Ilustrasi (Sumber gambar: Unsplash/Anggit Rizkianto)

Ide Caption Unik & Menarik untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda 2023

28 October 2023   |   09:35 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober adalah momen yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Pada hari tersebut, seluruh pemuda di Nusantara kala itu menyatakan untuk bersatu dalam satu tanah air, bangsa, dan bahasa yang sama, yaitu Indonesia.

Ikrar Sumpah Pemuda yang terjadi pada 28 Oktober 1928 ini menandai fase penting dalam upaya untuk memerdekakan Indonesia saat itu. Peristiwa ini juga membuktikan bahwa pemuda punya peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan penjajah.

Kala itu, ketika Indonesia masih berada di zaman kolonialisme, para pemuda menyatakan janji persatuan pada Kongres Pemuda II. Ikrar persatuan ini merupakan fondasi penting yang membuat para pemuda yang datang dari berbagai latar belakang, suku, dan agama, bisa bersatu dalam membela Indonesia.

Baca juga: Daftar Promo Makanan Hari Sumpah Pemuda 2023, Dunkin sampai Hokben

Bahkan, meski peristiwa itu sudah terjadi 95 tahun yang lalu, Sumpah Pemuda nyatanya masih terus relevan dan diperingati hingga zaman modern ini. Ikrar para pemuda itu hingga kini masih terus menyalakan semangat persatuan.

Untuk turut merayakan hari besar ini, Genhype bisa membagi-bagikan pesan inspiratif kepada banyak orang. Sejumlah contoh kata-kata bernada semangat dan persatuan tentang peringatan Sumpah Pemuda berikut ini bisa dijadikan sebagai caption atau teks pendek di unggahan media sosial.

Lewat kata-kata ini, kalian bisa turut kembali menggelorakan semangat nasionalisme dan persatuan untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia. Berikut adalah contoh kata-kata untuk caption media sosial.
  • Hari Sumpah Pemuda mengajarkan kita untuk terus bersatu dan berjuang bersama demi nama Indonesia. Marilah jaga persatuan dan kesatuan Indonesia dengan semangat pemuda!
  • Indonesia harus tetap menjadi negara yang bersatu dan tumbuh dalam kebersamaan yang indah. Sumpah Pemuda yang dilakukan 28 Oktober 1928 adalah fondasi komitmen kita yang tak boleh luntur!
  • Untuk semua pemuda Indonesia, belajarlah tanpa kenal lelah. Buktikan bahwa kita adalah pemuda yang berkualitas yang siap memajukan bangsa.
  • Sejarah telah membuktikan bahwa peran pemuda begitu besar dalam kemerdekaan Indonesia. Kini, saatnya pemuda membela nama Indonesia dengan prestasi tingkat dunia.
  • Selamat Hari Sumpah Pemuda 2023. Sumpah Pemuda bukan sekadar teks sejarah. Ia adalah ikrar suci para pemuda yang cinta akan keberagaman Indonesia.
  • Sumpah Pemuda merupakan wujud keberagaman yang dirayakan. Meskipun masyarakat Indonesia punya latar belakang berbeda, bukan berarti tidak bisa bersatu. Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  • Bersatulah anak muda di Indonesia. Kemajuan bangsa Indonesia kini ada di genggamanmu! Jangan lelah membangun negeri!
  • Persatuan Indonesia sudah dijahit oleh pemuda kala 28 Oktober 1928. Mari jaga dan kembangkan semangat persatuan untuk membangun Indonesia yang lebih berperadaban.
  • Satu nusa, satu bangsa, satu bahasa, Indonesia. Pemuda adalah agen perubahan penting bagi Indonesia. Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda!
  • Pemuda adalah harapan bangsa. Pemuda harus menjadi sumber ide kreatif untuk terus memajukan negara. Saatnya tunjukkan karya-karya terbaik anak muda Indonesia kepada dunia.
  • Wahai pemuda, ingatlah perjuangan melawan penjajah yang berhasil dilakukan berpuluh tahun lalu. Mari saatnya kita teruskan semangat perjuangan itu dalam bentuk karya untuk membangun Indonesia.
  • Mari jadikan momen Hari Sumpah Pemuda untuk menilik kembali sejarah perjuangan Indonesia. Sudahkah kita memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa Indonesia?
  • Hanya bangsa yang memiliki tekad kuat yang bisa bersatu dan mendapatkan kemerdekaan dari keringat sendiri. Sekarang tugas kita adalah bersama-sama menjaga keberagaman yang telah terajut sejak lama.
  • Sumpah Pemuda mengajarkan kita untuk bangga terlahir di bumi Nusantara. Penuh keberagaman, tetapi kita bisa tetap bersatu.
  • Bangkitlah anak muda! Ingat, perjuangan kita saat ini bukan melawan penjajah. Kita melawan diri sendiri yang kerap dihinggapi kemalasan.
Baca juga: Rekomendasi 5 Film untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Ada Kadet 1947 hingga 3 Srikandi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Promo Makanan Hari Sumpah Pemuda 2023, Dunkin sampai Hokben

BERIKUTNYA

Cek Rundown & Prediksi Setlist Konser Young K Letters with Notes di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: