Ayam Taliwang. (Sumber foto: Indonesia Kaya)

Nonton MotoGP 2023 Sambil Kulineran, 6 Makanan Khas Lombok Ini Wajib Dicoba

10 October 2023   |   14:03 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain destinasi wisata baik laut, bukit, dan sebagainya yang menawan, Pulau Lombok juga menawarkan wisata kuliner yang akan membuat para wisatawan tidak berhenti makan. Berbagai makanan khas harus masuk dalam daftar untuk menambah pengalaman bersantap yang tidak akan terlupakan.

Bertepatan dengan ajang MotoGP 2023 yang akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, tidak ada salahnya jika Genhype berkeliling Pulau Lombok lebih lama untuk mencicipi ragam kuliner khasnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Penginapan Dekat Sirkuit Mandalika

Kebanyakan orang yang berencana berkunjung ke Mandalika atau Lombok pasti mencari pantainya yang masih asli dan keindahan alamnya yang memukau. Namun, Mandalika juga merupakan tempat yang menawarkan banyak hidangan dengan cita rasa tak terlupakan yang akan membuat perjalanan kalian jadi lebih berkesan.

Cari sesuatu yang manis, asam, gurih, atau pedas? Mandalika bisa memberikan semuanya kepada kalian. Temukan inspirasi hidangan untuk disantap sambil menikmati indahnya keindahan di Mandalika dan sekitarnya.

Salah satu makanan khas yang tak boleh kalian lewatkan adalah Sate Bulayak yang merupakan sate daging sapi dengan bumbu rempah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kuliner khas Mandalika yang wajib masuk dalam daftar wisata kuliner ketika menyaksikan ajang MotoGP.


1. Sayur Ares

Menu pertama yang wajib masuk dalam daftar wisata kuliner di Mandalika adalah sayur ares. Makanan yang satu ini berbeda dengan sayur pada umumnya yang ada di Indonesia lantaran terbuat dari pelepah pisang.

Pelepah pisang muda diolah dengan daging ayam bersama dengan santan dan bumbu-bumbu lainnya. Sepintas, masakan ini mungkin terlihat seperti kolak. Namun, bumbu dan rempahnya yang kaya memberikan rasa pedas dan gurih dari santan. Tak hanya itu, pelepah pisang muda yang bercita rasa manis melengkapi semua paduan elemennya.

2. Nasi Balap Puyung

Makanan khas lainnya yang wajib masuk dalam daftar ketika berada di Mandalika adalah Nasi Balap Puyung. Kuliner yang satu ini menjadi makanan yang kerap dicari-cari oleh para pelancong ketika berkunjung ke Mandalika atau Lombok.

Nasi Balap Puyung atau yang kerap disebut dengan Nasi Puyung mirip dengan nasi kucing atau rames yang sering dijumpai ketika berada di sejumlah daerah di Pulau Jawa. Ayam goreng, abon pedas, kacang kedelai goreng, tumis sayur, dan sebagainya dijamin membuat lidah bergoyang selain perut kenyang.


3. Sate Bulayak

 

Sate Bulayak. (Sumber foto: Indonesia Kaya)

Sate Bulayak. (Sumber foto: Indonesia Kaya)

Sate Bulayak berupa perpaduan rempah dengan potongan daging sapi. Bumbu yang digunakan untuk menyantapnya juga terbuat dari kacang tanah sangrai dan dimasak bersama santan. Racikan ini membuat cita rasanya menyerupai bumbu kari. Sebagai teman menyantap sate, Genhype bisa memesan lontong agar makan terasa kenyang. Sajian sate dan lontong dengan daun aren juga akan memberikan sensasi yang khas saat menyantapnya.


4. Ayam Rarang

Sajian kuliner lainnya yang tidak boleh Genhype lewati saat ke Mandalika adalah Ayam Rarang. Ayam rarang memiliki bumbu pedas yang terbuat dari sambal goreng cabai rawit yang disebut sebagai bumbu plecing oleh masyarakat lokal. Dengan warna merah merona, cita rasa ayam rarang pun semakin nikmat karena jenis ayam yang dipilih merupakan ayam kampung.


5. Ayam Taliwang

Buat Genhype para pencinta makanan pedas, pasti sudah kenal dengan menu ayam taliwang. Sajian kuliner yang satu ini memadukan ayam dengan bumbu tradisional Indonesia. Kombinasi rasa pedas manis dengan rempah yang melimpah, membuat lidah Genhype akan dimanjakan dengan kenikmatan hidangan ayam taliwang dan nasi putih hangat.


6. Poteng Jaje Tujak

 

Poteng Jaje Tujak. (Sumber foto: Disbudpar NTB)

Poteng Jaje Tujak. (Sumber foto: Disbudpar NTB)

Kuliner lain yang wajib masuk dalam daftar wisata kuliner di Mandalika adalah Poteng Jaje Tujak. Makanan ini biasanya kerap tersedia pada hari libur. Meskipun begitu, seiring dengan banyak wisatawan, makanan ini juga telah tersedia pada hari biasa. Poteng Jaje Tujak adalah camilan yang terbuat dari tepung beras yang ditumbuk sehingga lengket. Makanan ini diolah dengan pandan dan daun suji.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Daftar Restoran yang Tawarkan Promo 10.10, Ada Pizza Hut & KFC

BERIKUTNYA

Cek Jadwal, Cara Nonton & Harga Tiket Playoff MPL ID S12 yang Digelar 11-15 Oktober 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: