Olahan gonggong dapat dinikmati bersama hidangan lainnya ( Sumber gambar: Bintan tourism/Google)

6 Makanan Khas Pesisir Pantai Indonesia yang Unik, Ada Sate Ulat Sagu hingga Mie Lendir

07 October 2023   |   19:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Saat menjelajahi keindahan alam Indonesia,  tentu saja tidak cukup jika hanya mengunjungi tempat wisata alamnya. Kalian juga dapat menikmati berbagai hidangan kuliner yang memiliki cita rasa yang unik di lokasi tujuan. Apalagi Indonesia dikenal dengan wisata kulinernya yang tidak pernah habis untuk dieksplorasi.

Bumi Nusantara memiliki kekayaan kuliner khas di setiap daerahnya. Beberapa makanan khas yang terkenal antara lain nasi goreng, sate, nasi Padang, soto, dan gado-gado. Namun, jika ditelisik lebih jauh masih banyak lagi makanan Indonesia yang wajib untuk dinikmati.

Baca juga: Resep Siomay Ayam Udang ala Chef Devina Hermawan, Bisa Jadi Ide Bisnis Kuliner

Dikutip dari Instagram Pesona Indonesia, berikut beberapa kuliner khas Nusantara dari kawasan pesisir, yang memiliki rasa lezat dan jarang diketahui masyarakat.


1. Sate Ulat Sagu

Sagu merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dijumpai di daratan Papua. Selain kelezatan yang dikandung dalam pohon sagu, ternyata wilayah paling Timur Indonesia ini memiliki salah satu kuliner yang jarang diketahui oleh masyarakat, yakni sate ulat sagu.

Meskipun terbuat dari ulat, namun dapat dipastikan olahan ulat sagu ini memiliki rasa yang lezat dan autentik dipadukan dengan bumbu khas Papua yang dapat meningkatkan selera makan.


2. Martabak Sagu

Selain ulat sagu, salah satu makanan yang terkenal di tanah Papua adalah martabak Sagu. Jika selama ini kalian hanya mengenal martabak telur dan martabak cokelat atau keju, maka kalian wajib mencicipi suguhan kuliner di bumi cendrawasih ini.

Pada umumnya martabak menggunakan tepung dan telur lalu diberi toping berupa keju atau cokelat. Namun, pada martabak sagu, kalian akan menemukan bahan dasar berupa sagu goreng yang ditambahkan toping berupa gula merah. Kalian dapat menikmati martabak sagu ketika mengunjungi wisata ke tanah Papua, seperti di Raja Ampat.
 

3. Gonggong

Gonggong merupakan jenis seafood yang dapat kalian temukan di Kepulauan Riau. Makanan khas ini merupakan jenis olahan kerang yang direbus dan dinikmati dengan sambal. Selain itu kalian juga dapat mengolahnya dengan bumbu lainnya.

Beberapa jenis gonggong yang dapat dikonsumsi adalah gonggong ayam,  gonggong cangkang tipis dan tebal berwarna putih, dan gonggong cangkang tebal berwarna merah.


4. Mie Lendir

Bagi kalian yang menyukai makanan siap saji dan memiliki rasa yang nikmat, kalian dapat mencoba menu kuliner mie lendir. Selain gonggong, Kepulauan riau juga terkenal dengan makanan mie lendir tersebut.

Kuliner yang satu ini berbahan dasar mie kuning, tauge, irisan cabai. Salah satu bahan yang unik dari makanan ini adalah buah dengan rasa pedas dan bertekstur kental yang terbuat dari bumbu kacang tanah yang dipadukan bersama sagu. Bahan inilah yang membuat kuahnya kental seperti lendir.


5. Janda Mengandang

Janda mengandang merupakan salah satu makanan khas yang dapat kalian nikmati jika berkunjung ke Kepulauan Seribu. Kue yang konon dibuat untuk bekal para suami masyarakat Kepulaun Seribu saat melaut ini memiliki rasa manis legit.

Kue ini terbuat dari beras, sagu, serta parutan kelapa. Biasanya masyarakat Kepulaun Seribu akan menambahkan gula merah cair sebagai pelengkap rasa dari kue janda mengandang ini.


6. Talam Ikan

Jenis kuliner yang tidak kalah lezat di Kepulauan Seribu lainnya adalah talam ikan. Menu yang satu ini memiliki rasa yang dominan gurih dan bertekstur kenyal dan juga lembut. Kalian dapat menjadikan makanan khas Kepulauan Seribu ini sebagai buah tangan.

Selain itu, bagi kalian yang ingin menikmati kuliner ini di rumah, kalian juga dapat melihat berbagai resep mudah membuat talam ikan, sebagai menu makanan rumahan. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Ini Perbedaan Khasiat Madu Hutan & Madu Ternak

BERIKUTNYA

Liptint dengan Kandungan Skincare Kian Diminati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: