proses memasaknya dipanggang hingga permukaannya garing. 
 

2. Baechu Doenjang Guk (Sup Sawi Putih)

Doenjang adalah salah satu bumbu pokok masakan Korea yang berupa pasta kedelai terfermentasi. Biasanya, doenjang digunakan sebagai bumbu dasar rebusan atau sup. Berbeda dengan doenjang jjigae yang lebih kental dan pedas, tekstur doenjang guk lebih ringan, gurih, dan lembut.
 

Sumber gambar: Korean Bapsang

Baechu Doenjang Guk (Sumber gambar: Korean Bapsang)

Salah satu olahan doenjang yang populer adalah baechu doenjang guk atau sup sawi putih. Di Korea, makanan satu ini biasanya sering hadir ketika akhir musim gugur, berbarengan dengan panen kubis atau sawi putih.

Sup ini terbuat dari irisan sawi putih segar dengan bumbu seperti kaldu teri, kecap asin, hingga bawang bombai. Biasanya, makanan satu ini disantap sebagai lauk pendamping nasi. 
 

3. Eomuk Bokkeum (Fishcake Goreng)

Eomuk adalah olahan makanan laut yang terbuat dari daging ikan giling. Oleh karena itu, eomuk juga dikenal dengan sebutan fish cake atau kue ikan. Eomuk biasanya berbentuk persegi panjang tipis, dan paling sering disajikan dengan diiris kecil atau ditusuk seperti sate.
 

Sumber gambar: Korean Bapsang

Eomuk Bokkeum (Sumber gambar: Korean Bapsang)

Ada berbagai macam masakan yang bisa dibuat dengan eomuk, seperti sup eomuk atau ditumis menggunakan bumbu pedas manis. Eomuk adalah salah satu hidangan yang mudah dan cepat untuk diolah. Rasanya yang gurih membuat hidangan ini cocok disajikan dengan nasi sebagai lauk. 
 

4. Jeon

Jeon adalah makanan Korea yang terbuat dari campuran tepung terigu dan air yang didadar di atas teflon. Biasanya jeon diberi isian berupa daging ayam atau sapi, makanan laut, atau sayuran. Jeon dibuat dengan cara mencampurkan adonan tepung terigu dengan isian, lalu digoreng di atas wajan menggunakan sedikit minyak goreng.
 

Sumber gambar: Gushcloud

Jeon (Sumber gambar: Gushcloud)

Makanan yang dikenal dengan nama jijimgae itu juga biasanya dihidangkan sebagai banchan atau hidangan pembuka. Selain itu, jeon juga menjadi sajian penting untuk upacara peringatan hari kematian di Korea. Ada tiga jenis jeon yang paling populer yakni kkaennip jeon (pancake daun perilla), matsal jeon (pancake crab stick), dan kimchi jeon (pancake kimchi).

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Pilihan Kimbab Family Saat Berlibur ke Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

CUBE Entertainment Umumkan Shinwon Pentagon akan Wajib Militer pada 21 Desember 2023

BERIKUTNYA

BLACKPINK Perpanjang Kontrak Eksklusif, YG Entertainment Langsung Cuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: