Ilustrasi sebuah tempat usaha minuman yang memiliki penampilan yang menarik. (Sumber gambar: Benjamin Zenata/Unsplash)

5 Hal Penting dalam Memilih Lokasi Usaha untuk Memaksimalkan Cuan

24 November 2023   |   22:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Dalam memulai dan mengembangkan sebuah usaha, perlu strategi yang baik. Salah satunya adalah soal pemilihan lokasi usaha. Letak tempat usaha menjadi faktor penting bagi efisiensi dan efektivitas sebuah bisnis. Hal ini dipertimbangkan menyangkut minimalisasi pengeluaran sampai meningkatkan pendapatan. 

Namun, tak sedikit orang yang belum memahami secara baik tempat yang strategis berdasarkan jenis bisnisnya. Lantas bagaimana cara untuk menentukan lokasi bisnis yang dapat memaksimalkan omzet? 

Maria Silvana Mariabel Carcia alias Ivana, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Nipa mengatakan bahwa tempat jualan menjadi salah satu tolok ukur dalam mencari keuntungan sebuah bisnis. "Hal ini karena dengan memilih tempat yang strategis akan membantu pemilik memperoleh pendapatan yang melimpah," katanya kepada Hypeabis.id, Jumat (24/11). 
 
Lebih lanjut Ivana menjelaskan, jika dahulu seorang pebisnis akan membangun tempat usaha di lokasi yang ramai atau ruang publik, maka dengan perkembangan zaman, masyarakat mulai mengembangkan berbagai strategi baru. Dia juga membagikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi usaha untuk memaksimalkan cuan. 

Baca juga: Pilih Properti untuk Tempat Usaha? Perhatikan 7 Hal Ini!
 

1. Lokasi dengan view menarik 

Selain memiliki tujuan utama untuk berbelanja atau menikmati kuliner, saat ini banyak konsumen yang mencari tempat makan atau nongkrong dengan view yang menarik.

Hal ini dapat terlihat dari kebiasaan anak muda yang kerap mencari restoran atau kafe dengan view cantik atau instagramable. Oleh karena itu, menyediakan lokasi atau bangunan bisnis yang indah akan membantu para pelaku usaha dalam menggaet pelanggan. 
 

2. Lokasi sesuai demografi konsumen 

Lokasi usaha yang sesuai dengan demografi konsumen berkaitan dengan minat masyarakat sekitar. Misalnya dalam membuka sebuah usaha butik busana perempuan, kalain wajib menentukan terlebih dahulu, apakah daerah atau titik lokasi itu punya banyak peminat. 


3. Mudah dijangkau

Menentukan lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat membantu konsumen menemukan tempat usaha dengan mudah. Selain itu, para pelaku usaha juga wajib memperhatikan akses menuju lokasi bisnisnya. Hal ini bisa diukur dari seberapa mudah akses jalan dan kendaraan umum untuk sampai ke tempat usaha. 


4. Lokasi usaha yang luas

Selain dapat berinteraksi langsung dengan sebuah produk, hal yang diperhatikan oleh beberapa konsumen adalah kenyaman lokasi usaha. Misalnya dalam membangun usaha butik, kalain wajib memperhatikan luas ruangan yang digunakan.

Hal ini menjadi penting agar konsumen memiliki akses yang lebih mudah terhadap barang yang dicari. Selain itu, kenyamanan yang ditawarkan kepada pembeli dapat membantu meningkatkan minat berbelanja di tempat usaha. 


5. Dekat dengan bisnis penunjang

Salah satu strategi bisnis yang perlu dipertimbangkan adalah membuka sebuah usaha yang berdekatan dengan jenis usaha lainnya. Hal ini juga akan berdampak pada peningkatan minat masyarakat terhadap usaha yang dijalankan. Contoh, saat membuka usaha kecantikan, kalian bisa pilih tempat yang dekat dengan kafe atau pusat perbelanjaan. 

Tujuannya, agar ketika konsumen selesai berbelanja atau sekadar nongkrong, mereka bisa punya kesempatan untuk mengunjungi salon. Hal ini juga berlaku ketika pelaku bisnis memilih tempat usaha kuliner yang berdekatan dengan area perkantoran. Jadi, tentukan lokasi yang berdekatan dengan bisnis penunjang.


Baca juga: Kenali 4 Kesalahan yang Menghambat Perkembangan Bisnis

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hasil Drawing Piala Asia U-23, Indonesia Satu Grup dengan Tuan Rumah Qatar

BERIKUTNYA

Can's Gallery Gelar Pameran Tunggal Seniman Oky Rey Montha Bertajuk Pilgrimage

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: