Ilustrasi sayuran segar. (Sumber gambar: Randy Fath/Unsplash)

Hari Pangan Sedunia 2023: Ini Sejarah, Tema, dan Inspirasi Ucapannya

16 October 2023   |   09:05 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Pangan Sedunia atau World Food Day diperingati pada 16 Oktober tiap tahunnya. Digagas oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB atau Food and Agriculture Organization of the United Nations (FOA), Hari Pangan Sedunia menjadi momentum pengingat akan ancaman krisis pangan yang masih terjadi di dunia.

FAO mencatat hampir satu dari sepuluh orang secara global kekurangan gizi, dan lebih dari 3 miliar orang tidak mampu membeli makanan sehat. Organisasi yang berdiri di Kanada itu juga menyebutkan bahwa konflik, perubahan iklim, dan kenaikan harga berkontribusi pada meningkatnya kerawanan pangan di seluruh dunia.

Baca juga: Lapisan Es di Antartika yang Mencair Makin Masif, Dunia Bisa Alami Krisis Pangan

Perayaan Hari Pangan Sedunia yang diperingati tiap 16 Oktober juga merupakan penanda dari berdirinya FOA pada 1945. Organisasi internasional ini dibentuk oleh PBB untuk menyelesaikan permasalahan pangan dan pertanian di dunia. Tujuan pendiriannya ialah untuk mencapai peningkatan taraf nutrisi dan hidup manusia, melalui pengelolaan pangan dan pertanian, pembangunan di pedesaan dan pengurangan kasus kelaparan.

Hari Pangan Sedunia diperingati untuk mempromosikan kesadaran akan kelaparan dan tindakan demi masa depan pangan, manusia, dan planet Bumi. Pada waktu itu, FAO memutuskan untuk dicetuskannya resolusi No. 179 mengenai World Food Day di Roma.

Resolusi disepakati oleh 147 negara anggota FAO, termasuk Indonesia, dan menetapkan bahwa mulai 1981 segenap negara anggota FAO memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) setiap tanggal 16 Oktober. Tujuan dari peringatan HPS tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya penanganan masalah pangan baik ditingkat global, regional maupun nasional.
 

Tema peringatan Hari Pangan Sedunia tahun ini ialah water is life, water is food atau yang berarti air adalah kehidupan, air adalah makanan. Melansir dari laman resmi FOA, tema ini diambil untuk mengajak semua pihak di seluruh dunia mulai dari masyarakat, pemerintah, perusahaan, dan lainnya, untuk berhenti menganggap remeh keberadaan air dan mulai mengelolanya dengan bijak.

"Pemerintah, sektor swasta, akademisi, petani, masyarakat sipil, dan individu perlu bekerja sama menuju dunia yang aman pangan dan air. Masing-masing dari kita dapat membuat perubahan," tulis FOA.

Hari Pangan Sedunia 2023 menyoroti air sebagai fondasi kehidupan dan pangan. Hal ini diusung guna meningkatkan kesadaran di seluruh dunia mengenai pentingnya mengelola air secara bijak, lantaran ketersediaan sumber daya yang berharga ini terancam oleh pesatnya pertumbuhan populasi, urbanisasi, pembangunan ekonomi, dan perubahan iklim.

Di samping itu, kampanye ini juga digaungkan untuk mencari solusi agar menghasilkan lebih banyak pangan dan komoditas pertanian penting lainnya dengan lebih sedikit air, sekaligus memastikan air didistribusikan secara merata, sistem pangan akuatik terlindungi, dan tidak ada yang tertinggal untuk mengakses air bersih.


Ucapan Hari Pangan Sedunia 2023

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Pangan Sedunia 2023, mulai dari mengonsumsi makanan yang sehat, bijak menggunakan air, hingga ikut serta dalam mengampanyekan perayaannya di media sosial. Berikut adalah 20 ucapan Hari Pangan Sedunia 2023 yang bisa kalian gunakan.

1. Selamat Hari Pangan Sedunia! Bijaklah menggunakan air, bijaklah dalam mengonsumsi makanan. Semua demi akses pangan yang berkelanjutan.

2. Selamat memperingati Hari Pangan Sedunia! Keamanan pangan melibatkan semua orang, oleh sebab itu diperlukan kerjasama berbagai sektor khususnya ketahanan pangan dalam penerapan keamanan pangan.

3. Selamat Hari Pangan Sedunia. Dengan menjaga keamanan pangan berarti kita telah berperan untuk mengurangi berbagai penyakit bawaan makanan yang seringkali menjadi persoalan kesehatan.

4. Pengawasan keamanan pangan terus digalakkan untuk memberi rasa aman kepada masyarakat dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pangan sehat dan aman. Selamat Hari Pangan Sedunia 2023.

5. Kita harus selalu menghargai makanan yang kita peroleh karena itu adalah rahmat Tuhan dan kasih sayang dari seseorang yang merawat kita. Selamat Hari Pangan Sedunia!

6. Selamat Hari Pangan Sedunia! Bersama kita bisa menciptakan dunia yang lebih baik di mana setiap orang memiliki akses terhadap pangan yang layak dan terjamin.

7. Selamat Hari Pangan Sedunia! Mari berbagi dan peduli terhadap keberlangsungan pangan kita dan generasi yang akan datang.

8. Jadikan Hari Pangan sebagai pengingat untuk lengkapi nutrisi harian demi tubuhmu yang lebih sehat dan berstamina!

9. Hindari makanan siap saji dan mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat. Selamat Hari Pangan Sedunia! Standar pangan menyelamatkan kehidupan. 

10. Pangan adalah hak asasi manusia. Mari kita bersama-sama berjuang untuk mengakhiri kelaparan di seluruh dunia.

11. Sebuah dunia bebas kelaparan adalah tujuan yang layak. Jadilah bagian dari perubahan. Selamat Hari Pangan Sedunia!

12. Selamat Hari Pangan Sedunia! Setiap langkah kecil menuju ketahanan pangan membantu menjadikan dunia lebih baik.

13. Kita memiliki kekuatan untuk mengubah masa depan melalui pilihan makanan kita. Pilihlah dengan bijak. Selamat Hari Pangan Sedunia!

14. Ketahanan pangan adalah tanggung jawab bersama. Mari bersatu untuk mencapainya. Selamat Hari Pangan Sedunia!

15. Selamat Hari Pangan Sedunia! Ingatlah setiap biji yang kita tabur adalah investasi dalam masa depan pangan yang berkelanjutan.

16. Makanan, Ini bukan hanya tentang nutrisi dan kalori. Ini tentang berbagi. Ini tentang kejujuran. Ini tentang identitas. Selamat Hari Pangan Sedunia!

17. Berbahagialah mereka yang bisa menikmati makan tiga kali sehari, marilah kita bersyukur kepada Tuhan karena telah memberkati kita dengan makanan. Selamat Hari Pangan Sedunia!

18. Tidak ada seorang pun yang dapat berpikir dengan baik, mencintai dengan baik, tidur dengan nyenyak jika ia belum makan dengan baik. Selamat Hari Pangan Sedunia!

19. Kita harus selalu menghargai makanan yang kita peroleh karena itu adalah rahmat Tuhan dan kasih sayang dari seseorang yang merawat kita. Selamat Hari Pangan Sedunia!  

20. Warga yang sehat adalah aset terbesar yang dimiliki negara mana pun, dan akses pangan yang berkelanjutan adalah hak semua orang. Selamat Hari Pangan Sedunia!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Siap-siap War Hari Ini! Simak Link & Cara Beli Tiket Infinity Konser Coldplay di Jakarta

BERIKUTNYA

Daftar Pemenang Madani International Film Festival 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: