Ilustrasi kepiting (Sumber gambar: Unsplash/Abraham Garcia)

Ikuti 5 Langkah Mudah Ini Untuk Membersihkan Kepiting Segar

03 October 2023   |   15:38 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Mau dipakai saus padang, saus tiram, hingga jadi semangkuk sup, olahan makanan berbahan dasar kepiting selalu sukses menggugah selera. Selain memiliki rasa yang nikmat, salah satu boga bahari kesukaan banyak orang ini juga punya kandungan nutrisi yang tinggi.

Kepiting termasuk makanan laut yang rendah merkuri. Hewan yang memiliki cangkang keras ini diketahui punya manfaat dalam menjaga kesehatan otak. Sebab, di dalamnya terkandung asam lemak omega-3.

Baca juga: Seafood Terenak di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Bukan hanya itu, kepiting juga menyimpang beragam nutrisi lain, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin B12, folat, mineral, dan fosfor. Melihat banyaknya gizi yang terkandung di dalammya, tak heran jika kepiting dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Meskipun demikian, kepiting termasuk hewan laut yang butuh penanganan khusus sebelum dimasak, utamanya dalam hal kebesihan. Terlebih, cukup sulit menemukan kepiting dalam keadaan yang sudah dibersihkan di pasaran.

Oleh karena itu, ketika sudah dibeli, kepiting mesti segera dibersihkan dengan cara yang benar sebelum nantinya dimasak dan dikonsumsi. Perhatian beberapa bagian kepiting yang mesti dibuang, karena tidak semua enak dimakan.

Melansir dari The Spruce Eats, berikut adalah cara membersihkan kepiting dengan cara yang mudah.


1. Rebus atau Kukus

Berbeda dengan boga bahari lain, kepiting justru sebaiknya direbus atau dikukus terlebih dahulu sebelum dibersihkan dengan air. Proses ini berfungsi untuk membuang kotoran yang menempel di area luar kepiting.

Kalau ingin dibersihkan dengan cara merebus, Genhype mesti memiliki panci besar. isilah dengan air lalu tambahkan garam secukupnya agar sedikit asin seperti laut. Boleh juga ditambahkan beberapa bumbu lain. Rebuslah kepiting mulai 10 menit hingga 15 menit.

Jika ingin metode kukus, Genhype cukup dengan siapkan satu inci air asin di dasar panci besar. Lalu, kukuslah kepiting dengan panci tertutup sekitar 10 menit hingga 15 menit. Durasi waktu ini bisa disesuaikan dengan ukuran masing-masing kepiting.
 

2. Lepaskan Cangkang Segitiga

Setelah dibersihkan, segera dinginkan dan buang cangkang keras berbentuk segitiga yang terletak di bagian bawah. Buang cangkang dengan cara ditarik hingga terkelupas.

Pada kepiting jantan, biasanya cangkang segitiga ini akan lebih kecil dan runcing. Namun, pada kepiting betina, bentuk cangkang segitiganya lebih besar, lebar, dan sedikit membulat.


3. Buang Cangkang Atas

Setelah bagian bawah selesai, kini giliran cangkang atas kepiting yang dibuang. Pegang badan kepiting dengan satu tangan dan tarik cangkang bagian atas dengan memegang lubang kecil di bagian belakangnya.

Ketika terbuka, biasanya akan muncul lemak kepiting. Genhype bisa simpan cairan tersebut untuk dijadikan saud penambah rasa. Adapun bagian cangkangnya bisa dibuang atau juga bisa jadi wadah daging nantinya.


4. Buang Insang

Ketika cangkang sudah dilepaskan, Genhype bisa melihat bagian dalam kepiting. Buanglah dua baris insang yang berbulu buram. Bagian ini memiliki cita rasa tidak enak sehingga lebih baik dilepas saja. bagian mandibula yang ada di depan kepiting juga sebaiknya dibuang.


5. Bilas dengan Air

Setelah bagian yang tidak dimakan dibuang, kini saatnya mencuci kepiting dengan air dingin mengalir. Kepiting pun sudah siap untuk memasuki proses masak. Genhype bisa memasaknya dengan berbagai bumbu sesuai selera masing-masing.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cowok Juga Harus Pakai Sunscreen, Cek 5 Rekomendasinya

BERIKUTNYA

Fase 2 Tiket Gratis Festival Music Round 2023 Dibuka Besok, Cek Cara Daftarnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: