JKT48. (Sumber gambar: JKT48 Official Instagram)

Generasi 12 JKT48 Bakal Diumumkan di Acara Jak Japan Matsuri 2023, Wota Bersiap

13 November 2023   |   13:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah menggelar audisi sejak awal Agustus 2023, JKT 48 kini bersiap untuk mengumumkan jajaran member baru mereka. Grup idola itu akan segera mengumumkan anggota baru JKT48 Generasi 12. Kabar penting itu akan disampaikan pada 18 November 2023 di acara Jak Japan Matsuri, Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kabar tersebut disampaikan oleh JKT48 melalui akun X (sebelumnya Twitter) resmi mereka pada Minggu (12/11/2023). Informasi itu pun langsung disambut antusias oleh para penggemar JKT48. Tak sedikit warganet yang mengaku tidak sabar untuk bertemu dengan jajaran member baru JKT48, termasuk memilih oshi atau anggota idaman mereka.

Baca juga: Feni JKT48 Resmi Bergabung Quadlips, Girl Group Baru Ala AKB48 Yang Bakal Debut 2024

"Pengumuman anggota baru JKT48 Generasi 12 akan dilangsungkan pada event Jak Japan Matsuri 2023, 18 November 2023 dari jam 13.35 di Main Stage. Mari kita sambut dengan meriah!" demikian tulis akun X @officialJKT48.
 

Jak Japan Matsuri ialah festival budaya tahunan antara Jepang dan Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Jabat Hati Indonesia Jepang, serta Kedutaan Besar Jepang dan Pemda DKI Jakarta. Festival yang dibuat sejak 2009 itu menjadi wadah pertukaran pengetahuan budaya antara warga Jepang dan Indonesia.

Tahun ini, Jak Japan Matsuri dihelat selama dua hari berturut-turut yakni pada 18-19 November 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Selain JKT48, acara itu juga akan diramaikan dengan sejumlah musisi lain seperti PSYCHIC FEVER dan BALLISTIK BOYZ from EXILE TRIBE, Salma Salsabila, SKE48, yama, Ramengvrl, Da-iCE, hingga Weird Genius.

Pengumuman jajaran member JKT48 Generasi 12 tentunya menjadi hal yang paling dinantikan oleh para fan. Pasalnya, generasi anyar ini akan didominasi oleh member-member usia muda. Berbeda dengan generasi-generasi terdahulu yang berusia maksimal 21 tahun, generasi 12 sendiri akan menghadirkan talenta-talenta berbakat dengan rentang usia 13-18 tahun.

Selain itu, hal lain yang juga ditunggu penggemar adalah berapa jumlah member yang akan tergabung dalam JKT48 Generasi 12. Namun yang jelas, mereka yang lolos audisi dan menjadi anggota penerus JKT48, harus bersedia mengikuti seluruh kegiatan trainee atau pelatihan, sebelum dipromosikan sebagai member tetap. Termasuk, bersedia berdomisili di Jakarta.

Hadirnya generasi baru juga tentunya menjadi kabar bahagia bagi para member Generasi 11 yang berjumlah 13 orang. Mereka kini bersiap untuk naik tingkat sebagai anggota tetap, setelah hampir satu tahun terdaftar sebagai trainee JKT48.
 

JKT48 saat ini secara resmi memiliki 41 member aktif yang terdiri dari 13 member trainee Generasi 11, serta 28 member tetap. Tiga anggota diantaranya telah mengumumkan kelulusannya yaitu Shani Indira Natio, Yessica Tamara, dan Adzana Shaliha, pada 28 September 2023 lalu.

Shani Indira Natio menjabat sebagai kapten, sedangkan Azizi Shafa Asadel sebagai center dari JKT48. Adapun, posisi wakil kapten dari JKT48 sendiri hingga saat ini masih kosong, pasca lulusnya Jinan Safa Safira pada 18 Maret 2023 lalu.

Jika tanpa menghitung jumlah member yang telah lulus, saat ini JKT48 memiliki 38 member. Melihat jumlah tersebut, kemungkinan besar pihak JKT48 Operation Team (JOT) akan merekrut member dengan jumlah yang cukup banyak saat pengumuman Generasi 12 nanti.

Kehadiran para member baru tentunya dapat mengisi kebutuhan personel untuk setiap kegiatan dari JKT48 yang memang saat ini begitu padat. Pasalnya, beberapa kegiatan seperti event off-air, pertunjukan teater, handshake festival, dan lainnya sempat tertunda karena terbatasnya jumlah member yang ada.

Sebelumnya, JKT48 juga baru saja merilis single ke-24 mereka bertajuk Sayonara Crawl. Lagu tersebut dibuat dan didedikasikan sebagai lagu kelulusan atau graduation song untuk Shani Indira Natio. Perjalanan panjang Shani sebagai member JKT48 telah dihiasi oleh banyak kenangan berharga bagi Shani, seluruh member, juga fans.

Selain Shani, lagu itu dinyanyikan oleh 11 member lainnya yakni Angelina Christy, Azizi Asadel, Feni Fitriyanti, Fiony Alveria, Gita Sekar Andarini, Helisma Putri, Indah Cahya, Kathrina Irene, Marsha Lenathea, Mutiara Azzahra dan Shania Gracia.

Tak hanya video klip, JKT48 juga telah merilis beberapa video lainnya dari lagu Sayonara Crawl seperti rekaman behind the scene penggarapan lagu itu, serta video dance yang energik dari para member.

Baca juga: Tracklist Album Baru JKT48 Kamikyokutachi - Mahagita Vol 2

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Penyedia Akomodasi Adu Fasilitas & Atraksi Jelang Musim Libur Akhir Tahun

BERIKUTNYA

Teknologi Kereta Cepat Whoosh Punya Sistem Keamanan saat Musim Hujan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: