DDR 4 Corsair/dok Wikimedia Commons

Ragam RAM Komputer Yang Perlu Diketahui

11 May 2021   |   19:28 WIB

Genhype pasti sudah sering dengar RAM dong yang biasa di komputer dan ponsel pintar? Tapi tahukah kalian apa fungsi dan teknologi terbari RAM?

RAM (random access memory) atau sering disebut sebagai memori saja adalah salah satu komponen penting peranti cerdas. Kita tidak hanya dapat menemukan RAM pada komputer (desktop, laptop, server), tetapi juga pada tablet dan ponsel pintar.

Dalam kesempatan ini kita akan memusatkan perhatian hanya pada memori yang ditemukan di komputer pribadi.

Secara umum, RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Karena itu, kita mengukur kapasitasnya seperti medium penyimpanan data lainnya. Namun berbeda  cakram keras, SSD (solid state disk), ataupun flash disk, data yang disimpan pada RAM sifatnya tidak permanen.

Data yang tersimpan di dalam RAM akan hilang bila komponen ini tidak mendapat pasokan aliran listrik. Namun kecepatan akses (baca-tulis) pada RAM jauh lebih tinggi dibandingkan medium penyimpanan data yang permanen.
 

DDR 3

4GB DDR 3/Wikimedia Commons



Karena kecepatannya relatif lebih tinggi, RAM biasa digunakan oleh program aplikasi dan sistem operasi untuk menyimpan data yang perlu diakses cepat dan sering. Karena itu, pada umumnya kapasitas RAM dan kecepatan aksesnya sangat berpengaruh pada kinerja suatu aplikasi, dan sistem komputer secara keseluruhan.

Ketika membeli komputer baru, kapabilitas RAM merupakan salah satu yang perlu diperhatikan. Secara umum, kita harus memaksimalkan kapasitas RAM yang mungkin, tentunya dengan memperhatikan kemampuan anggaran.

Menambah keping RAM baru merupakan salah satu pilihan mudah untuk meningkatkan kinerja komputer lawas.  Namun bagaimana bila anggaran Anda terbatas? Dalam hal ini kita perlu mengetahui kapasitas minimum RAM yang masih layak digunakan untuk sistem operasi modern.

Pada umumnya, Windows, Linux, dan mac OS terbaru paling tidak membutuhkan RAM 4GB, namun sangat disarankan untuk menambahnya jadi 8 GB bila dimungkinkan.

Tentunya menambah RAM belum jadi jaminan untuk meningkatkan kinerja suatu komputer. Bisa jadi performa mesin Anda dibatasi oleh komponen lain seperti prosesor atau cakram keras. Bila Anda masih menggunakan medium penyimpanan cakram magnetik, penggunaan SSD (solid state disk) merupakan cara lain buat meningkatkan kemampuan komputer Anda.

Bentuk fisik: DIMM dan SO-DIMM

Pada umumnya RAM yang terpasang pada komputer pribadi berbentuk kepingan persegi panjang yang dapat ditancapkan pada slot memori. Kepingan ini bisa dicabut, misalnya ketika Anda ingin memasang kepingan RAM dengan kapasitas lebih tinggi ketika melakukan upgrade.

Akhir-akhir ini terdapat tren dari pembuat komputer jinjing, terutama yang mengutamakan desain kompak  dan ringan, untuk menjual komputer dengan keping RAM yang sudah disolder. Karena dalam hal ini keping RAM tidak bisa diganti, pemiliknya akan mengalami kesulitan ketika ingin melakukan upgrade.

Karena itu, bila Anda ingin membeli komputer jinjing baru namun tidak memaksimalkan opsi kapasitas memorinya, periksa dahulu apakah RAM pada produk tersebut disolder atau tidak.

Dari segi ukuran fisik, keping RAM untuk komputer tersedia dalam bentuk (form factor) DIMM (Dual In-line Memory Modules) dan SO-DIMM (Small Outline-Dual In-line Memory Modules). Panjang DIMM adalah sekitar 133 mm, sedangkan panjang SO-DIMM hanya setengahnya (67 mm).

DIMM digunakan untuk komputer meja, sedangkan SO-DIMM ditemukan pada komputer jinjing. Pada komputer dengan desain superkompak, Anda mungkin bisa menemukan keping Micro-DIMM.

Selain bentuk fisik, ketika membeli keping RAM kita juga perlu memperhatikan generasi teknologi RAM yang didukung oleh komputer yang sudah ada. Tiap generasi teknologi ini meningkatkan kemampuan RAM, antara lain kapasitas maksimum, kecepatan, dan konsumsi daya.

Pada saat ini kemungkinan besar komputer yang Anda jumpai menggunakan memori DDR3 (dirilis tahun 2007) atau DDR4 (dirilis tahun 2014). Komputer yang sangat lawas (pra-2007) mungkin akan menggunakan keping RAM DDR2. Sementara itu, komputer dengan memori DDR5 (dirilis 2020) masih belum banyak ditemukan di pasar.

Bila ingin membeli komputer baru, pastikan Anda membeli produk dengan generasi teknologi RAM terkini. Namun bila Anda ingin mengupgrade komputer lama, pastikan bahwa keping memori yang Anda beli generasinya sama dengan yang sudah digunakan selama ini. Masing-masing generasi tidak kompatibel satu sama lain.

Editor: Purboyo
 

SEBELUMNYA

Lebaran Tiba, Yuk Buat Ucapan Kartu Lebaran Sendiri

BERIKUTNYA

Ini Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Hipertensi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: