Hari Kue Internasional 2023

Hari Kue Sedunia Diperingati Setiap 26 November, Simak Sejarah dan Cara Merayakannya

26 November 2023   |   13:17 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 26 November, orang-orang di seluruh dunia merayakan Hari Kue Internasional. Melalui momentum ini, para penikmat kue menikmati kue favorit mereka dan saling berbagi. Selain itu peringatan Hari Kue Sedunia juga memperkenalkam beragam jenis kue dari berbagai negara yang mungkin belum diketahui banyak orang 

Selama bertahun-tahun, kue menjadi kudapan dan menu hidangan penutup favorit semua orang. Rasanya yang manis, legit, dan lembut di mulut membuat hidangan ini tetap eksis dari masa ke masa. Hal tersebut terlihat dari banyaknya varian kue baru yang bermunculan hampir setiap tahunnya. Nah Genhype, mengutip dari National Today, berikut sejarah Hari Kue Internasional dan cara merayakannya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Kue Ulang Tahun buat Orang Tersayang


Sejarah Hari Kue Sedunia

Kue memiliki sejarah yang cukup panjang. Kata ‘kue’ sendiri diambil dari kata 'Kaka', berasal dari bahasa kuno Norse, yakni bahasa yang digunakan oleh pendatang dari utara Jerman di wilayah Skandinavia pada pada abad ke-13.

Sejak dulu kue dibuat sebagai hidangan untuk memperingati ritual upacara keagamaan. Seiring perkembangan zaman, kue mulai disajikan secara khusus untuk memperingati hari bersejarah dalam kehidupan manusia seperti kelahiran, perkawinan, pembabtisan, bahkan disajikan saat hari berkabung untuk penghormatan terakhir.

Sekitar pertengahan abad ke-17, cake modern yang berbentuk roti bundar dengan lapisan gula, pertama kali dipanggang di Eropa. Kemajuan teknologi makin pesat dengan ditemukannya oven yang lebih canggih, cetakan makanan, dan ketersediaan gula. 

Orang Yunani membuat kuenya sendiri demgan dipanggang menggunakan tepung yang dicampur dengan bahan seperti telur, susu, kacang-kacangan, dan madu. Sementara di Inggris, kue pertama berbentuk roti biasa yang bulat dan rata. Cara pembuatannya dibalik saat di panggang, beda dengan roti yang dibiarkan tegak selama proses pemanggangan.
 

Cara Merayakan Hari Kue Sedunia

Hari Kue Internasional biasanya dirayakan oleh komunitas penggemar kue dari seluruh dunia untuk berbagi kecintaan mereka terhadap kue sambil mempelajari cara membuatnya. Kamu juga bisa ikut merayakan hari kue sedunia, misalnya dengan menikmati kue favoritmu. Supaya lebih nikmat, kamu bisa menyantapnya bersama keluarga sehingga akan tercipta kenangan dan kehangatan yang berkesan.

Cara merayakan Hari Kue Sedunia lainnya adalah membagikan kebahagiaan saat menikmati kue di media sosial. Kamu bisa memposting foto dan video saat sedang menikmati sepotong kue, bersama keluarga, teman, atau orang terkasih kemudian membagikannya ke media sosial.

Selain itu, kalau kamu jago masak, rayakan hari ini dengan membuat kue favoritmu. Carilah resep kue di internet yang mudah dipraktikkan. Ada banyak jenis kue yang bisa dibuat, seperti butter cake, pound cake, sponge cake, dan masih banyak lagi. Setelah jadi kamu bisa membagikan kue tersebut untuk keluarga, sahabat, dan orang-orang terdekat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Daftar Tanggal Merah, Cuti Bersama, dan Long Weekend Desember 2023

BERIKUTNYA

Sedang Tren, Ini 4 Keunggulan Ponsel Lipat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: