Ilustrasi manajemen waktu (Sumber gambar: Andrea Piacquadio/Pexels)

5 Prinsip Manajemen Waktu Supaya Hidup Lebih Teratur

15 November 2023   |   15:19 WIB

Apakah Genhype pernah merasa 24 jam dalam sehari kurang cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan? Mulai dari mengejar deadline, hadir dalam berbagai rapat, dan kegiatan lainnya. Bahkan, tak jarang orang kesulitan mencari waktu istirahat yang cukup untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap segar. 

Bagi orang yang aktif, mereka tidak terlepas dari berbagai aktivitas dan kesibukan sehari-hari, seperti perkuliahan, pekerjaan, hingga kegiatan sosial yang menuntut keseimbangan. Oleh karena itu, kemampuan manajemen waktu yang baik jadi hal penting untuk aktivitas harian bisa lebih terstruktur, terarah, dan produktif. 

Baca juga: 3 Manfaat Pasangan Keluarga Sadar Konsep Manajemen dan Resolusi Konflik

Namun, mengelola waktu yang baik sering kali menjadi masalah. Hal ini dapat membuat seseorang merasa kewalahan dan tidak termotivasi, sehingga membuatnya melakukan segala pekerjaan di menit-menit terakhir. Oleh karena itu, Genhype bisa menerapkan lima prinsip manajemen waktu ini ke dalam rutinitas kalian.

Dilansir dari Time Well Schedule, berikut ini adalah lima prinsip manajemen waktu yang bisa meningkatkan fokus dan produktivitas serta membuat hidup lebih terorganisir. 
 

1. Menentukan prioritas

Membuat skala prioritas sangatlah penting karena memungkinkan seseorang fokus pada pekerjaan yang harus didahulukan dan segera dikerjakan. Dalam membuat skala prioritas, tentukan pekerjaan yang paling mendesak. Hal yang tidak terlalu punya sifat ugen bisa kalian masukkan ke daftar paling akhir atau kalian bisa mengerjakannya di lain hari. 
 

2. Belajar mengatakan tidak

Mengatakan “tidak” merupakan keterampilan manajemen waktu yang sering diabaikan oleh para pekerja. Sebagian orang takut untuk berkata tidak pada pekerjaan yang bukan menjadi kewajibannya dan banyak orang yang percaya bahwa mengatakan “tidak” menunjukkan sikap malas terhadap pekerjaan.

Cobalah untuk belajar menetapkan batasan yang sehat di tempat kerja dengan mengatakan “tidak” pada pekerjaan yang kalian tidak punya waktu untuk melakukannya. Berlatihlah mengatakan hal ini dalam situasi di luar pekerjaan sebagai bagian dari profesional. 
 

3. Menentukan tujuan

Menentukan tujuan dapat memicu semangat agar suatu pekerjaan menjadi cepat selesai. Selain itu, punya tujuan dalam melakukan pekerjaan juga dapat memacu perasaan puas ketika dapat menyelesaikannya. Tujuan adalah komponen penting dari manajemen waktu.

Pasalnya, ketika tujuan ditetapkan, akan lebih mudah untuk mencari jalan keluar guna mencapai hal tersebut dan mengalokasikan sumber daya guna meraih tujuan. Menentukan tujuan dengan cerdas adalah cara terbaik untuk mengatur waktu sekaligus tetap bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal ini juga bisa membuat kalian tetap terus produktif. 
 

4. Menetapkan batas waktu yang realistis

Menetapkan batas waktu dalam menyelesaikan pekerjaan sangat membantu dalam mengatur waktu yang realistis. Batas waktu dapat membuat kalian bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan dalam jangka waktu yang ditentukan. Tidak adanya batas waktu, akan menyebabkan pengaturan waktu kerja berantakan. Bisa menjadi bekerja terlalu keras atau malah banyak meluangkan waktu untuk bermalas-malasan. 
 

5. Kembangkan rutinitas dan kebiasaan

Rutinitas membantu menciptakan kebiasaan sehari-hari yang positif dan menambah struktur pada hari kerja. Rutinitas bisa membuat pengaturan waktu jadi lebih terukur. Untuk itu, cobalah menjadikannya kebiasaan karena hal ini akan memengaruhi semua akses waktu dan kehidupan sehari-hari. 

Baca juga: Apa Motivasi Utama Seseorang Mencari Pekerjaan Baru? Yuk Simak Hasil Riset Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Pertama Kalinya, Ada Gim Indonesia di Daftar Nominasi The Game Awards 2023 

BERIKUTNYA

Cek Perbedaan Physical & Chemical Exfoliator, Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: