Flona 2023 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Melihat Aneka Rupa Tanaman dan Spot Instagramable di Flona 2023, Cek Lokasinya Yuk!

10 October 2023   |   13:29 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Warna-warni tanaman bunga menyebar di  Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Kali ini, area yang populer dengan Monumen Pembebasan Irian Barat ini kini dibanjiri ragam tumbuhan unik. Taman ini dibanjiri para penjual yang menjajakan variasi tanaman dalam agenda pameran flora dan fauna bertajuk Flona 2023.
 
Di Flona 2023, Genhye bisa menyaksikan banyak pedagang dan penyuka tanaman dalam bertransaksi dan menawarkan aneka ragam kekayaan flora di Indonesia. Tak sedikit juga tanaman-tanaman estetik nan eksotis seperti kaktus, monstera, dan anggrek dari beragam variasi dijual di Flona 2023.

Menariknya, pameran ini bukan hanya menjadi ajang jual beli tanaman antara pedagang dan pengunjung. Banyak kalangan keluarga menyempatkan waktu untuk mampir dan bermain di booth pameran yang mengasyikkan. Dalam pameran ini, kota-kota di bawah pemerintahan Provinsi DKI Jakarta memperkenalkan tiap-tiap wilayahnya dengan program dalam konsep unik.

Baca juga: 5 Acara Seru di Jakarta pada Akhir Pekan Ini, Ada Pameran Flona Jakarta dan Pestapora

Saat memasuki area depan, pengunjung akan disambut dengan booth Jakarta Timur dengan atraksi menarik seperti rumah pohon dan mini playground untuk anak. Di sebelah stand Jakarta Timur, terdapat booth Jakarta Selatan dengan spot globe garden atau tanaman berbentuk bola besar yang menggantung di bagian atas. Tentu saja spot ini menjadi daya tarik tersendiri untuk kalangan milenial dan Gen Z mengambil foto.
 
Beralih ke booth Jakarta Pusat yang membawa program berkonsep Reflection atau refleksi. Dengan konsep tersebut, stand Jakarta Pusat banyak membawa ornamen cermin dan kaca. Terdapat cermin-cermin panjang di bagian depan dan glass stage dengan tumbuhan di bagian bawahnya. Terdapat pula curtain water yang berhadapan dengan area bermain anak di atas air.
 

Melihat Aneka Rupa Tanaman dan Spot Instarammable di Flona 2023, Cek Lokasinya Yuk!

Melihat Aneka Rupa Tanaman dan Spot Instarammable di Flona 2023, Cek Lokasinya Yuk!
 

Memasuki area tengah, pengunjung akan disambut dengan aneka tanaman bunga rambat dengan warna-warni yang indah. Tepat di depannya, terdapat stand Jakarta Barat yang membawa konsep Botanical Garden.  Di dalamnya, terdapat 100 jenis tanaman yang ditanam.

Selain itu, konsep ini juga didukung dengan konsep vertical garden dan green house yang dilengkapi ornamen khas Kalimantan yang digambarkan sebagai dukungan Jakarta terhadap Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
Booth Jakarta Utara menutup pengalaman pengunjung dengan unik. Membawa konsep Sunda Kelapa, stand tersebut menghadirkan kapal pinisi dengan suasana yang mirip dengan pantai dan laut.

Sebagaimana diketahui, Sunda Kelapa sendiri telah dikenal di 400M sejak zaman Kerajaan Tarumanegara yang kemudian pada 1100 menjadi pelabuhan besar di bawah Kerajaan Pajajaran. Konsep ini dibawa Jakarta Utara dengan sentuhan pasir pantai dan kapal kecil di bagian tengah.
 
Pengunjung bisa mengeksplorasi tempat ini dari sisi kiri booth menuju ke sisi kanan. Kapal Pinisi sendiri merepresentasikan kapal layar tradisional khas Bugis, Sulawesi Selatan yang telah ada sejak abad ke-16. Kapal ini digunakan oleh masyarakat Bugis untuk berlayar ke berbagai perairan di Nusantara. Tak hanya dapat melihat kapal, anak-anak juga diperbolehkan duduk dan berfoto di bagian dalam kapal mini berwarna biru dan putih tersebut.
 
Perjalanan pengunjung menyusuri Flona 2023 akan ditutup dengan pameran fauna yang dibawa oleh Taman Margasatwa Ragunan. Saat memasuki area depan, pengunjung akan disambut dengan aneka hewan asli yang telah diawetkan.

Terdapat beragam hewan hasil pengawetan yang ditampilkan di stand Ragunan ini antara lain singa Afrika, owa ungko, nilgai, kuda nil kerdil, sitatunga, dan lainnya. Booth Ragunan juga menyediakan informasi pameran secara digital yang dapat diakses melalui scan barcode. Pengunjung tunanetra pun dapat mengakses informasi yang sama melalui penjelasan lengkap dalam huruf braille.
 

Flona 2023 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Flona 2023 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Selain itu, booth Ragunan juga dilengkapi dengan informasi edukasi pengelolaan limbah bio energi dari kotoran hewan untuk dimanfaatkan ulang. Tak hanya menyaksikan kekayaan fauna, orang tua juga bisa memberi edukasi tentang pemanfaatan dan pengelolaan limbah dengan mengunjungi booth ini.
 
Flona 2023 dapat diakses seluruh pengunjung tanpa dipungut biaya alias gratis hingga 16 Oktober 2023 mendatang. Untuk sampai di Taman Lapangan Banteng, pengunjung dapat menaiki transportasi umum TransJakarta koridor 1 dengan jurusan Blok M - Kota kemudian turun di Monas. Kemudian jalan kaki ke arah Masjid Istiqlal, terus lurus sejauh 700 meter dari Monas untuk mencapai Taman Lapangan Banteng. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Babak Baru Wisata Museum: Saatnya Mengubah Citra dan Menciptakan Daya Tarik

BERIKUTNYA

Harapan dari Terapi Stem Cell untuk Atasi Penyakit Degeneratif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: