Menu taco di Sudestada (Sumber gambar: Hypeabis.id/Indah Permata Hati)

Eksplorasi Rasa Otentik Amerika Latin di Sudestada Jakarta

05 December 2023   |   22:18 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Amerika Latin selalu punya cerita di balik setiap cita rasa kulinernya. Membentang dari Argentina hingga Venezuela, wilayah benua Amerika itu mempunyai ragam kuliner yang menggiurkan. Sebagian dari negara-negara di sana menambahkan banyak rempah, daging, hingga jens roti dalam satu hidangan.

Misalnya saja, taco yang identik sebagai makanan khas Meksiko yang umami, sedikit asam, dan bisa disantap kapan saja. Tak perlu terbang jauh ke Meksiko, salah satu restoran di Jakarta bernama Sudestada Jakarta mengantarkan jelajah rasa ala Amerika Latin ini untuk masyarakat metropolitan.

Baca juga: Mencicipi Hidangan Autentik Italia di Tengah Kota

Chef Sudestada Jakarta Victor Taborda berkolaborasi dengan chef asal Meksiko, Silverio Martinez. Dengan latar belakang Chef Victor yang berasal dari Argentina, keduanya membuat menu-menu khas kolaborasi Argentina dan Meksiko dalam lini menu bertajuk Hermanos Vol 1.
 
Mulai 3 November 2023, pelanggan yang menyukai hidangan Latin ini bisa mencicipi lini menu terbaru dari dua koki berpengalaman hingga belasan tahun dan sudah bekerja di restoran ternama mulai dari Meksiko, Singapura hingga Jepang. Terdapat set menu lima hidangan yang bisa dinikmati pelanggan. Antara lain Antojitos, Grilled Mollejas, dan masih banyak lagi.
 
Di bagian luar restoran ini terdapat van dengan area panggangan bernama Asado, panggangan khas Argentina pertama di Jakarta. Sehingga, pengunjung bisa menyaksikan bagaimana daging dan bahan makanan diolah dengan cara dipanggang. Panggangan ini dihadirkan untuk memberi pengalaman melalui aneka menu otentik dengan gaya neoklasik kontemporer. 

Hidangan aneka daging di Sudestada (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Hidangan aneka daging di Sudestada (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Chef Victor mengatakan, menu-menu di Sudestada kali ini juga dirancang dengan konsep menu berbagi (sharing menu) untuk menyatukan orang untuk bersantap bersama. “Ini berasal dari budaya acara berkumpul bersama keluarga di Argentina dengan Asado untuk memanggang daging di panggangan luar ruangan tersebut,” ujarnya.

Lini makanan ini menawarkan sesi brunch (breakfast lunch) yang fleksibel di makan saat pagi hingga siang. Pelanggan bisa memulai dengan hidangan Taco dengan pilihan isian udang atau isian lidah sapi yang disebut sebagai Taco De Lengua. Pelanggan bisa mencicipi berbagai jenis taco dalam menu Taco Platter. 

Penyuka cita rasa asam mungkin lebih cocok dengan taco berisi udang yang dibuat dengan bahan seafood segar dan perasan jeruk. Sementara penyuka cita rasa lebih meaty boleh mencoba Taco dengan isian daging yang ditambah sedikit saus Tabasco untuk membuat cita rasanya sedikit pedas dan lebih segar.  

“Taco di sini disajikan menggunakan taco yang terbuat dari tepung jagung, cukup sulit proses pembuatannya,” ujar Chef Silverio. Adonan Taco tersebut dipipihkan dan dipanggang di atas Asado hingga sedikit kering. 
 
Selain taco, dua koki dari Amerika Latin ini membawa menu-menu yang terinspirasi dari dua negara asal mereka masing-masing. Salah satunya Huevos Rancheros, menu sarapan ala Meksiko dengan sajian telur setengah matang dipadu sayuran.

Menu lainnya yang wajib dicoba adalah birriamen, sajian mie ala Amerika Latin yang terinspirasi dari ramen khas Jepang. Cita rasa yang ditonjolkan adalah umami mirip seperti ramen berkuah Jepang, akan tetapi birriamen memiliki campuran bawang, daging, cuka, dan cabai kering yang membuat cita rasanya sedikit asam. 
 
Berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, sesi makan ini bisa dinikmati pelanggan penyuka makanan Amerika Latin hingga akhir 2023. Set menu bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp1,4 juta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Survei PISA 2022: Dunia Alami Penurunan Hasil Belajar Akibat Learning Loss selama Pandemi

BERIKUTNYA

Sinopsis La Luna, Film Komedi Kampung dengan Unsur Satir

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: