(Sumber gambar: instagram/nescanadas.therapeute.eft)

Mengenal Butterfly Hug dan Manfaatnya untuk Mengatasi Kecemasan Berlebih

17 October 2023   |   19:30 WIB

Pelukan kupu-kupu atau butterfly hug bisa kalian coba ketika berada dalam situasi gusar. Teknik atau metode ini dapat dilakukan sebagai salah satu cara meredam rasa cemas berlebihan hingga saat kalian merasakan emosi yang tidak stabil. Dengan begitu, diri akan menjadi lebih tenang dan pikiran pun lebih jernih.

Mungkin, ada saat-saat di mana kalian merasa semua hal dalam hidupu ini terasa kacau dan di luar kendali. Maka, perasaan yang bisa muncul seperti, cemas, kesal, marah, atau bahkan menyalahkan diri sendiri. Akan tetapi, Genhype jangan membiarkan semua emosi tersebut berlarut-larut. Kalian bisa mulai belajar belajar mengontrol emosi terutama jika dibantu dengan butterfly hug. 

Baca juga: Mengenal Butterfly Effect, Tindakan Kecil yang Berdampak Besar

Seperti dikutip dari EMDR Foundation, metode ini dikembangkan oleh Lucina Artigas selama dia bekerja untuk masyarakat yang selamat dari Badai Pauline di Acapulco, Meksiko, pada 1998. Pelukan kupu-kupu telah menjadi praktik standar bagi dokter di lapangan saat bekerja untuk menangani trauma manusia yang disebabkan bencana alam tersebut.


Langkah-langkah Pelukan Kupu-kupu

  1. Silangkan kedua tangan kalian di depan dada. Kemudian, posisikan ujung jari masing-masing tangan berada di bawah tulang selangka atau lengan atas. Buat senyamannya kalian.
  2. Tutup kedua mata sembari atur napas kalian. Jangan lupa, fokuskan pikiran selama butterfly hug.
  3. Setelah itu gerakan tangan perlahan menepuk-nepuk sampai tanganmu seperti sayap kupu-kupu yang mengepak. Kalian dapat melakukan gerakan ini selama 30 detik, atau lebih sampai dirasa kalian cukup tenang.
  4. Sambil terus menepuk, bernapaslah dari perut dan rasakan semua hal yang terjadi di sekitar kalian, termasuk apa yang dirasakan secara fisik dan emosional.
  5. Bayangkan semua perasaan dan emosi yang dirasakan melewati diri kalian dalam bentuk awan. Beri kesadaran bahwa rasa tersebut memang ada dan kalian tidak perlu mengubahnya.
  6. Berhentilah ketika perasaan sudah membaik dan tubuh kalian telah lebih rileks.


Manfaat Butterfly Hug

  • Merasa aman

Tidak dapat disangkal, pelukan bisa membuat diri merasa lebih baik. Butterfly hug memeluk diri sendiri, sehingga bisa muncul perasaan nyaman dan aman seperti saat dipeluk orang lain.
  • Meningkatkan suasana hati

Tak hanya bagi penderita gangguan kecemasan atau masalah mental lainnya, butterfly hug pun bermanfaat bagi semua orang. Contohnya, bagi orang-orang yang mengalami hari buruk serta melelahkan, butterfly hug bisa membantu mengobatinya. Walaupun pelukan tidak dapat menyelesaikan masalah, setidaknya hal ini membantu kalian meredakan ketegangan dan stres.
  • Penghilang rasa sakit

Metode ini mirip dengan menggosok, menggaruk, atau menampar tempat yang sakit, gatal, atau teriritasi, agar nyeri mereda. Menambahkan sensasi tambahan pada titik yang sakit, membuat otak lebih banyak memproses dan dapat memengaruhi cara otak merasakan tingkat rasa sakit. Intinya, jika kalian melakukan butterfly hug, maka bisa mendikstrasi otak agar beralih sejenak dari rasa sakit.

Baca juga: Waspadai Social Engineering, Modus Penipuan yang Memainkan Psikologis Korban

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mengenal Motif-motif Kain Tenun Ikat "Tama Lu'a" dari Palue

BERIKUTNYA

Inspirasi Gaya Arsitektur Klasik Britania Raya Dalam Koleksi Rose and Beyond Desainer Ayu Dyah Andari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: